KORELASI SERTIFIKASI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MADRASAH ALIYAH AL-QURANIYAH MANNA BENGKULU SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi sertifikasi guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan Tahun 2012. Sampel penelitian ini adalah siswa MA Q Bengkulu Selatan kelas XI yang berjumlah 24 orang. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggu-nakan korelasi Sederhana dan Regresi. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, bahwa korelasi sertifikasi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan Tahun 2012, dapat disimpulkan sebagai berikut : Pertama, Terdapat hubungan yang berarti antara sertifikasi guru dengan prestasi belajar siswa. Dari hasil perhitungan korelasi diperoleh koefisien korelasi antara X1 dan Y sebesar 0,098 dan persamaan regresi Y = 59,441 + 0,098. Kedua : terdapat hubungan yang berarti antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Dari hasil perhitungan korelasi diperoleh koefisien korelasi antara X2 dengan Y sebesar 0,354 dan persamaan regresi Y = 44,251+ 0,354. Ketiga : terdapat hubungan yang berarti antara sertifikasi guru dan motivasi belajar secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri dengan prestasi belajar siswa. Dari hasil perhitungan korelasi dengan menggunakan analisis regresi ganda (Mul-tiple Regression) diperoleh harga korelasi R antara X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y sebesar 0,151 dan persamaan regresi Y = 32,643 + 0,160 + 0,381.
Full Text:
PDFReferences
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Belajar Mengajar (Band-ung: Sinar Baru, 2002)
Mansur Muslich, Sertifikasi Guru Menuju Profesional-isme Pendidik (Jakarta : Bumi Aksara, 2007)
Al-Quran dan Terjemahannya, Yayasan Penyeleng-gara Penerjemah Al-Quran Dosempurnakan Oleh Lajnah Pentashih Mushaf Al-Quran (Bandung : PT Mizan Pustaka, 2009).
Al-Quran dan Terjemahannya, Yayasan Penyeleng-gara
Departemen Agama (DEPAG) RI, Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam (Jakarta : DEPAG RI, 2011)
Jama’an Satori, Dkk.,Profesi Keguruan I (Jakarta: UT-Depdiknas, 2001)
Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS), Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: DEPDIKNAS, 2003).
Uyoh Sadullah, Konsep Dasar Pedagogik. Http:// groups. yahoo. com /group/ rezervani, I (diakses pada tanggal 11 Juni 2012)
Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Bandung : PT Remaja Risda Karya, 2009)
Abudin Nata. Akidah Akhlak-I (Jakarta : Penerbit Ditjen Binbaga Islam, 1997)
Sayid Sabiq. Akidah Islam ( Surabaya : Al Ikhlas, 1996)
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i1.1890
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.