IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH MELALUI KEGIATAN MENTORING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Noveriyanto Noveriyanto

Abstract


Kemerosotan pengamalan ajaran Islam yang dilakukan para mahasiswa di Universitas Muhamamdiyah Bengkulu berdampak pada perilaku negative dan tidak efektifnya penerapan nilai-nilai akhlakul karimah yang di tuangkan dalam kegiatan mentor-ing. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis membahas tentang Implementasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Melalui Keg-iatan Mentoring Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai-nilai Akhlakul Karimah melalui kegiatan mentoring di Universitas Muhammadiyah Bengkulu, dan Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung implementasi nilai-nilai akhlakul karimah mahasiswa peserta mentoring di Universitas Muham-madiyah Bengkulu.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskiptif kualitatif.Dalam menguji keabsahan data yang diperoleh melalui beberapa sumber, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Da-lam Kegiatan Mentoring terdapat tujuh nilai akhlak yang terkandung, yaitu Nilai Religius, Nilai Toleransi, Nilai Disiplin, Nilai Kerja Keras (Ketekunan), Nilai Jujur, Nilai Menghargai, dan Nilai Tanggung Jawab. Adapun Faktor-faktor Penghambat dan Pendukung kegiatan mentoring dalam mengimplementasikan nilai-nilai akhlakul karimah mahasiswa Universitas Muhammadi-yah Bengkulu yaitu Faktor Penghambat adalah Kurangnya Penanaman nilai aqidah dan akhlak kepada mentor maupun peserta mentoring, Belum tercapainya standar kelulusan mentor, Latar belakang mentor yang bukan lulusan pesantren/pendidikan agama, Mentor hanya bersifat penyampai dan penguji tetapi kurang aktif memotivasi dalam hal ibadah, Sebagian besar kaprodi kurang memberikan dukungan besar pada kegiatan mentoring sedangkan faktor pendukung yaitu, Dukungan dan kerjasama dari Lembaga, Terpenuhinya sarana dan prasarana, dan Aktifnya kegiatan mentoring.

Full Text:

PDF

References


„Athyya al-Abrasiy Muhammad.Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj.DjoharBustani, Aghani dan Johar Bahri.Jakarta: Bulan Bintang, 1970.

Arifin, H. M. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara, 1991

Al-Ghazali, Imam.Ihya‟ Ulumuddin juz III. Semarang:

Usaha Keluarga.

Alam Lukis, Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus, Jurnal Istawa, Volume 1, Nomor 2, 2016

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Dan Praktek. Edisi Revisi V; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

AR, Zainuddin. Pengantar Ilmu Akhlak. Cet.I; Raja Grafindo Persada, 2004.

-----------------. Kapita Selekta Pendidikan: Islam dan

Umum. Cet. IV; Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2000.

-----------------. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. IV; Jakarta:

Bumi Aksara, 1996

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Dan Praktek. Edisi Revisi V; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

D. Marimba, Ahmad. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Maarif, 1962.

Darajat, Zakiah, Dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Darajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Darmin, Sudarman. Menjadi Peneliti Kualitatif. Band-ung: Pustaka Setia, 2002.

Daud Ali, Mohammad. Pendidikan Agama Islam. Ja-karta: RajaGrafindo, 1998.

Gazalba, Sidi. Sistematika Filsafat. Jakarta: Bulan Bintang, 1978.

Hambal, Imam Ahmad. Musnad Imam Ahmad Abu Hambal, Juz II. Beirut: Darul Kutub, 1413 H.

Hasbullah.Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta:

Raja Grafindo Persada, 2005.

Hidayati Nurul Rofiah, Desain Pengembangan Pem-belajaran Akidah Akhlak Di Perguruan Tinggi, Jur-nal Fenomena, Volume 8, No 1, 2016

Huberman, A. Maicel and B. Miles Mathew.Analisis Data Kualitatif, Buku SumberTentang Metode-Me-tode Baru, Penerjemah; Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992.

Humas UMB, Buku Profi Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu 2017

Kementerian Agama RI. Al-Qur‟an dan Terjemahnya.

Jakarta: Syaamil Cipta Media, 2005.

Komariah St Kokom, Model Pendidikan Nilai Moral Bagi Para Remaja Menurutt Perspektif Islam, Jur-nal Pendidikan Agama Islam -Ta‟lim Vol. 9 No. 1 - 2011

Yayasan al Ahkam 1996.

Marzuki.Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Mulia di Ka-langan Mahasiswa MelaluiPerkuliahan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum.

Moleong, Lexy.Metodologi Penelitian. Bandung:

Remaja Rosda Karya, 2002.

Muhaimin.Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan AgamaIslam di Seko-lah. Cet. II; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002

Nasution, Harun. Ensiklopedia Islam Indonesia.Cet. I; Jakarta: Djambatan, 1992.

Nawawi Ahmad, Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus, jurnal Insania Vol. 16, No. 2 - 2011

Penulis Tim, Buku Pedoman Mentoring Al Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu; Bengkulu 2015

Ruswandi Muhammad, Manajemen Mentoring ;Cet I ;Bandung, Syaamil 2007

Tim Penulis, Pedoman Standar Islami Kampus Univer-sitas Muhammadiyah Bengkulu ; Bengkulu 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i1.1889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.