PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ELEKTRONIK PADA MASA BDR DI SDI BORONGPA’LALA

M. Hasbi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis elektronik pada masa Belajar dari Rumah (BDR) di SDI Borongpa’lala dalam menggunakan media pembelajaran berbasis elektronik pada masa belajar dari rumah (BDR) melalui supervisi akademik. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari aspek pengembangan perencanaan, melakukan tindakan sesuai rencana, melakukan observasi terhadap perencanaan tindakan dan melakukan refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi kelas menggunakan instrumen observasi yakni alat penilaian kemampuan guru (APKG) berupa Instrument penilaian penggunaan media pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif yang diperoleh di deskripsikan dalam bentuk kata-kata atau penjelasan. Selanjutkan dilakukan komparasi data untuk memastikan ada tidaknya peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis elektronik pada masa BDR di SDI Borongpa’lala sebesar 27,4%.

 

Kata kunci: Supervisi akademik, Media Pembelajaran, belajar dari rumah, penelitian tindakan sekolah

 

 

ABSTRACT

This study aims to improve teachers competence in using electronic-based learning media during the Study from Home program at Islamic elementary school Borongpa’lala through academic supervision. This research was a School Action Research which consists of aspects of planning development, action according to the plan, observing action, and reflecting. Data collection was carried out using school observation techniques using observation instruments, namely the teacher's ability assessment tool (APKG) in the form of an assessment instrument in using learning media. The data analysis used was a comparative descriptive analysis technique. The quantitative data obtained are described in the form of explanations. Then data was compared to ensure whether there is an increase in the ability of teachers to use learning media. The results showed that academic supervision could improve the ability of teachers to use electronic-based learning media during the Study From Home program at Islamic Elementary School Borongpa'lala as much as 27.4%.

 

Keywords: Academic supervision, learning media, study from home, school action research


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Absari, S. A.N. 2020. Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Di Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus Di SMP Ya Bakii 1 Kesugihan Cilacap Tahun Pelajaran 2020/2021). Intitut Agama Islam Negeri Salatiga, Salatiga.

Alfiah, R. 2020. Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pai Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMPN 2 Katingan Hilir. Intitut Agama Islam Negeri Palangkaraya, Palangkaraya.

Aulia, L.N., Susilo & Bambang Subali. 2018. Perbandingan Model Problem Based Learning Berbantuan Edmodo terhadap Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Fluida Dinamis. Unnes Physics Education Journal. Vol 7 no 2.

Banun, S.H. 2013. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pada SMA Negeri 3 Semarang.Majalah Ilmiah Pawiyatan, (xx):4 Dalawi, Amrazi Zakso, Usman Radiana. 2012. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMP Negeri 1 Bengkayang.S2 AP, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak

Daryanto & Tasrial. 2011. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gavamedia.

Fitri, E. 2020. Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Dengan Pemberian Tugas Melalui Aplikasi Sosial Media Whatsapp Di SMK Islam Innayah Ujung Batu Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Rokania. Vol 5 No 3

Sahertian, P.A. 2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dirjen peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan.2012. Pedoman pelaksanaan kinerja guru (PK Guru). Buku 2. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gustina, D. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh bagi guru sekolah dasar pada masa new normal di sd it pondok duta. 4(74), 55–60.

Hairuddin. 2019. Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Pada SDI 4 Masbagik Utara. Jurnal Edukasi dan Sains. Vol 1 No 2.

Hamzah. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartatiek, Lilies. 2018. Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Paikem Di SD Negeri 2 Grobogan, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha. Vol 5 No 1.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.6 71

Iqbal, M. (2019). Dualism System of Higher Education in Indonesia. Thought, 29(25), 44.

Iqbal, M. (2019). Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 165-178.

Kemmis, S & MctTaggart. (1988). The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press

Parwati Santi Desak Putu, Dantes Nyoman dan Natajaya Nyoman. 2013. Implementasi Supervisi Akademik dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP pada Guru Matematika Sekolah Dasar Anggota KKG Gugus IV Kecamatan Sukasada.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan GaneshaJurusan Pendidikan Dasar (3)

Rupi’ah. 2021. Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Dengan Menerapkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Supervisi Akademik Di Sd Negeri Sidomulyo 01 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Profesi dan Keahlian Guru .Volume II Nomor 1

Saito, dkk. 2008. Peran Perpustakaan Digital di Era Global. Makalah Pelatihan Jardiknas.

Samudi. 2018. Penerapan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. Vol 1 No 1.

Sudjana, N. dkk. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, BadanPSDMdanPMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Suhertian (2000).Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta

--------- 2009. Undang-Undang Nomor 39 tahun 2009 Tentang pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan. Jakarta

---------2005. Undang-Undang RI No. 14 Th. 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i3.3626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.