PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IQRA’ 2 KOTA BENGKULU

Anrea Lestari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Popu-lasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan teknik pengambilan sampel secara acak (simple random sample) yang menghasilkan 40 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisa data berupa analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya enam kesimpulan. Pertama, terdapat pengaruh yang positif reward terhadap motivasi belajar siswa SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Besarnya pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa sebesar 21%. Kedua, terdapat pengaruh yang positif punishment terhadap motivasi belajar siswa SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Besarnya pengaruh punishment terhadap motivasi belajar sebe-sar 15,3%. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif reward dan punishment secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Besarnya pengaruh reward dan punishment secara simultan (bersama-sama) sebesar 25,6%. Keempat, terdapat pengaruh yang positif reward terhadap hasil belajar siswa SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Besarnya pengaruh reward terhadap hasil belajar siswa sebesar 15,2%. Kelima, terdapat pengaruh yang positif punishment terhadap hasil belajar siswa SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Besarnya pengaruh punishment terhadap hasil belajar siswa sebesar 12,5%. Keenam, terdapat pengaruh yang positif reward dan punishment secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Besarnya pengaruh reward dan punishment secara simultan (bersama-sama) sebesar 23,8%.

Full Text:

PDF

References


Abu Muhammad Iqbal, Konsep Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, (Madiun: Jaya Star Nine, 2013)

Achmad Rifa’i dan Catharina Tri Anni, Psikologi Pen-didikan (Semarang: UNNES Press, 2012)

Aitao Lu, 2013. Effects of Reward and Punishment on Conflict Processing: Same or Different?. Inter-natioanl Journal of Psychological Studies. Vol.5, No. 1; 2013.

Amir Daien Indrakusuma,Pengantar Ilmu Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional,tt)

Anita Woolfolk, Educational Psychology Active Learn-ing Edition, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)

Asri Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta:

Rineka Cipta, 2005)

Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran Landasan

& Aplikasinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008) Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahan,

(Bandung: Syamil Al-Qur’an)

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta Balai Pustaka, t.t), Edisi II, hlm.360

Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak, Edisi VI (terj.) Med Meitasari Tjandrasa, (Jakarta: Erlangga, t.t),

Emile Durkheim, Alih Bahasa Lukas Ginting, Pendidi-kan Moral Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan, (Jakarta: Erlangga)

Indra Kusumah, Keajaiban Motivasi: Rahasia Sukses Sang Juara (Bandung: Salamadani, 2011)

Keke T Aritonang, Minat dan Motivasi dalam Menin-gkatkan Hasil Belajar Siswa, (Jurnal Pendidikan Penarbur, 2008)

Lidwa Pustaka I-Sofware, Kitab 9 Imam Hadist, BAB Keutamaan ulama dan dorongan untuk menuntut ilmu, No hadist: 220

M Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)

M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2012)

Mallary M Collins. dan Don H. Fontenelle. 1992. Men-gubah Perilaku Siswa Pendekatan Positif. Tersedia di www.books.google.com

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Menga-jar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001)

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran. (Ja-karta: Bumi Aksara, 2011)

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta:

Bumi Aksara, 2013)

Robert E. Slavin, Psikologi Pendidikan: Teori dan

Praktik, (Jakarta: Indeks, 2008)

Sardiman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Menga-jar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002)

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengar-uhinya. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Sri Esti Wuryani Djiwandono,Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Gramedia, 2009)

Sugihartono dkk., Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta:

UNY Press, 2007)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendeka-tan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Syaiful Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Inter-aksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)

Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran. (Bandung: Alfabeta, 2010)

Trimanjuniarso, Teori Belajar Behavioristik, (Triman-juniarso.wordpress.com Diakses 14 Mei 2018)

WS. Winkel, Psikologi Pengajaran, (Jakarta: Grasindo, 1991)

Yudhi Munadi, Media Pembelajaran Sebuah Pendeka-tan Baru. (Jakarta : GaungPersada Press. 2012)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i1.1882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.