METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA DALAM MENGATASI MASALAH-MASALAH SOSIAL MASYARAKAT

Dian Jelita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh langsung maupun tidak langsung dari metode pem-belajaran problem based learning dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa dan karakter peduli sosial siswa dalam mengatasi masalah-masalah sosial masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen yang menggunakan metode analisis data dengan uji statistik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan adanya tiga kesimpulan. Pertama pengaruh tak langsung lingkungan belajar (X2) terhadap motivasi belajar siswa (Y1) melalui metode pembelajaran problem based learning (X1) sebesar 31,67% dan pengaruh variabel lainnya terhadap motivasi belajar siswa (Y1) sebesar 66, 902%. Kedua terdapat pengaruh langsung dan tak langsung antara metodepembelajaran problem based learning, lingkungan belajar dan motivasi belajar siswa terhadap karakter peduli sosial siswa. Besarnya pengaruh tersebut yaitu pengaruh tak langsung lingkungan belajar (X2) terhadap karakter peduli sosial (Y2) melalui motivasi belajar siswa (Y1) sebesar 8,55%, Pengaruh total terhadap karakter peduli sosial (Y2) dari ketiga variabel metode pembelajaran problem based learning (X1), lingkungan belajar (X2) dan motivasi belajar (Y1) sebesar 20,15%, daan pengaruh variabel lain terhadap karakter peduli sosial siswa sebesar 79,85%. Ketiga terdapat pengaruh langsung dan tak langsung antara metodepembelajaran problem based learn-ing, lingkungan belajar, motivasi belajar dan karakter peduli sosial siswa terhadap terhadapsiswa mengatasi masalah-masalah sosial di masyarakat . ketiga Terdapat pengaruh langsung dan tak langsung antara metodepembelajaran problem based learn-ing, lingkungan belajar, motivasi belajar dan karakter peduli sosial siswa terhadap terhadapsiswa mengatasi masalah-masalah sosial di masyarakat besar pengaruhny yaitu pengaruh tak langsung karakter peduli sosial (Y2) terhadap siswa dalam mengatasi masalah-masalah sosial masyarakat (Z) melalui lingkungan belajar (X2) sebesar 7,91%. pengaruh total terhadap siswa dalam mengatasi masalah-masalah sosial masyarakat (Z) dari keempat variabel metode pembelajaran problem based learning (X1), lingkungan belajar (X2), motivasi belajar siswa (Y1) karakter peduli sosial siswa (Y2) sebesar 33,56% pengaruh variabel lain terhadap siswa dalam mengatasi masalah-masalah sosial masyarakat sebesar 77,6%.

Full Text:

PDF

References


Amir, Taufiq. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Member-dayakan Pemelajar Di Era Pengetahuan ( Jakarta: Kencana, 2010)

Arifin. Filsafat Pendidikan Islam. (Jakarta: Bina Ak-sara, 1995)

Asep, Jihad dan Abdul, Haris. Evaluasi Pembelajaran. (yogyakarta: Multi Pressindo, 2009)

Baharudin. DKK. Teori Belajar dan Pembelajaran (Jogjakarta: Ar-nuzz Media, 2008).

Dirjen Pendas dan Pendais RI. 2011

Hadari, Nawawi. Administrasi Sekolah. (Jakarta: Ga-lio Indonesai, 2007)

Hamalik, Oemar. Metode Belajar dan Kesulitan-kesul-itan Belajar ( Bandung: Tarsito, 2003.)

Hamzah dan Nurdin Mohammad. Belajar Dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkun-gan Kreatif Efektif Menarik (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Harahap, Partomuan. Pembelajaran Keilmuan Bahasa Arab, (Curup: LP2 Stain curup, 2011)

Isna, Norla. Panduan Menerapkan Pendidikan Berkarakter (Yogyakarta : Laksana, 2011)

Jauhar, Mohammad. Implementasi PAIKEM ( jakarta:

Prestasi Pusta karya, 2011)

Kasmad, Mamad dan Pratomo, Suko. Model-Model Pembelajaran Berbasis PAIKEM. (Tanggerang: PT Pustaka Mandiri, 2012)

Latan, Henky dan Temalagi, Selva. Analisi Multi-variate Menggunakan Program IBM SPSS 20.0 (Bandung: Alfabeta, 2013)

Majid, Abdul dan Andayani, Dian. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi ( Konsep dan Imple-mentasi Kurikulum 2004). (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005)

________Pendidikan Karakter Perspektif Islam (Band-ung: Remaja Rosdakarya, 2012)

Margono. Metode Penelitian Pendidikan: Komponen

MKDK. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Maunah, Binti. Ilmu Pendidikan ( Yogyakarta: Teras, 2009)

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekola., Madrasah dan Perguruan Tinggi (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005)

Muhtadi, Ahmad Ansor. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-Metodenya. (Yogyakarta: PT.Teras, 2009)

Mukayat, Brotowidjoyo. Metodologi Penelitian dan Penulisan Karangan Ilmiah. (Yogyakarta: Liberty, 1991)

Priyatno, Dwi, Mandiri Belajar SPSS (Yogyakarta:

Mediakom, 2008)

Riduwan dan Sunarto, Pengantar Statistika Untuk Pe-nelitian : Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekono-mi, dan Bisnis (Bandung: Alfabeta, 2009).

Riduwan, Dasar-dasar Statistika (Bandung: Alfabeta, 2010)

Rusman, Tedi.Statistik Penelitian. (Yogyakarta: Graha Ilmu 2015)

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Preneda Sanjaya, 2011)

Saroni, Muhammad. Manajemen Sekolah: Kiat Men-jadi Pendidik Yang Kompeten (Yogyakarta: Ar-Ruzh, 2006)

Santrock, Jhon. W, Psikologi Pendidikan (Jakarta:

Kencana, 2008)

Slameto. Belajar dan faktor-faktor yang mempengar-uhinya.(Jakarta: Rineka Cipta, 1998)

Sri, Narwati. Pendidikan Berkarakter (Yogyakarta :

Familia, 2011)

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung :

alfabeta, 2011)

_________Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D ( Bandung: Alfabeta, 2010)

________Metode Penelitian Administrasi (Bandung:

Alfabeta, 2005)

Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Sumadi, Suryabrata. Metodologi Penelitian (Jakarta:

Raja Grafindo Persada, 1998)

Sumantri, Muhammad Syarif. Strategi Pembelajaran

: Teori Dan Praktek Di Tingkat Pendidikan Dasar (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015)

Syah, Muhibin. Psikologi Belajar. (jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2005)

UURI.NO. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas (Band-ung : Citra Umbara)

Wena, Made.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontem-porer. (Jakarta: Bumi Aksara 2011)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i1.1891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.