NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN LAFRAN PANE

Yeni Andesta

Abstract


AbStRAK

Sebuah lembaga pendidikan supaya bisa berjalan dengan efekif dan efisien maka harus ada sistem yang mengatur atau yang disebut dengan manajemen. Dalam manajemen pendidikan Islam, kepemimpinan sangat berperan penting. Dalam kepemimpinan seseorang sudah tentu memilki nilai-nilai. Nilai-nilai secara definitif dapat diartikan sebagai kebaikan, kebe- naran dan keindahan.Krisisnya nilai-nilai dilingkungan lembaga pendidikan juga menjadi dinamika dalam dunia pendidi- kan sekarang ini. Muncul prilaku-prilaku non-etis dalam pengelolaan pendidikan misalnya komersialisasi pendidikan, jual beli jabatan, korupsi, kolusi, nepotisme dan lain sebagainya Lafran Pane lahir dikampung pangurubaan, kecamatan sipirok, Tapanuli Selatan. Perjalanan hidup Lafran Pane selama memimpin organisasi dan menjadi seorang akademisi sudah banyak ditulis baik dalam buku, jurnal maupun artikel. Sikap kesederhanaan, kejujuran, keberanian, serta kecerdasan beliau sudah menjadi ciri khas yang melekat dalam diri. Namun sejauh ini belum ada yang menulis atau pun meneliti secara langsung men- genai Nilai-nilai Kepemimpinan pendidikan Lafran Pane. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Nilai-nilai Kepemimpinan Pendidikan Lafran Pane. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Nilai-nilai Kepemimpinan Pendidikan Lafran Pane. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, sementara dalam menganalisis data peneliti menggu- nakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu Nilai-nilai Kepemimpinan Pendidikan Lafran Pane terdiri dari: Nilai Iman, Nilai Ibadah, Nilai Akhlak (Muroqobah, sabar, mengayomi, zuhud, sederhana dan bersahaja, independen), Nilai Sosial, dan Nilai Kebangsaan.

Kata Kunci: Nilai-Nilai, Kepemimpinan Pendidikan, Lafran Pane

 

AbStRACt

In order for an educational institution to run effectively and efficientl, there must be a system that regulates what is called Management. In Islamic education management, leadership plays an important role. In leadership, someone certainly has values. Values can definitively be interpreted as truth and beauty. The crisis of values in educational institutions is also dynamic in today’s world of education. There are non-ethical behaviors in the management of education, such as commercialization of education, buying and selling positions, corruption, collusion, nepotism, etc. Lafran Pane was born in the village of Pan- gurubaan, Sipirok sub-district, South Tapanuli. Lafran Pane’s life journey while leading the organization and being a student has been written in many books, journals and articles. His simple attitude, honesty, courage, and intelligence are his inherent characteristics. But so far no one has written or researched directly on Lafran Pane educational leadership values. The formu- lation of the problem in this study is how Lafran Pane Educational Leadership Values are. The purpose of this research is to find out Lafran Pane Educational Leadership Values. This research is a library research, while in analyzing the researcher uses a qualitative descriptive method. The results of this study are Lafran Pane’s Educational Leadership Values consist of: Faith Values, Worship Values, Moral Values (Muroqobah, patient, nurturing, zuhud, simple and unpretentious, independent), Social values, and National values.

Keywords: Values, Educational Leadership, Lafran Pane


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PuSTAKA

Abdul Halim Sani, Manifesto Gerakan Intelektual Pro- fetik. Yogyakarta: Samudera Biru, 2011

Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Lo- gos Wacana Ilmu, 1997

Abu Abdillah, Argumen Ahlusunnah Wal Jama’ah, Jakarta: Pustaka Ta’awun, 2011

Achmad Patoni, Konsep Dasar Kepemimpinan Profe- tik Pendidikan Islam. Tulungagung: IAIN Tulunga- gung, 2017

A.Fuadi, Merdeka Sejak Hati. Jakarta: Gramedia Pus- taka Utama, 2019

Agussalim Sitompul, Sejarah Perjuangan HMI. Jakar- ta: Misaka Galiza, 2008

Agussalm Sitompul (dkk), 50 Tahun HMI Mengayuh diantara cita dan Kritik, Yogyakarta : Aidit Media, 1997

Al-Rasyidin, Demokrasi Pendidikan Islam, Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis, 2011

Aminuddin dkk, Pendidikan Agama Islam, Bogor: Ghalia Indonesia, 2005

Ara Hidayat dan Imam Machali, Pengelolaan Pen- didikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah), Yogyakarta: Kaukaba, 2012

