METODE PEMBELAJARAN REWARD AND PUNISHMENT PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS SISWA MI NEGERI 3 BENGKULU TENGAH
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini menjelaskan tentang kondisi sikap spiritual siswa, metode yang digunakan Guru dan hambatan serta pendu- kung dari proses internalisasi nilai spiritual itu sendiri. Maka digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode interaktif dengan teknik observasi, dokumentasi, pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian yaitu Pertama, Pada umum nya pen- erapan metode reward and punishment dalam pembelajaran menghapal al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bengkulu Tengah adalah dalam pemberian reward, reward itu terbagi menjadi dua yaitu 1) reward verbal yaitu reward dengan kata- kata,kalimat.2) reward non verbal yaitu reward yang berupa gerakan mimik mimik dan badan, reward dengan cara mendekati, reward dengan cara sentuhan, reward dengan cara syimbol atau benda, kemudian punishment terbagi menjadi tiga bagian yaitu,1) anak melaksanakan perbuatan yang tidak menyenangkan (restitusi). 2) deprivasi (pencabutan atau pembatalan). 3) langsung menggunakan kesakitan. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaaan metode reward dan punisment yang dilaksanakan di MIN 3 Bengkulu tengah adalah para anak didik menerima atau menolak pemberian hapalan yang ada di Madrasah dan anak didik juga harus mengikuti aturan yang ada di Madrasah dan meluangkan waktu untuk belajar.
Kata Kunci: Metode,Reward And Punishment, Pembelajaran Al Qur’an Hadits
ABSTRACT
This study describes the condition of students’ spiritual attitudes, the methods used by the teacher and the obstacles and sup- porters of the internalization process of spiritual values themselves. Then the descriptive qualitative approach and interactive methods are used with observation, documentation, observation and interview techniques. The results of the study are First, In general the application of the method of reward and punishment in learning to memorize the Koran in Madrasah Ibtidaiyah Neg- eri 3 Bengkulu Tengah is in the provision of rewards, the reward is divided into two namely 1) verbal reward that is reward with words, sentence.2) non-verbal rewards, namely rewards in the form of gestures and facial expressions, reward by approaching, reward by way of touch, reward by means of symbols or objects, then punishment is divided into three parts namely, 1) children carry out unpleasant actions (restitution). 2) deprivation (revocation or cancellation). 3) directly using pain. Secondly, the factors that influence the implementation of the reward and punishing methods implemented in MIN 3 Bengkulu are that students ac- cept or reject memorizing in Madrasas and students must also follow the rules in Madrasas and take time to learn.
Keywords: Method, Reward and Punishment, Learning Al-Qur’an Hadith
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ammar, Abu dan Abu Fatiah Al-Adnani, Negeri-Neg- eri Penghafal Al-Qur’an: Inspirasi dan Motivasi Semarak Tahfizh Al-Qur’an dari 32 Negara di 4 Benua, Sukoharjo: Al-Wafi, 2015.
Burhanudin,Didi.Efektivitas Metode RewardDan Pun- ishment Dalam Pembelajaran Fiqihdi MA Negeri 2 Bandar Lampung, Tesis, UIN Raden Intan: 2015. Departemen Agama RI. Al-Qur’an Tajwid dan Terje-
mahan. Jakarta: CV. Maghfirah, 2006.
Departemen Pendidikan Nasional RI, Pusat Bahasa: Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdik- nas RI, 2008.
Hafidz, Ahsin W. Bimbingan Praktis Menghafal Al- Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Indrakusuma,Amier Daien.Pengantar Ilmu Pendidi- kan, Surabaya: Usaha Nasional, 1978.
Iqbal, M. (2019). Dualism System of Higher Education in Indonesia. Thought, 29(25), 44.
Iqbal, M. (2019). Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 165-178.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Kurikulum Madrasah 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2013.
Kementerian Agama RI. Al-Qur’an Hadis Pendekatan Saintifik Kurikulm 2013: Buku Siswa Kelas X Ma- drasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2014.
Khamsatulaini, Pengaruh Penggunaan Metode Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Al Qur’an Hadis Terhadap Keaktifan dan Kedisiplinan Siswa MTS Negeri 1 Lubuk Linggau, Tesis, IAIN Sultan Thaha Jambi: 2014.
Martinis, Yamin. Profesionalisasi Guru dan Imple- mentasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.
Moleong,Lexy J.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Nuruddin, Triyasyid. Pedoman Ilmu Tajwid Mudah Dan Aplikatif. Solo: Penerbit Taujih, 2015.
Purwanto,Ngalim.Ilmu Pendidikan Toretis dan Praktis.
Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Sanjaya, Wina. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.Jakarta: Ken- cana Prenada Media Group, 2006.
Suradi,A. Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an di Ma- drasah Ibtidaiyah Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu, Jurnal Naturalistic, Volume 2, Nomor 2, 2018.
Suradi,A. Pemanfaatan Media Card Short Ayat da- lam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Pembelaja- ran Al-Qur’an di MI Nurul Huda Kota Bengkulu, Journal Publikasi Pendidikan,Volume 8, Nomor
, 2018.
Susianti, Cucu. Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini (Studi Kuasi Ekperimen Anak Usia5-6 Tahun di TK Al-Akhyar Kecamatan Wanaya- sa Kabupaten Purwakarta)” Jurnal Tesis diakses pada 3 April 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i3.3706
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.