PENINGKATAN KOMPETENSI GURU dAN KUALITAS PEMBELAjARAN PENdIdIKAN AGAMA ISLAM dI Sd NEGERI 20 KOTA BENGKULU
Abstract
dilakukan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kompetensi guru dan kualitas proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, dan yang menjadi responden penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Strategi kepala sekolah dalam upaya peningkatan kompetensi guru pada proses pembelajaran PAI, yaitu: Pertama, Memotivasi guru untuk berkreasi dan inovasi dalam menggunakan strategi pembelajaran aktif; Kedua, Meningkatkan profesionalisme guru Ketiga, Melakukan supervisi; Keempat, Meningkatkan kualitas siswa dengan mengikutkan perlombaan baik kurikuler maupun ekstrakurikuler; Kelima, Mengembangkan budaya akhlak yang baik pada segenap warga sekolah mela- lui keteladanan; Keenam, Peningkatan kualitas sarana dan prasarana. (2) Strategi kepala sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran, yaitu: Pertama, dengan cara meningkatkan kemampuan para guru dalam menjalankan tugas dan kewa- jibannya sebagai pengajar; Kedua, dengan optimalisasi pemanfaatan dan penggunaan media dan sarana pendidikan; Ketiga, dengan pelaksanaan supervisi rutin untuk mengatasi permasalahan sehubungan dengan kurangnya sikap profesionalisme yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan tugas; Keempat, penerapan disiplin yang ketat. (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam upaya peningkatan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran, yaitu: Pertama, guru pendidikan agama Islam kurang kompak dalam melaksanakan kegiatan atau program keagamaan; kedua, peserta didik kurang istiqomah dalam mengamalkan kegiatan keagamaan di rumah; Ketiga, perbedaan yang ada dalam diri siswa tersebut dapat menjadi hambatan bagi pengembangan aspek-aspek anak didik itu sendiri, Keempat, kurangnya kesadaran orangtua dalam memotivasi belajar peserta didik.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kualitas Pembelajaran
AbStRACt
This study aims to determine the strategies undertaken by the principal in an effort to improve teacher competence and the quality of the learning process of Islamic Religious Education at SD Negeri 20 Bengkulu City. This research method is a qualitative method, and the respondents of this study are the principal, Islamic religious education teachers and students. The techniques used in data collection are interviews, observation and documentation. The research findings in this thesis are: (1) The principal’s strategy in improving teacher competence in the PAI learning process, namely: First, motivating teachers to be creative and innovative in using active learning strategies; Second, improve teacher professionalism. Third, supervise; Fourth, improve the quality of students by including competitions both curricular and extracurricular; Fifth, developing a good moral culture in all school members through exemplary; Sixth, improving the quality of facilities and infrastructure. (2) The principal’s strategy in improving the quality of learning, namely: First, by increasing the ability of teachers to carry out their duties and responsibilities as teachers; Second, by optimizing the use and use of media and educational facilities; Third, by implementing routine supervision to overcome problems related to the lack of professionalism carried out by teachers in carrying out tasks; Fourth, strict discipline application. (3) Obstacles faced by school principals in efforts to improve teacher competence and quality of learning, namely: First, Islamic religious education teachers are less compact in carrying out religious activities or programs; second, students are less istiqomah in practicing religious activities at home; Third, the differences that exist in these students can be an obstacle to the development of aspects of the students themselves. Fourth, the lack of parental awareness in motivating students’ learning.
Keywords: Teacher Competence, Quality of Learning
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anwar, Muhammad. 2015. Filsafat Pendidikan, Ja- karta: Kencana.
Arifin, M. 1995. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: PT Rineke Cipta.
Basri, Hasan dan Beni Ahmad Saebani. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Daryanto. 2005. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pengajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Fattah, Nanang. 2008. Landasan Manajemen Pen-
didikan, Bandung: PT. Rosdakarya.
Husnan. 2011. Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Aparatur Depdikbud. Jakarta: Depdiknas.
Ibrahim, R. dan Nana Syaodih S. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Iqbal, Moch. "Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa." Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 3.2 (2019): 165-178.
Iqbal, Moch. "Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu." Madaniyah 13.1 (2023): 84-97
Kemendikbud. 2014. Petunjuk Peningkatan Mutu di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Khaeruddin dan Junaedi. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Yokyakarta: Pilar Media.
Majid, Abdul dan Andayani. 2006. Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kuali- tatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, Mansur. 2010. Sertifikasi Guru Menuju Pro- fesionalisme Pendidik. Jakarta : Bumi Aksara.
Nawawi, Hadari. 1998. Administrasi Pendidikan. Ja- karta: CV. Haji Masagung.
Purwanto, M. Ngalim. 2003. Administrasi dan Super- visi Pendidikan. Bandung: PT. Rosdakarya.
Qadir, Muhamad Abdul Qadir. 2008. Metode penga- jaran agama Islam, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ramayulis. 2005. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:
Rafika.
Rochaety, Eti dan Pontjorini Rahayuningsih. 2006. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakar- ta: Bumi Aksara.
Roestiyah, NK. 2005. Masalah Pembelajaran Sebagai Suatu Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.
Sahertian, Piet A. 1998. Dimensi Administrasi Pen- didikan. Surabaya: Nasional.
Sanjaya,Wina. 2008. Strategi pembelajaran Berori- entasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Ken- cana.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Ja- karta: PT. Rajawali Pers.
Suryana, Asep dan Suryadi. 2009. Pengelolaan Pen- didikan. Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI. Suryosubroto, B. 2001. Proses Belajar Mengajar di
Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutarsih, Cicih. 2009. Etika Profesi. Jakarta: Dirjen Pendis kemenag RI.
Tohirin. 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Per- sada.
Usman, Moh. Uzer. 2014. Menjadi Guru Profesional.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v5i2.3733
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.