PENGARUH TAHFIDZ DAN QIRO’ATI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM “AL HASANAH” KOTA BENGKULU

Iwan Kurniawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program yayasan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, mengetahui pengaruh program Tahfidz terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam, dan mengetahui pengaruh metode Qiro’ati terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al Hasanah Kota Bengkulu. Me-tode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non-eksperimental. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan komputer program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara program yayasan yang diterapkan di SMP Islam Al Hasanah Kota Bengkulu yaitu program Tahfidz dan metode Qiro’ati terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Dari hasil pengujian hipotesis di atas yaitu uji F, dan uji koefisien determinasi bahwa variabel program yayasan (X) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam
(Y). Kontribusi yang diberikan oleh variabel program yayasan (X) terhadap variabel peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (Y) hanya sebesar 0.1% yang ditandai dengan nilai koefisien determinan sebesar 0.1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara program yayasan yang diterapkan di SMP Islam Al Hasanah Kota Bengkulu yaitu program Tahfidz dan metode Qiro’ati terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al Hasanah Kota Bengkulu.


Full Text:

PDF

References


Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Konsep Pen-didikan dalam Islam. (Jakarta: Mizan, 1984).

Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam; Upa-ya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Cet. I. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006).

Anonim. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III.

(Jakarta: Balai Pustaka, 1991).

Arifin, H. M. Pendidikan Islam Dalam Arus Di-namika Masyarakat. (Jakarta: Golden Pers. 1991).

Arifin, H. M. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdi-sipliner. (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002).

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010).

Depdiknas. Bunga Rampai Keberhasilan Guru da-lam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). (Jakarta: Depdiknas, 2006).

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran.

(Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009).

Henky dan Selva. Analisis Multivariate Menggu-nakan Program IBM SPSS 20.0. (Bandung:Alfabeta, 2013).

Muhaimin dan Abdul Mujib. Pemikiran Pendidi-kan Islam. (Bandung: Trigenda Karya. 1993).

Nana, Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Men-gajar. (Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya, 2010).

Prayitno,Duwi. SPSS Handbook Analisis Data, Olah Data dan Penyelesaian Kasus-kasus Statisktik (Yogyakarta: Mediakom, 2016).

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Pe-nelitian, (Bandung: Alfabeta, 2015).

Routledge. Key Wood Education The Basics. New York: Routledge. 2011.

Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Kom-puter Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. (Bandung: ALFABETA, 2012).

Sugihartono, dkk, Psikologi Pendidikan, (Yogya-karta: UNY pers, 2007).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i1.1881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.