PEMBINAAN SISWA BERPERILAKU NAKAL OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMAN 10 KOTA BENGKULU

Iga Ilawana

Abstract


Berdasarkan hasil pengamatan penelitian menunjukkan bahwa pembinaan siswa berperilaku nakal oleh guru pendidikan agama islam dan guru bimbingan konseling berupa: 1. pembinaan secara individu, yakni: arahan serta nasehat berupa pe-nyuluhan sesuai dengan perilaku nakal siswa, pendekatan disesuiakan dengan karakter anak, membuat makalah atu artikel yang berkaitan dengan perilaku nakalnya, pembinaan dan pengarahan, sanksi kredit poin, dipanggil orang tuanya sampai 1, 2, 3, kali, ancaman dan membuat surat pernyataan atau perjanjian, jika benar-benar tidak bisa dibina dan kredit poinnya sudah melebihi batas, maka dikembalikan kepada oarang tuanya. 2. pembinaan secara kerjasama, yaitu: pendekatan dilakukan sesuai dengan karakter anak, berkoordinasi dengan guru bidang study, guru piket, wali kelas, untuk mengarahkan dan mengontrol sholat zdhur dan duhah berjama’ah, rolling mengontrol kegiatan rohis, membahas masalah atau kasus sesuai dengan bidang-nya masing-masing serta penaggulangannya, setelah itu berkoordinasi membagi tugas dan tanggung jawab, kolaborasi men-genai perubahan perilaku anak serta pemberian penilaian aspek sikap, berkerjasama dengan semua guru namun kerjasama dikhususkan dengan guru PKN karena berkaitan dengan moral, dan guru agama berhubungan dengan akhlak, musyawarah dewan guru dan dikembalikan kepada orang tua jika memang benar-benar tidak bisa dibina lagi disekolah.

Full Text:

PDF

References


A, Ahmadi, Dan W, Supriyono, Psikologi Belajar, Jakata: Rineka Cipta, 2004

A.Taufik dan M.Rohmadi, Pendidikan Agama Islam, Surakarta: Yuma Pustaka, 2011

Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis Dan Praktis, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Buchari Alma, DKK, Moral dan Kognisi Islam, Band-ung: Alfabeta, 2009

Departemen Agama RI, Penterjemah atau Pentafsir Al-Qur’an, Jakarta: 1998

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010

Daryanto, Inovasi Pembelajaran Efektif, Bandung:

Yrama Widya, 2013, Cet, 2

Jhon W. Creswell, Research Design Pendekatan Kuali-tatif, Kuantitatif Dan Mixed, Pustaka Pelajar, Ed, 3

John Mcleod, Pengantar Konseling, Jakarta: Prenada Media Group, 2008, ed, 3

Muhaimin, Strategi Belajar Mengajar Penerapanda-lamPendidikan Agama, Surabaya: Citra Media, 1996

Mamat Supriatna, Bimbingan Dan Konseling, Jakarta:

Grafindo Persada, 2011

Moh Ali dan Moh Asrori, Psikologi Remaja, Pontianak:

Bumi Aksara, 2012

Muhaimin, Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012, Cet, 5

Musria Nating, Deskripsi Tentang Prilaku Nakal Siswa,Artikel Diakses Pada 02 Januari 2017 Dari Http://Awandcyber4rt.Blogspot.Co.Id/2012/04/ Pengertian-Kenakalan-Remaja-Beserta.Html

Muzayyin Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Ja-karta: Bumi Aksara, 2003

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2003.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda-karya, 2009,cet.5

Prayitno dan Erman Amti, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Rusyidi Sulaiman Dan M. Holid, Pengantar Metod-ologi Penelitian Dasar,

Surabaya: Elkaf, IAIN Nurul Jadid

Ramayulis, Pengantar Ilmu Pendidikan, Padang: The Minangkabau Pondation Pres, 2004

Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Dan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta.

Supardi, Sekolah Efektif, Jakarta: Rajagrafindo Per-sada, 2013

Seminar, Antisipasi Kenakalan Remaja Sebagai Dampak Globalisasi Informasi, Penelitian Pada SMP/Mts, Se-Kota Bengkulu,19-03-2012

Sudarwan Danim, Menjadi Peneliti Kualitatif, Band-ung: Pustaka Setia, 2002

Sarlito Wirawan S, Psikologi Remaja, Jakarta: Rajag-rafindo Persada, 1997

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Jakarta:

Rhineka Cipta, 2002

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung:

Alfabeta, 2014

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Band-ung: Alfabeta, 2007

UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokus Media, 2003

Zakiyah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:

Bumi Aksara, 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i1.1879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.