KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGIMPLEMENTASIAN STANDAR PROSES (Studi Kasus di Menengah Pertama Negeri 1 Kepahiang)

Levika Dian Anggraini

Abstract


ABStRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari Kompetensi Kepribadian Guru (X1) ter- hadap Karakter Religius Siswa (Y), apakah terdapat pengaruh Kompetensi Sosial Guru (X2) terhadap Karakter Religius Siswa (Y) dan apakah terdapat pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru (X1)dan Kompetensi Sosial Guru (X2) secara bersama-sama terhadap Karakter Religius Siswa (Y). Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian menyimpulkan bahwa : Hasil pengujian Nilai B sebesar 0,514 dan uji “t” pada hipotesis I sebesar 5.889 ini berarti t hitung > t tabel (5,889> 2,036) dan signifikansi (0.000 < 0.05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Kompetensi Kepriba- dian Guru (X1) terhadap Karakter Religius (Y), hipotesis II pengujian Nilai B sebesar 0,483 pengujian uji “t 3.032 > 2,036) dan signifikan si (0.001 < 0.05) maka terdapat pengaruh Kompetensi Sosial Guru (X2) terhadap Karakter Religius (Y),dan hipotesis III hasil uji R adjusted Square sebesar 0.629 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama Kompetensi Kepribadian Guru (X1) dan Kompetensi Sosial Guru (X2) PAI terhadap Karakter Religius Siswa(Y) SD Negeri 96 Bengkulu dengan persentase 62 % sedangkan 32 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Karakter Religius

 

 

 

 

 

ABStRACt

The problem in this study is how the competence of teachers in implementing the standard process of learning Islamic religious education at SMP Negeri 1 Kepahiang. The method used is descriptive qualitative, namely research that intends to describe systematically, factually and accurately about facts, situations or events and characteristics in SMP Negeri 1 Kepahiang. Re- spondents were Islamic education teachers and several students. The results of this study are: first, the implementation of the standard process of learning Islamic religious education at SMP Negeri 1 Kepahiang Kepahiang Regency has been carried out, where students have been given the freedom to understand the subject matter with teacher guidance. Second, Constraints in implementing process standards in Islamic religious education learning at SMP Negeri 1 Kepahiang Kepahiang Regency after active learning are implemented in the form of 1) Lack of supporting facilities in the form of textbooks and learning media, 2) Learning media is not up to date or out of date, 3) Lack of student interest, and 4) Environmental factors and lack of attention from parents. There are four by providing solutions for solving problems faced by Islamic Religious Education teachers by: 1) The teacher proposes to the principal to want to add to the Islamic Religious Education textbook at least in the book there is a ratio of 1: 3 in each teaching and learning process, 2) Teachers making teaching media using simple tools and materials in the form of cardboard or available materials, 3) To arouse student interest by giving praise and giving satisfactory grades to students, and 4) Solutions to solve problems faced by Religious Education teachers Islam is to give understanding to parents that textbooks have a big influence on the teaching and learning process.

Keywords: Teacher Competence, Process Standards


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Suradi, Konsepsi Pendidikan Agama Islam dalam Menyikapi Moder- nitas, Jurnal Dirasat, Volume 4, Nomor 1, 2018

Sugeng, Perencanaan Pembelajaran. (Malang: UIN Maliki Press, 2010).

Absari, S. A.N. 2020. Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Di Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus Di SMP Ya Bakii 1 Kesugihan Cilacap Tahun Pelajaran 2020/2021). Intitut Agama Islam Negeri Salatiga, Salatiga.

Alfiah, R. 2020. Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pai Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMPN 2 Katingan Hilir. Intitut Agama Islam Negeri Palangkaraya, Palangkaraya.

Aulia, L.N., Susilo & Bambang Subali. 2018. Perbandingan Model Problem Based Learning Berbantuan Edmodo terhadap Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Fluida Dinamis. Unnes Physics Education Journal. Vol 7 no 2.

Banun, S.H. 2013. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pada SMA Negeri 3 Semarang.Majalah Ilmiah Pawiyatan, (xx):4 Dalawi, Amrazi Zakso, Usman Radiana. 2012. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMP Negeri 1 Bengkayang.S2 AP, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak

Daryanto & Tasrial. 2011. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gavamedia.

Fitri, E. 2020. Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Dengan Pemberian Tugas Melalui Aplikasi Sosial Media Whatsapp Di SMK Islam Innayah Ujung Batu Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Rokania. Vol 5 No 3

Sahertian, P.A. 2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dirjen peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan.2012. Pedoman pelaksanaan kinerja guru (PK Guru). Buku 2. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gustina, D. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh bagi guru

sekolah dasar pada masa new normal di sd it pondok duta. 4(74), 55–60.

Hairuddin. 2019. Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Pada SDI 4 Masbagik Utara. Jurnal Edukasi dan Sains. Vol 1 No 2.

Hamzah. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartatiek, Lilies. 2018. Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Paikem Di SD Negeri 2 Grobogan, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha. Vol 5 No 1.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.6 71

Iqbal, M. (2019). Dualism System of Higher Education in Indonesia. Thought, 29(25), 44.

Iqbal, M. (2019). Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 165-178.

Kemmis, S & MctTaggart. (1988). The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press

Parwati Santi Desak Putu, Dantes Nyoman dan Natajaya Nyoman. 2013. Implementasi Supervisi Akademik dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP pada Guru Matematika Sekolah Dasar Anggota KKG Gugus IV Kecamatan Sukasada.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan GaneshaJurusan Pendidikan Dasar (3)

Rupi’ah. 2021. Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Dengan Menerapkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Supervisi Akademik Di Sd Negeri Sidomulyo 01 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Profesi dan Keahlian Guru .Volume II Nomor 1

Saito, dkk. 2008. Peran Perpustakaan Digital di Era Global. Makalah Pelatihan Jardiknas.

Samudi. 2018. Penerapan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. Vol 1 No 1.

Sudjana, N. dkk. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, BadanPSDMdanPMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Suhertian (2000).Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta

--------- 2009. Undang-Undang Nomor 39 tahun 2009 Tentang pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan. Jakarta

---------2005. Undang-Undang RI No. 14 Th. 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas

Sugeng, Perencanaan Pembelajaran. (Malang: UIN Maliki Press, 2010).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v5i3.3840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.