INTERNALISASI BUDAYA BERAGAMA BAGI SISWA MTS ITTIHAADUL ULUM LUBUKLINGGAU
Abstract
ABStRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa tentang strategi MTs Ittihaadul Ulum Lubuklinggau dalam menanamkan bu- daya beragama bagi siswa dan pelaksanaan penanaman budaya beragama bagi siswa di MTs Ittihaadul Ulum Lubukling- gau. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Strategi MTs Ittihaadul Ulum Lubuk Linggau dalam menanamkan budaya beragama bagi siswa yaitu: 1) Strategi menanamkan budaya beragama bagi siswa melalui pem- biasaan shalat fardhu dapat direalisasikan dengan cara mengadakan dengan kegiatan shalat berjamaah dhuha dan dzhur be- jamaah yang dilakukan di masjid sekolah, program ini diwajibkan diikuti oleh seluruh peserta didik secara bersama pada shalat dhuha dan bergantian pada shalat dzuhur sesuai jadwal yang telah ditentukan, dan penerapan metode ini sudah cukup baik walaupun baru berjalan 6 bulan. 2) Strategi menanamkan budaya beragama bagi siswa di MTs Ittihaadul Ulum Lubuklinggau dengan pembiasaan dikarenakan pembiasaan yang dilakukan akan terus melekat dalam benak anak hingga mereka dewasa. MTs Ittihaadul Ulum Lubuklinggau sangat menjunjung tinggi nilai-nilai agama atau melaksanakan pembiasaan amal sholeh dan akhlak mulia, seperti mengajarkan tauhid kepada siswa, mengajari mereka shalat dhuha dan shalat wajib dengan mem- biasakannya berjama’ah, infaq dihari jum’at, mengajari mereka tadarus dan shodaqoh, pembiasaan Senyum, salam, sapa, santun.
Kata Kunci: Internalisasi, Budaya Beragama
ABStRACt
The purpose of this study was to analyze the strategy of MTs Ittihaadul Ulum Lubuklinggau in instilling a religious culture for stu- dents and the implementation of inculcating a religious culture for students at MTs Ittihaadul Ulum Lubuklinggau. This research method is qualitative with ethnographic approach. Data collection techniques using observation, interviews and documenta- tion. The results showed that: first, the strategy of MTs Ittihaadul Ulum Lubuk Linggau in instilling a religious culture for students, namely: 1) The strategy of instilling a religious culture for students through habituation of fardhu prayers can be realized by holding dhuha and dzhur congregational prayers in mosques In schools, this program is required to be followed by all students together at the dhuha prayer and alternately at the midday prayer according to a predetermined schedule, and the application of this method is quite good even though it has only been running for 6 months 2) The strategy of instilling a religious culture for students at MTs Ittihaadul Ulum Lubuklinggau with habituation because the habituation carried out will continue to stick in the minds of children until they are adults. MTs Ittihaadul Ulum Lubuklinggau really upholds religious values or carries out habituation of pious deeds and noble character, such as teaching monotheism to students, teaching them to pray dhuha and obligatory prayers by familiarizing them with congregations, infaq on Fridays, teaching them tadarus and shodaqoh, habitua- tion Smile, greeting, greeting, polite.
Keywords: Internalization, Religious Culture
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Agustian Ary Ginanjar. 2003. Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power: Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan. Jakarta: ARGA
Ahmadi Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Al-Jarjawi Syekh Ali Muhammad. 2006. Indahnya Syariat Islam. Jakarta: Gema Insani
Aly Hery Noer. 2003. Ilmu Pendidikan Islam. Ja- karta: Logos Wacana Ilmu
Arief Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bandung: CV Penerbit Diponegoro. 2006
Bandung: Remaja Rosda Karya
Departemen Agama RI. Alquran dan Terjemahnya.
Diterjemahkan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo, Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Hasanah Siti Muawanatul. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Agama di Komunitas Sekolah: Studi Kasus di SMK Telkom Sandhy Putra Malang. Malang: Tesis UIN Maliki Malang Tidak Diterbitkan
Hurlock Elizabeth. B. Developmental Psychology. Jakarta:Logos Wacana Ilmu
Iqbal, M. (2019). Dualism System of Higher Education in Indonesia. Thought, 29(25), 44.
Iqbal, M. (2019). Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 165-178.
Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropolo- gi. Jakarta: Rineka Cipta
Madjid Nurcholis. 2010. Masyarakat Religius Mem- bumikan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan. Jakarta: Paramadina
Mafluki Muhammad Isfaul. 2015. Melaksanakan Penanaman nilai-nilai Religius di Madrasah Aliyah Al – Ma’arif Panggung Tulungagun. Tulungagung : Skripsi
Maimun Agus. 2010. Madrasah Unggulan. Malang: UIN-Maliki Press
Moleong Lexy. 2008. Metode Penelitian Kualitatif.
Mughniyah Muhammad Jawab. 2010. Fiqih Lima Mazhab, Terj. Masykur A.B., dkk. Jakarta: Penerbit Lentera
Muhadjir Noeng. 2002. Metode Penelitian Kuali- tatif (Edisi IV). Yogyakarta: Rake Sarasin
Muhaimin dan Mudjib Abdul. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Bandung: Triganda Karya
Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam; Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelem- bagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Ja- karta: Raja Grafindo Persada
Muslich Mansur. 2011. Pendidikan Karakter Men- jawab tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT: Bumi Aksara
Narbuko Cholid dan Achmadi Abu. 2003. Metod- ologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Nasehudin Toto Syatori dan Gozali Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Se- tia
Nasution Harun. 2018. Islam Ditinjau dari Berba- gai Aspeknya. Jakarta: UI Press
Nasution S. 1999. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution. S. 1998. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
Nata Abudin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam.
Noer Jefry. 2006. Pembinaan Sumber Dya Manu- sia Berkualitas & Bermoral Melalui Shalat Yang Be- nar. Jakarta: Kencana
Noor Julian Syah. 2011. Metodologi Penelitian.
Jakarta: Kencana
Rabbi Muhammad dan Jauhari Muhammad. 2006. Akhlaquna, terjemahan. Dadang Sobar Ali. Bandung
: Pustaka Setia
Rahman Abdul, Utsman Muhammad.1979. Aunul Ma’bud (Syarah Sunan Abi Daud). Libanon: Darul Fikr
Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang Re- publik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jogjakarta: Laksana
Sain Syahrial. 2001. Samudera Rahmat. Jakarta: Karya Dunia Pikir
Santrock John. W. 2007. Child Development, eleventh edition. Diterjemahkan oleh Mila Rachma- wati dan Anna Kuswanti, Perkembangan Anak, edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&B. Bandung: Alfabeta
Suradi, A. & Buyung Surahman. The History And Values of Tolerance In Tabot Traditional Ceremonies In Bengkulu Society. PARAMITA: Historical Studies Journal 30 (2), 170-179
Tafsir Ahmad. 2004. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya
Tafsir Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan Islam dalam Prspektif Islam, cet.ke-9. Bandung: PT Remaja Ros- dakarya
Universitas Ciputra Blog, Kata Implikasi, 18 Janu- ari 2016
Ya’qub Hamzah. 2001. Etika Islam; Pembinaan Akhlaqulkarimah. Bandung: Diponegoro
Yafie Ali. 2002. Beragama Secara Praktis Agar Hidup Lebih Bermakna. Bandung: Hikmah
Zaidan Sirath Al-Amru. 2009 Panduan Shalat Lengkap; Kupas Tuntas Shalat Sesuai Al-Qur’andan Sunnah. Jakarta: Alita Media
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i1.3841
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.