PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING MELALUI INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK ISLAMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Zinatul Hayati

Abstract


AbStRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan strategi internalisasi nilai-nilai akhlak Islami dalam mence- gah perilaku bullying di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bengkulu. Permasalahan yang menjadi fokus dalalm penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di MI Negeri 1 Kota Bengkulu dilakukan melalui kegiatan akademik maupun non-akademik. Adapaun strategi yang digunakan adalah strategi keteladanan, strategi pembiasaan, strategi pemberian nasihat dan strategi kedisiplinan. Kedua, Pencegahan perilaku bullying di MI Negeri 1 Kota Bengkulu adalah mem- berikan hukuman-hukuman apabila melakukan perilaku bullying. Seperti hukuman menghafal Surat-surat pilihan, hukuman menulis surat Yasin dan hukuman pelayanan sekolah. Ketiga, Faktor penghambat dari dalam diri siswa sendiri karena karakter Siswa yang berbeda-beda dan dari latar belakang Siswa yang berbeda-bedasehingga dalam proses pembinaan yang dilakukan oleh para guru kadang tidak berjalan baik dengan adanya siswa yang dapat mengerti dan melakukan dengan baik pembinaan tersebut dan adanya Siswa yang tidak dapat melakukan pembinaan tersebut dengan baik

Kata Kunci: Perilaku Bullying, Internalisasi, Akhlak Islami

 

 

 

AbStRACt

The problem in this research is how to implement the strategy of internalizing Islamic moral values in preventing bullying at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bengkulu City. The problem that is the focus of this research uses a qualitative approach. Quali- tative research is research that produces descriptive data in the form of written or spoken words from people and observable behavior. The results showed that: First, the strategy of internalizing Islamic religious values in preventing bullying at MI Negeri 1 Bengkulu City was carried out through academic and non-academic activities. The strategies used are exemplary strategies, habituation strategies, counseling strategies and disciplinary strategies. Second, the prevention of bullying behavior at MI Negeri 1 Bengkulu City is to provide penalties for bullying. Such as the punishment for memorizing selected letters, the punishment for writing Yasin letters and the punishment for school service. Third, the inhibiting factor from within the students themselves is due to the different character of students and from different backgrounds of students so that in the coaching process carried out by the teachers sometimes it does not go well with students who can understand and do the coaching well and there are students who cannot do the coaching properly

Keywords: Bullying Behavior, Internalization, Islamic Morals

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014).

Abdurrahman An Nahlawi, Pendidikan Islam di Ru- mah, Sekolah dan Masyarakat (Jakarta: Gema Insani Press, 2000).

Abu Huraerah, Kekerasan terhadap Anak (Bandung: Nuansa Cendekia, 2012).

Adnan, “Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Bullying Siswa (Studi Kasus SMP X Kretek Bantul)” (Tesis-- Universitas Islam Negeri

Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2016).

Aminuddin Dkk, Membangun Karakter dan Kepriba- dian melalui Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Graha Ilmu, 2006).

Ari H. Gunawan, Sosiologi Pendidikan (Jakarta: Rine- ka Cipta, 2010).

Azyumardi Azra, Buku Teks: Pendidikan Islam pada Perguruan Tinggi Umum, (Jakarta: Depag RI, 2002).

Edi Suharto, Pembangunan, Kebijakan Sosial, dan Pekerjaan Sosial (Bandung: Lembaga Studi Pem- bangunan –Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial, 1997).

Humaidi Tatapangarsa, Pengantar Kuliah Akhlak, (Surabaya: Bina Ilmu, 1990).

Ida Bagoes Mantra, Filsafat Penelitian & Metode Pene- litian Sosial (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008).

Ifda Indriawan, “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter pada Pelaksanaan Bimbingan Konseling di SMA Muhammadiyah Yogyakarta” (Tesis-- Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2016).

Imam Musbikin, Mengatasi Anak Mogok Sekolah + Malas Belajar (Yogyakarta : Laksana, 2012).

Iqbal, Moch. "Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa." Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 3.2 (2019): 165-178.

Iqbal, Moch. "Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu." Madaniyah 13.1 (2023): 84-97

J.P. Chaplin, Kamus Lengkap Psikologi (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005).

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Band- ung: Remaja Rosdakarya, 2004).

Mawardi Lubis, Evaluasi Pendidikan Nilai: Perkem- bangan Akhlak Keagamaan Mahasiswa PTAIN, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).

Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Mus- lim, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Rajawali Press, 2005).

Nasution, Metode Research (Jakarta: Bumi Aksara, 2006).

Novan Ardy Wiyani, Save Our Children from School Bullying (Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2012).

Nur Uhbiyati dan Abu Ahmadi, Ilmu Pendidikan Islam I (IPI), (Bandung: Pustaka Setia, 1997).

Nur cholish Madjid, Masyarakat Religius Membumikan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Masyarakat (Jakarta: Paramadina, 2000).

Ponny Retno Astuti, Meredam Bullying: 3 Cara Efek- tif Menanggulangi Kekerasan (Jakarta: Grasindo, 2008).

Rahayu Fuji Astutik, “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Berbasis Tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Qodir Sleman Yogyakarta” (Tesis - Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2015)

Rohmat Mulyana, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai (Bandung: Alfabeta, 2004).

Sayyed Hosein Nasr, Menjelajah Dunia Modern: Bimbingan untuk Kaum Muda Muslim (Bandung: Mizan, 1994).

Sugiono, metode penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: alfabeta, 2012).

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Umar Tirtarahardja dan La Sulo, Pengantar Pendidi- kan (Edisi Revisi), (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005).

Yayasan Semai Jiwa Amini, Bullying: Mengatasi Kek- erasan di Sekolah dan Lingkugan Sekitar Anak (Jakarta: Grasindo, 2008).

Yusuf Al-Qardhawi, Karakter istik Islam: Kajian Anali- tik, (Surabaya: Risalah Gusti, 1996).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v5i2.3732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.