MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU UMMI KOTA BENGKULU

Ema Selvia

Abstract


ABStRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui kreativitas dan penerapan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ummi Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan guru yang mengajar di SD IT Ummi Kota Bengkulu pada umumnya dapat membuat dan melakukan: Perenca- naan pembelajaran, Pengelolaan pelaksanaan pengajaran dengan baik serta pelaksanakan penilaian pengajaran dengan baik dan berpareasi. Kemudian penerapan kreativitas yang dilakukan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di SD IT Ummi Kota Bengkulu adalah; melaksanakan workshop/pelatihan keguruan secara internal di Sekolah, mengaktifkan guru da- lam pelaksanakan MGMP, melaksanakan kunjungan/studi banding ke sekolah lain, meningkatkan ketersediaan sarana, berupa; media pembelajaran, perangkat kurikulum dan alat peraga lainnya yang diperlukan, dan meningkatkan kerja sama yang baik antara seluruh komponen atau para pemangku kepentingan (stakeholder) pendidikan.

Kata Kunci : Manajemen SDM, Kreativitas Pembelajaran, SD IT Ummi

 

ABStRACt

The purpose of the study was to determine creativity and application in the learning process at the Ummi Integrated Islamic Elementary School, Bengkulu City. The type of research used is descriptive qualitative with observation, interview and docu- mentation techniques. Analyzed using data reduction, data presentation, data verification and triangulation. The results of the study show that teachers who teach at SD IT Ummi, Bengkulu City are generally able to make and carry out: learning plan- ning, managing teaching implementation well and carrying out teaching assessments well and in a friendly manner Then the application of creativity by the teacher in carrying out the learning process at SD IT Ummi, Bengkulu City is; carry out teacher workshops/trainings internally in schools, activate teachers in implementing MGMP, carry out visits/comparative studies to other schools, increase the availability of facilities, in the form of; learning media, curriculum tools and other necessary teaching aids, and increasing good cooperation between all components or education stakeholders.

Keywords: HR Management, Learning Creativity, SD IT Ummi

 

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Azwar Saifuddin, 2009. Metode Penelitian. Yogyakar- ta: Pustaka Pelajar

Admodiwiro Soebagio, 2000. Manajemen Pendidi- kan. Jakarta: PT Ardadizya

Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, 2013.Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto dkk, 2013.Konsep Dasar Manajemen Pen- didikan di Sekolah. Jakarta: Penerbit Gaya Me- dia

Darajat Zakiyah, 2005. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang

Departemen Agama, 2006. Al-Qur’an dan Terjemah.

Jakarta Timur: Mahgfiah Pustaka

Hasibuan, Malayu SP, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta ,Penerbit : Bumi Aksara

Hamriani, 2014.Manajemen Sumber Daya Manusia.

Makassar: Alauddin University Press

Ibrahim, 2015.Metodologi Penelitian Kualitatif. Band- ung: Alfabeta

Iskandar, 2010.Meningkatkan kreativitas Pembelaja- ran bagi guru.Jakarta : PT. Bestari Buana Murni

Iqbal, M. (2019). Dualism System of Higher Education in Indonesia. Thought, 29(25), 44.

Iqbal, M. (2019). Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 165-178.

Jauhar Mohammad, dkk. 2015. Pengantar Manaje- men Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka

Majid Abdul, 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

Meldona, 2009.Manajemen Sumber Daya Manusia Perspektif Integratif. Malang : UIN-Malang Press

Mulyasa E, 2005. Menjadi Guru Profesional, men- ciptakan pembelajaran aktif dan menyenangkan, Bandung : PT. Rosdakarya

NK Roestiyah, 2001. Masalah-Masalah Ilmu Kegu- ruan. Jakarta: Bina Aksara

Sardiman, 2000.Interaksi dan Motivasi Belajar Men- gajar.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Siahaan Amiruddin dkk, 2006.Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah., Jakarta : Quantum Teaching

Siagian, S.P, 2007. Manajemen Sumber Daya Manu- sia. Jakarta : Bumi Aksara

Simamora Henry, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi III. Yogyaakarta: Sekolah Tinngi Ekonomi YKPN

Suherman, 2012. KiatSuksesMembangun SDM In- donesia Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Enterpreneurship.Bandung: PT Alfabeta

Sudjana Nana, 2004. Pedoman Praktis Mengajar.

Bandung: Dermaga

Soekinjo, 1992.Pengembangan Sumber Daya Manu- sia. Jakarta : PT Rineka Cipta

Syafaruddin dan Nurmawati, 2011.Pengelolaan Pen- didikan Menegembangkan Keterampilan Manaje- men Pendidikan Menuju Sekolah Efektif. Medan : Perdana Publishing

Syah Muhibbin, 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung

: PT. Remaja Rosdakarya

Tanzeh Ahmad, 2011. Metodologi Penelitian Praktis.

Yogyakarta: Teras

Usman Uzer Muhammad, 2002. Menjadi Guru Pro- fessional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Veithzal Rivai& Ella Jauvani Sagala, 2011.Manaje- men Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Yuliana Lia dkk, 2009.Manajemen Pendidikan. Yog- yakarta: Aditya Media




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i2.3844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.