TAKLIM KELUARGA BAGI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DI KALANGAN JAMAAH TABLIG DI KOTA BENGKULU

Wahyu Hidayat

Abstract


Taklim Keluarga bagi Pendidikan Akhlak Anak di Kalangan Jamaah Tablig di Kota Bengkulu. Penelitian ini di lakukan untuk menjawab tiga permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan taklim keluarga bagi Pendidikan Akhlak Anak di kalangan Jamaah Tablig di Kota Bengkulu, (2 Bagaimana metode taklim keluarga Jamaah tablig di Kota Bengkulu, (3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kemajuan taklim keluarga bagi pendidikan akhlak anak di Kota Bengkulu. Penelitian ini meng-gunakan jenis penelitian lapangan dan dirancang dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa taklim keluarga Jamaah tablig memberikan kesan yang mendalam bagi pendidikan akhlak anak. Diantara kesan-kesannya adalah sebagai berikut: (1) Adanya Perbaikan akhlak pada anak sehingga patuh terhadap yang diperintah, (2) Adanya peningkatan keimanan pada anak terhadap Allah sehingga senantiasa taat kepada perintah Allah. (3) Adanya peningkatan prestasi anak dalam proses pembelajaran, (4) Adanya motivasi untuk menuntut ilmu agama, misalnya di Pesantren dan sekolah agama yang lain. Hasil pe-nelitian ini juga menemukan bahwa metode taklim Jamaah tablig adalah: 1. Taklim kitabi (pembacaan ayat Al-quran dan hadits –hadits nabi) 2. Muzakarah enam sifat sahabat nabi (diskusi tentang enam sifat sahabat nabi). Hasil Penelitian ini mengungkap-kan adanya dua faktor pendukung kemajuan taklim keluarga Jamaah tablig yakni Faktor Eksternal dan Internal. Sedangkan faktor penghambat bagi kemajuan taklim keluarga Jamaah tablig juga ada dua yaitu Faktor Eksternal dan Internal.

Full Text:

PDF

References


Abu Farhana, Muzakarah Dakwah Usaha Rasulullah SAW,( Jakarta, 2000)

Ahmad Munir, Tafsir Tarbawi, Mengungkap pesan al-Quran tentang pendidikan, (Yogyakarta, 2008)

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian, Yogyakarta, 2009

Bahasa, Pusat. Departemen Pendidikan Nasional, 2011

Basuki dan Miftahul Ulum, Pengantar Ilmu Pendidikan Islam (Yogyakarta: Stain Po Press, 2007)

Farhana, Abu. Muzakarah Dakwah Usaha Rasulullah SAW, Jakarta, 2000

J. Moleong, Lexy, Meodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Remaja Rosda karya, 2000)

Juwairiyah. Dasar-dasar Pendidikan anak dalam Al-Quran, Yogyakarta, 2010

Lexy, J. Meleong. Metodologi Penelitian kualitatif, Jakarta, 2000

Mohammad Shochib, Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, (Jakarta,1998)

Muhammad Zakariyya, Maulana. Himpunan Fadhilah Amal, Yogyakarta, 2006

Munir, Ahmad. Tafsir Tarbawi Mengungkap pesan Al-Quran

Nizar, Samsur. Sejarah Pendidikan Islam menelusuri Jejak Sejarah hampir Pendidikan era rasulullah

Pusat Bahasa, Departemen pendidikan Nasional, (PT. Gramedia Pustaka Utama), Jakarta 2011, h. 1380

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, (Yogyakarta: 2009)

Sampai indonesia, Jakarta, 2007

Suparlan Suhartono, Filsafat Pendidikan (Yogyakarta, 2008)

Zainuddin, Seluk-beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali, Jakarta, 1991

Zakariyya, Muhammad, Fadhilah Sedekah, Yogyakarta, 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i1.1885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.