NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN LAFRAN PANE
Abstract
AbStRAK
Sebuah lembaga pendidikan supaya bisa berjalan dengan efekif dan efisien maka harus ada sistem yang mengatur atau yang disebut dengan manajemen. Dalam manajemen pendidikan Islam, kepemimpinan sangat berperan penting. Dalam kepemimpinan seseorang sudah tentu memilki nilai-nilai. Nilai-nilai secara definitif dapat diartikan sebagai kebaikan, kebe- naran dan keindahan.Krisisnya nilai-nilai dilingkungan lembaga pendidikan juga menjadi dinamika dalam dunia pendidi- kan sekarang ini. Muncul prilaku-prilaku non-etis dalam pengelolaan pendidikan misalnya komersialisasi pendidikan, jual beli jabatan, korupsi, kolusi, nepotisme dan lain sebagainya Lafran Pane lahir dikampung pangurubaan, kecamatan sipirok, Tapanuli Selatan. Perjalanan hidup Lafran Pane selama memimpin organisasi dan menjadi seorang akademisi sudah banyak ditulis baik dalam buku, jurnal maupun artikel. Sikap kesederhanaan, kejujuran, keberanian, serta kecerdasan beliau sudah menjadi ciri khas yang melekat dalam diri. Namun sejauh ini belum ada yang menulis atau pun meneliti secara langsung men- genai Nilai-nilai Kepemimpinan pendidikan Lafran Pane. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Nilai-nilai Kepemimpinan Pendidikan Lafran Pane. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Nilai-nilai Kepemimpinan Pendidikan Lafran Pane. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, sementara dalam menganalisis data peneliti menggu- nakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu Nilai-nilai Kepemimpinan Pendidikan Lafran Pane terdiri dari: Nilai Iman, Nilai Ibadah, Nilai Akhlak (Muroqobah, sabar, mengayomi, zuhud, sederhana dan bersahaja, independen), Nilai Sosial, dan Nilai Kebangsaan.
Kata Kunci: Nilai-Nilai, Kepemimpinan Pendidikan, Lafran Pane
AbStRACt
In order for an educational institution to run effectively and efficientl, there must be a system that regulates what is called Management. In Islamic education management, leadership plays an important role. In leadership, someone certainly has values. Values can definitively be interpreted as truth and beauty. The crisis of values in educational institutions is also dynamic in today’s world of education. There are non-ethical behaviors in the management of education, such as commercialization of education, buying and selling positions, corruption, collusion, nepotism, etc. Lafran Pane was born in the village of Pan- gurubaan, Sipirok sub-district, South Tapanuli. Lafran Pane’s life journey while leading the organization and being a student has been written in many books, journals and articles. His simple attitude, honesty, courage, and intelligence are his inherent characteristics. But so far no one has written or researched directly on Lafran Pane educational leadership values. The formu- lation of the problem in this study is how Lafran Pane Educational Leadership Values are. The purpose of this research is to find out Lafran Pane Educational Leadership Values. This research is a library research, while in analyzing the researcher uses a qualitative descriptive method. The results of this study are Lafran Pane’s Educational Leadership Values consist of: Faith Values, Worship Values, Moral Values (Muroqobah, patient, nurturing, zuhud, simple and unpretentious, independent), Social values, and National values.
Keywords: Values, Educational Leadership, Lafran Pane
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PuSTAKA
Abdul Halim Sani, Manifesto Gerakan Intelektual Pro- fetik. Yogyakarta: Samudera Biru, 2011
Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Lo- gos Wacana Ilmu, 1997
Abu Abdillah, Argumen Ahlusunnah Wal Jama’ah, Jakarta: Pustaka Ta’awun, 2011
Achmad Patoni, Konsep Dasar Kepemimpinan Profe- tik Pendidikan Islam. Tulungagung: IAIN Tulunga- gung, 2017
A.Fuadi, Merdeka Sejak Hati. Jakarta: Gramedia Pus- taka Utama, 2019
Agussalim Sitompul, Sejarah Perjuangan HMI. Jakar- ta: Misaka Galiza, 2008
Agussalm Sitompul (dkk), 50 Tahun HMI Mengayuh diantara cita dan Kritik, Yogyakarta : Aidit Media, 1997
Al-Rasyidin, Demokrasi Pendidikan Islam, Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis, 2011
Aminuddin dkk, Pendidikan Agama Islam, Bogor: Ghalia Indonesia, 2005
Ara Hidayat dan Imam Machali, Pengelolaan Pen- didikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah), Yogyakarta: Kaukaba, 2012
Armai Arif, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidi- kan Islam, Jakarta : Ciputat Pers, 2002
Artikel, Rizwan Suandi, Inilah Sosok Lafran Pane, Pendiri HMI yang juga Pahlawan Nasional: Karir, Karya, dan Penghargaannya, GalamediaNews. com, 2021
Asmaran As, Pengantar studi Akhlak,, cet, I, Jakarta: Rajawali Pers, 1992
Binti Nasuka, dkk, Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpi- nanProfetik di Lembaga Pendidikan Islam, Vol 6, No 1, 2020
Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahan- nya. Bandung: J-Art, 2004
Endang Syaifuddin, Agama dan Kebudayaan, Sura- baya,: Bina Ilmu, 1982
Hariqo Wibawa Satria, Lafran Pane Jejak Hayat dan Pemikirannya. Jakarta: Penerbit Lingkar, 2010 https://www.kemhan.go.id/pothan/2018/08/28/ben-
tuk-dan-wujud penerapan-sikap-dan-perilaku-be- la-negara.html
Iqbal, M. (2019). Dualism System of Higher Education in Indonesia. Thought, 29(25), 44.
