PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 01 SELUMA

Nurmalis Nurmalis

Abstract


Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 01 Seluma. Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan penunjang upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 01 Seluma. Berdasarkan hasil pengumpulan dan analisis data yang telah diperoleh, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 01 Seluma antara lain: (a) Motivasi Intrinsik yaitu menjelaskan dan memberikan tujuan pembelajaran dan memberikan cerita, (b) memberi nilai, memberikan pujian, gerakan tubuh dan memberikan ulangan. Faktor pendukung dan penghambat dalam memotivasi belajar siswa di SDN 01 Seluma antara lain: (a) Faktor pendukung yaitu sarana dan prasarana yang memadai dan dukungan penuh dari orang tua. (b) Faktor penghambat yaitu: Sumber daya siswa yang rendah, kebersihan kelas kurang dijaga dan siswa cenderung pasif.

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoris dan Praktis (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)

Abu Daud, Sunan Abu Daud Juz 3-4, (Jakarta: Dar Al-Fikr, 1990)

Adnan Mahdi Mujahidin, Panduan Penelitian Praktis Untuk Menyusun Skripsi,Tesis,Desertasi, (Bandung: Alfabeta, 2014).

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002)

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (PT Rineka Cipta:Jakarta, 2006).

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktis, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014)

Muhaimin, Dkk, Paradigma Islam, (Bandung: Rosda-karya, 2001)

Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kuriku-lum 2013, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2013).

Nuni Yusvavera Syatra, Desain Relasi Efektif Guru Dan Murid, (Yogyakarta: Bukubiru, 2013)

Omar Hamalik, Proses Belajar Menagajar, (Bumi Ak-sara: jakarta, 2003).h. 157

Supardi, Kinerja Guru, (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2014)

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2013).

Zakiah Daradjat, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakar-ta: PT Bumi Aksara, 2008).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i1.1887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.