MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU UMMI KOTA BENGKULU
Abstract
ABStRAK
Tujuan penelitian untuk mengetahui kreativitas dan penerapan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ummi Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan guru yang mengajar di SD IT Ummi Kota Bengkulu pada umumnya dapat membuat dan melakukan: Perenca- naan pembelajaran, Pengelolaan pelaksanaan pengajaran dengan baik serta pelaksanakan penilaian pengajaran dengan baik dan berpareasi. Kemudian penerapan kreativitas yang dilakukan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di SD IT Ummi Kota Bengkulu adalah; melaksanakan workshop/pelatihan keguruan secara internal di Sekolah, mengaktifkan guru da- lam pelaksanakan MGMP, melaksanakan kunjungan/studi banding ke sekolah lain, meningkatkan ketersediaan sarana, berupa; media pembelajaran, perangkat kurikulum dan alat peraga lainnya yang diperlukan, dan meningkatkan kerja sama yang baik antara seluruh komponen atau para pemangku kepentingan (stakeholder) pendidikan.
Kata Kunci : Manajemen SDM, Kreativitas Pembelajaran, SD IT Ummi
ABStRACt
The purpose of the study was to determine creativity and application in the learning process at the Ummi Integrated Islamic Elementary School, Bengkulu City. The type of research used is descriptive qualitative with observation, interview and docu- mentation techniques. Analyzed using data reduction, data presentation, data verification and triangulation. The results of the study show that teachers who teach at SD IT Ummi, Bengkulu City are generally able to make and carry out: learning plan- ning, managing teaching implementation well and carrying out teaching assessments well and in a friendly manner Then the application of creativity by the teacher in carrying out the learning process at SD IT Ummi, Bengkulu City is; carry out teacher workshops/trainings internally in schools, activate teachers in implementing MGMP, carry out visits/comparative studies to other schools, increase the availability of facilities, in the form of; learning media, curriculum tools and other necessary teaching aids, and increasing good cooperation between all components or education stakeholders.
Keywords: HR Management, Learning Creativity, SD IT Ummi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Azwar Saifuddin, 2009. Metode Penelitian. Yogyakar- ta: Pustaka Pelajar
Admodiwiro Soebagio, 2000. Manajemen Pendidi- kan. Jakarta: PT Ardadizya
Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, 2013.Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto dkk, 2013.Konsep Dasar Manajemen Pen- didikan di Sekolah. Jakarta: Penerbit Gaya Me- dia
Darajat Zakiyah, 2005. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang
Departemen Agama, 2006. Al-Qur’an dan Terjemah.
Jakarta Timur: Mahgfiah Pustaka
Hasibuan, Malayu SP, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta ,Penerbit : Bumi Aksara
Hamriani, 2014.Manajemen Sumber Daya Manusia.
Makassar: Alauddin University Press
Ibrahim, 2015.Metodologi Penelitian Kualitatif. Band- ung: Alfabeta
Iskandar, 2010.Meningkatkan kreativitas Pembelaja- ran bagi guru.Jakarta : PT. Bestari Buana Murni
Iqbal, M. (2019). Dualism System of Higher Education in Indonesia. Thought, 29(25), 44.
Iqbal, M. (2019). Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 165-178.
Jauhar Mohammad, dkk. 2015. Pengantar Manaje- men Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka
Majid Abdul, 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
Meldona, 2009.Manajemen Sumber Daya Manusia Perspektif Integratif. Malang : UIN-Malang Press
Mulyasa E, 2005. Menjadi Guru Profesional, men- ciptakan pembelajaran aktif dan menyenangkan, Bandung : PT. Rosdakarya
NK Roestiyah, 2001. Masalah-Masalah Ilmu Kegu- ruan. Jakarta: Bina Aksara
Sardiman, 2000.Interaksi dan Motivasi Belajar Men- gajar.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Siahaan Amiruddin dkk, 2006.Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah., Jakarta : Quantum Teaching
Siagian, S.P, 2007. Manajemen Sumber Daya Manu- sia. Jakarta : Bumi Aksara
Simamora Henry, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi III. Yogyaakarta: Sekolah Tinngi Ekonomi YKPN
Suherman, 2012. KiatSuksesMembangun SDM In- donesia Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Enterpreneurship.Bandung: PT Alfabeta
Sudjana Nana, 2004. Pedoman Praktis Mengajar.
Bandung: Dermaga
Soekinjo, 1992.Pengembangan Sumber Daya Manu- sia. Jakarta : PT Rineka Cipta
Syafaruddin dan Nurmawati, 2011.Pengelolaan Pen- didikan Menegembangkan Keterampilan Manaje- men Pendidikan Menuju Sekolah Efektif. Medan : Perdana Publishing
Syah Muhibbin, 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung
: PT. Remaja Rosdakarya
Tanzeh Ahmad, 2011. Metodologi Penelitian Praktis.
Yogyakarta: Teras
Usman Uzer Muhammad, 2002. Menjadi Guru Pro- fessional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Veithzal Rivai& Ella Jauvani Sagala, 2011.Manaje- men Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Yuliana Lia dkk, 2009.Manajemen Pendidikan. Yog- yakarta: Aditya Media
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i2.3844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.