MULTISENSORI DAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL BINA ILMU KOTA BENGKULU

Arip Widodo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara anak dan bagaimana meningkatkan keter-ampilan berbicara anak melalui kombinasi pendekatan multisensori dan multimedia di kelompok B Raudhatul Athfal Bina Ilmu Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilaku-kan dengan tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui penerapan kombinasi pendekatan multisensori dan multimedia dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini, pengucapan kata, kekayaan kosakata dan pembentukan kalimat sederhana dalam isi bicara mengalami peningkatan. Ber-dasarkan hasil pengamatan sebelum tindakan ketuntasan 20%, Siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 46,6% dan Siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal 86,6% telah mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria sangat tinggi.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Mulyono. 2012. Anak berkesulitan be-lajar teori Diagnosisi dan Remediasinya. Jakarta: PT Renika Cipta

Anas Sudijono. 2007. Pengantar Statistik Pendidikan.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aqib Zainal, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD,SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya

Chirag Patel. 2013 .“Use of Multimedia Technology in Teaching and Learning communication skill”, , Vol. 1, No. 3.

Departemen Agama Ri. 2004. Al-Quran dan Terjema-hannya. Bandung: sigma Exgrafika

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta: Gramedia Pustaka.

Dhieni. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Ja-karta: Universitas Terbuka

Gulten Kosar & Hasan Bedir. “Strategies-Based Instruc-tion: a Means of Improving Adult Efl Learners’ Speak-ing Skills.” Volume 2/3 Autumn 2014 p. 12/26.

Hurlock, Elizabeth. 2013. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi Keenam. Jakarta:Erlangga.

Ibnu Abdullah Muhammad bin Islamil Al-Bukhari. 1423 Shahih Bukhari: Juz I. Bairut: Dar Ibn Katstir

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian dan Sosial. Ja-karta: Gaung Persada Press

Jakarta: Rineka Cipta.

Kosasih. 2015. Strategi Belajar dan Pembelajaran Im-plementasi Kurikulum. Bandung: Yrama Widya Moelino Anton. 1993. Kamus Besar Bahasa Indone-

sia. Jakarta: Balai Pustaka.

Munir. 2015. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Niken Arini dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: PT Prestasi Pus-takarya.

Nurgiyantoro Burham. 2001. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Okune Rose Achola, Gudo Calleb Owino & Odongo, Benson. 2016 “Implications of Instructional mate-rials on oral skills among early childhood learners in central zone, Kisumu County, Kenya,” Vol.3

(2), pp. 20-28

Prayitno. 2003. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: Dep-dikbud.

Rahayu. 2007. Tanya Jawab Manajemen Pemasaran Kontemporer. Jakarta: Havarindo.

Soekidjo Notoatmojo. 2010. Metode Penelitian Kes-ehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Soubur. 2009. Pisikologi Umum. Bandung: CV Pus-taka Setia

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Admistrasi. Band-ung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2003). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik: Rineka Cipta

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bi-cara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Sujiono Yuliani Nurani. 2012. Konsep Dasar Pendidi-kan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Ja-karta: Bumi Aksar.

Suyadi. 2010. Pisikologi Belajar PAUD. Yogyakarta:

Pedagogia

Tarigan Henry Guntur. 2015. Berbicara Sebagai Ket-erampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2013. Perundangan Tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Wiyani Novan Ardy. 2016 Konsep Dasar PAUD. Yog-yakarta: Gava Media.

Yusuf. 2003. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Aqib Zainal. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD,SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i1.1883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.