Iqbal, M. (2019). Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 165-178.
James A.F Stoner, Management New York Prentice/ Hall Internasional,Inc, 1982
Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat, Jakarta: Gra- media Pustaka Utama, 2008
Kartini Katono, Pemimpin dan Kepemimpinan. Ja- karta: PT Raja Grafindo Persada, 2001
Kemas Badaruddin, Filsafat Pendidikan Islam, Yogya- karta: Pustaka Belajar, 2007
Kuntowijoyo, Al-Quran sebagai Paradigma Jur- nal Ululumu, Jurnal Ulumul Quran No.4 Vol. V, 1994
Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Opera- sionalnya, Bandung: TragendaKarya, 1993
Muhammad Daud Ali dan Habiba Daud, Lembaga- lembaga Islam di Indonesia, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 1995
Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajagrafindo, 2008
Muhammad Hatta, Pengantar ke Jalan Ilmu Pengeta- huan, Jakarta: t.p. 1954
Muhammad Tholeh Hasan, Profetik Islam Dalam Menghadapi Tantangan Zaman, Jakarta: Bangun Pra Karya, 1986
Mukhtar Yahya dan Faturrahman, Dasar-dasar Pembi- naaan Hukum Fiqih Islam, Bandung : Al-Ma’arif, 1986
Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009
Notonagoro, Beberapa Hal Mengenai Falsafah Pan- casila, Cet. 10, Jakarta: Pantjuran Tudjuh, 1982
Noeng Muhadjir, Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial, Suatu Teori Pendidikan, Yogyakarta:Rake Sarasi,1987
Nurcholis Madjid, Masyarakat Religius (Membu- mikan Nilia-Nilai Islam Dalam Kehidupan Ber- masyarakat), Jakarta: Paramadina, 2004
Nurhols Madjid, Tradisi Islam Peran dan fungsinya dalam Pembangunan Indonesia, Jakarta : Para- madina, 1997
Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pus- taka Setia, 2005
Nurul Zuriah, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Da- lam Persepktif Perubahan, Menggagas Platfom Pendidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan Futuristik, (Jakarta: BumiAksara, 2007
Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007
Rahmat Djatnika, Sitem Ethika Islam (Akhlak Mulia),
cet. 2 (Surabaya: Pustaka, 1987
Risieri Frondizi, Pengantar Filsafat Nilai, Yogjakarta : Pustaka Pelajar, 2001
Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2007
Sidi Gazalba, Pendidikan Islam dalam Masyarakat, Djakarta: Pustaka Antara, 1969
Siti Patimah, Manajemen Kepemimpinan Islam, Ap- likasinya dalam Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa- beta, 2009
Sutarjo Adisusilo, JR, Pembelajaran Nilai Karakter, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012
Sutrisno Hadi, Metodologi Reseach. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fak. Psikologi UGM, 1987
Syahrizal Abbas, Manajemen Perguruan Tinggi, Ja- karta: Kencana, 2009
Toto Tasmara, Spiritual centered leadership: kepemimpi- nan berbasis spiritual. Jakarta: Gema Insani, 2006
Tim Editor PSI UII, Studi Kepemimpinan Profetik. Yo- gyakarta: Kaukaba Dipantara, 2016
Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Band- ung: Alfabeta, 2007
Zaim Elmubarok, Membumikan Pendidikan Nilai.
Bandung: Alfabeta, 2008
Zakiyah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2012
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i2.3843
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.