REKONSTRUKSI PENdIdIKAN KELUARGA PAdA MASA PANdEMI (STUdI PAdA WALIMURId SMPI AL HASANAH KOTA BENGKULU)
Abstract
AbStRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan keluarga dalam menghadapi pandemi covid -19, materi ajar yang diberikan, metode pembelajaran yang diterapkan guru, dan kendala yang dihadapi oleh orangtua dan guru. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Metode penentuan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Yang menjadi data primer pada penelitian ini adalah orangtua dan guru. Sedangkan yang menjadi data sekunder adalah kepala sekolah dan tata usaha. Hasil Penelitian ini adalah (1) Kesiapan keluarga dalam menghadapi masa pandemi. Pemindahan proses belajar anak ke rumah tentunya membutuhkan kerja sama lebih besar dari orangtua. Oleh karena itu, dibutuhkan ke- siapan dari orangtua dalam mengendalikan dirinya sebelum memulai mengajarkan anak selama proses belajar mengajar dari rumah berlangsung. Orangtua harus bisa mengendalikan diri atas apa yang sedang dialaminya dan membimbing anak-anak dengan tenang dan penuh kesabaran. (2) Materi ajar yang diberikan selama masa pandemi. Pada masa pandemi ini, materi ajar diberikan kepada siswa yaitu pendidikan akhlak, aqidah, dan ibadah (3) Metode pembelaran yang diterapkan pada masa pandemi. Pembelajaran online atau daring adalah bagian dari penawaran khusus di era pandemi virus corona., (4) Kendala yang dihadapi orang tua dan guru. Menurunnya semangat belajar anak. Hal ini disebabkan tugas yang cukup banyak, tidak mengerti dengan tugas yang diberikan. Munculnya rasa kejenuhan karena harus menyesuaikan materi atau rancangan pembe- lajaran yang sebelumnya sudah dipersiapkan.
Kata Kunci : Rekonstruksi, Pendidikan Keluarga, Covid 19
AbStRACt
The purpose of this study was to determine the family’s readiness in facing the pandemic covid-19, teaching material provided, the learning methods applied by the teacher, and the obstacles faced by parents and teachers. This type of research was descrip- tive qualitative. The method of determining the sample used purposive sampling technique. Data collections were interviews and documentation. The data source in this study is divided into two, namely primary data and secondary data. The primary data in this study were parents and teachers. Whereas the secondary data were the principal and the administration. Staff the results of this study were (1) family readiness in the face of a pandemic. Transferring the child’s learning process to took home certainly requires greater cooperation from parents. Therefore, it took the readiness of parents in controlling themselves before starting to teach children during the learning process from home. Parents must be able to control themselves over what they are going through and guide their children calmly and patiently. (2) Teaching materials provided during the pandemic. During this pandemic, teaching material are given to students namely moral education, aqeedah, and worship (3) Methods of learning is applied during the pandemic. Online online learning was part of special offers in the era of the corona virus pandemic., (4) Constraints was faced by parents and teachers. Decreasing child’s enthusiasm of learning. This was due to quite a lot of tasks, mis understanding of the tasks given. The emergence of a sense of saturation because they have to adjust the material or learn- ing design that has been previously prepared.
Keywords: Reconstruction, Family Education, Covid 19
Full Text:
PDFReferences
DAfTAR PUSTAKA
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidi- kan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.
Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian, Yogya- karta: Teras, 2011.
Amirulloh Syarbini, Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga, Jakarta : Gramedia, 2014.
Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yog- yakarta: Pustaka Pelajar, 1996
https://www.alodokter.com/viruscorona. Diakses pada tanggal 02 Juni 2020.
Iqbal, Moch. "Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa." Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 3.2 (2019): 165-178.
Iqbal, Moch. "Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu." Madaniyah 13.1 (2023): 84-97.
Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif.
Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2008
Moh. Rasyid, Pendidikan Seks, Semarang: Syiar Me- dia, 2007
M.Padil dan Triyo Suprayitno, Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Sukses Offset, 2007
Sugiyono, Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuanti-
tatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v5i2.3731
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.