Armai Arif, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidi- kan Islam, Jakarta : Ciputat Pers, 2002

Artikel, Rizwan Suandi, Inilah Sosok Lafran Pane, Pendiri HMI yang juga Pahlawan Nasional: Karir, Karya, dan Penghargaannya, GalamediaNews. com, 2021

Asmaran As, Pengantar studi Akhlak,, cet, I, Jakarta: Rajawali Pers, 1992

Binti Nasuka, dkk, Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpi- nanProfetik di Lembaga Pendidikan Islam, Vol 6, No 1, 2020

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahan- nya. Bandung: J-Art, 2004

Endang Syaifuddin, Agama dan Kebudayaan, Sura- baya,: Bina Ilmu, 1982

Hariqo Wibawa Satria, Lafran Pane Jejak Hayat dan Pemikirannya. Jakarta: Penerbit Lingkar, 2010 https://www.kemhan.go.id/pothan/2018/08/28/ben-

tuk-dan-wujud penerapan-sikap-dan-perilaku-be- la-negara.html

Iqbal, M. (2019). Dualism System of Higher Education in Indonesia. Thought, 29(25), 44.

Iqbal, M. (2019). Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 165-178.

James A.F Stoner, Management New York Prentice/ Hall Internasional,Inc, 1982

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat, Jakarta: Gra- media Pustaka Utama, 2008

Kartini Katono, Pemimpin dan Kepemimpinan. Ja- karta: PT Raja Grafindo Persada, 2001

Kemas Badaruddin, Filsafat Pendidikan Islam, Yogya- karta: Pustaka Belajar, 2007

Kuntowijoyo, Al-Quran sebagai Paradigma Jur- nal Ululumu, Jurnal Ulumul Quran No.4 Vol. V, 1994

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Opera- sionalnya, Bandung: TragendaKarya, 1993

Muhammad Daud Ali dan Habiba Daud, Lembaga- lembaga Islam di Indonesia, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 1995

Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajagrafindo, 2008

Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu Pengeta- huan, Jakarta: t.p. 1954

Muhammad Tholeh Hasan, Profetik Islam Dalam Menghadapi Tantangan Zaman, Jakarta: Bangun Pra Karya, 1986

Mukhtar Yahya dan Faturrahman, Dasar-dasar Pembi- naaan Hukum Fiqih Islam, Bandung : Al-Ma’arif, 1986

Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009

Notonagoro, Beberapa Hal Mengenai Falsafah Pan- casila, Cet. 10, Jakarta: Pantjuran Tudjuh, 1982

Noeng Muhadjir, Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial, Suatu Teori Pendidikan, Yogyakarta:Rake Sarasi,1987

Nurcholis Madjid, Masyarakat Religius (Membu- mikan Nilia-Nilai Islam Dalam Kehidupan Ber- masyarakat), Jakarta: Paramadina, 2004

Nurhols Madjid, Tradisi Islam Peran dan fungsinya dalam Pembangunan Indonesia, Jakarta : Para- madina, 1997

Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pus- taka Setia, 2005

Nurul Zuriah, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Da- lam Persepktif Perubahan, Menggagas Platfom Pendidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan Futuristik, (Jakarta: BumiAksara, 2007

Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007

Rahmat Djatnika, Sitem Ethika Islam (Akhlak Mulia),

cet. 2 (Surabaya: Pustaka, 1987

Risieri Frondizi, Pengantar Filsafat Nilai, Yogjakarta : Pustaka Pelajar, 2001

Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2007

Sidi Gazalba, Pendidikan Islam dalam Masyarakat, Djakarta: Pustaka Antara, 1969

Siti Patimah, Manajemen Kepemimpinan Islam, Ap- likasinya dalam Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa- beta, 2009

Sutarjo Adisusilo, JR, Pembelajaran Nilai Karakter, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012

Sutrisno Hadi, Metodologi Reseach. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fak. Psikologi UGM, 1987

Syahrizal Abbas, Manajemen Perguruan Tinggi, Ja- karta: Kencana, 2009

Toto Tasmara, Spiritual centered leadership: kepemimpi- nan berbasis spiritual. Jakarta: Gema Insani, 2006

Tim Editor PSI UII, Studi Kepemimpinan Profetik. Yo- gyakarta: Kaukaba Dipantara, 2016

Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Band- ung: Alfabeta, 2007

Zaim Elmubarok, Membumikan Pendidikan Nilai.

Bandung: Alfabeta, 2008

Zakiyah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i2.3843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.