STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNGJAWAB SISWA- SISWI DI MAN 2 KOTA BENGKULU

Yusminiarti Yusminiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Akidah Akhlak Dalam pembentukan
Karakter Disiplin dan Tanggungjawab Siswa-Siswi Di MAN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomenologis yang merupakan sebuah pendekatan logika-logika serta teori-teori yang
sesuai dengan lapangan. penelitian ini lebih memfokuskan pada ruang lingkup masalah penelitian yang bertumpu pada studi tentang
Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Akidah Akhlak Dalam pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggungjawab SiswaSiswi

Di MAN 2 Kota Bengkulu. Data penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. data yang
terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yang mengacu pada analisis data secara induksi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa : Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Akidah Akhlak Dalam pembentukan Karakter Disiplin dan
Tanggung jawab Siswa-Siswi Di MAN 2 Kota Bengkulu di lakukan dengan memberikan perhatian yang lebih ketika ada waktu
senggang dan memaksimalkan waktu itu sehingga pertemuan itu menjadi berkualitas bagi siswa Diantaranya Strategi pembiasaan ada
beberapa strategi pengalaman, keteladanan, rasional, emosional dan faktor pendukungnya adalah adanya motivasi dan kerjasama
yang baik pihak sekolah degan orang tua, adanya komitmen bersama, ketersediaan fasilitas untuk penunjang proses pembelajaran
lebih baik. Faktor penghambat adalah latarbelakang siswa yang berbeda-beda, kurangnya kesadaran dari siswa, bawaan atau fitrah
manusia, lingkungan dalam pergaulan.


Full Text:

PDF

References


Abdul Rachman Shaleh, Pendidikan Agama dan Keagamaan, Jakarta:Gemawindu Pancaperkasa, 2000

Ali L. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1996 Al-Qur’an dan Terjemahnya, Departemen Agama RI Revisi Tahun 2006

Andayani Dian dan Abdul Majid. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosda-karya, 2011

Anselm, Juliet Corbin. Dasar-dasar Penelitian Kualitif. Jakarta. Pusaka pelajar. 2009

Arif, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat pers, 2002

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 1992

Aunillah, Nurla Isna. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogjakarta: Laksana, 2013

zwar, Saefudin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1998

Bisri, Mukti Abdul, Jamaluddin (ed.), Review kurikulum Pendidikan Agama di Sekolah, Jakarta, Logos Wacana Ilmu: 2003

Bungin, Managemen Penelitian Tindakan Kelas. Angkasa Raya.

Jakarta. Tahun 2007

Dahlan & fius. Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola. 1994

Darmiyati Zuchdi, et, all., Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah, Yogyakarta: CV Multi Presindo, 2013.

Daryanto, Inovasi Pembelajaran Efektif, Bandung: Yrama Widya, 2013

Departemen Agama RI, Al Quran dan Terjemahnya, Bandung: CV. Penerbit J-ART, 2005

Dewi, Strategi pembelajaran pada mata pelajaran akidak akhlak dalam pembinaan karakter reli-gius siswa di MTs.N Donomulyo Malang. Malang: Skripsi Fakultas PAI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2015

Dharma Kesuma, et. all., Pendidikan Karakter “Kajian Teori dan Praktik di Sekolah” Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011

Diakses dari http://guruberbagirasa.blogspot.com/05/pengertian-pendidikan-karakter-proses.html. Rabu 1 Maret 2017, Pukul 10.00 wib.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, UndangUndang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, Jakarta: Departemen Agama RI, 2006

Djamarah marah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka

Cipta. 2002

Farhan, Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlakul Karimah siswa SMA Negeri Marga Baru Kab. Musi Rawas Tahun 2016. Bengkulu: Program Pascasarjana IAIN Bengkulu, 2016.

Hamalik, Oemar. Metode Belajar dan Kesulitan Kesulitan Belajar.

Bandung: Tearsito. 1999

Hidayatullah, M. Furqon. Pendidikan Karakter: Membangun

Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka. 2010

Jalaluddin Al-Suyuti, Jami’us Shogir Surabaya: Dar-Al

Nasyr Al Mishriyah, 1992

Kesuma Dharma, et. all., Pendidikan Karakter “Ka-jian

Teori dan Praktik di Sekolah” Bandung: PT Remaja

Rosdakarya, 2011

Lexi. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta. Grafindo Persada. 2004

Mahmud Yunus, Metodik khusus Pendidikan Agama, Jakarta:Hidakarya agung, 1999

Masnida, Strategi pembentukan karakter peserta didik di SD IT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Bengkulu: Tesis Pascasarjana IAIN Bengkulu, 2014

Masri S dan Sofian Effendi, Membina Hubungan Yang Komunikatf. Tiga Serangkai. Jakarta, Tahun 1995

Meleong, Metode Peneliian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 1995

Moh. Shocib, Pola Asuh Orang tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Muhaimin dkk, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Citra Media, 1996

Muhaimin, et. al, Paradigma pendidikan Islam, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2004

Muhammad Zaini, Pengembangan Kurikulum “Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi” Yog-yakarta: Teras, 2009

Novan Ardy Wiyani, Konsep, Praktik, dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013), Cet Oteng Sutisna. Administrasi Pendidikan, Bandung: Amgkasa, 1989

Rosihon Anwar, Akidah Akhlak, Bandung:Pustaka Setia, 2008

Rusdianto, (ed.), Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogjakarta: DIVA Press, 2012

Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran Jakarta: Kencana, 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i2.1864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.