STUDI KOMPARASI MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN PADA PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN DAN PONDOK PESANTREN HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU
Abstract
Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin dan Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah adalah dua pondok pesantren salafiyah yang
terdapat di Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan manajemen kurikulum pembelajaran antara
Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin dan Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu, yang terfokus pada proses
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum pembelajaran di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin dan Pondok Pesantren
Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menda-patkan data yang
lengkap dan mendalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang difokuskan pada satu fenomena tertentu. Dalam
penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis melakukan wawancara
dengan Pimpinan, Sekretaris, dan 3 (tiga) orang guru di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin, serta wawancara dengan Pimpinan,
Sekretaris, dan 3 (tiga) orang guru di Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa
terdapat persamaan dalam penerapan manajemen kurikulum pembelajaran antara kedua pondok pesantren salafiyah tersebut, baik
pada proses perencanaan kurikulum, proses pelaksanaan kurikulum, dan proses penilaian/evaluasi kurikulum pembelajaran. Akan
tetapi, perbedaan antara kedua pondok pesantren salafiyah tersebut terletak pada pelaksanaan proses pembelajaran para santriwati
tingkat ulya/aliyah di Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu, yang dalam proses pembelajarannya para santriwati
belajar dengan kurikulum pondok pesantren salafiyah (non formal) dan kurikulum madrasah aliyah dari pemerintah (formal).
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algasindo, 2000.
Bafadal, Ibrahim, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Jakarta : Bumi Aksara, 2003.
Darmansyah, Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor, Jakarta : Bumi Aksara, 2010.
Departemen Agama RI, Al Quran dan Terjemahan, Madinatul Munawaroh : 2002.
Departemen Agama RI, Pembakuan Sarana Pendidikan, Jakarta : Direktorat Pendidikan Keagamaan Dan Pondok Pesantren, 2005.
Departemen Agama RI, Pengembangan Pendidikan Kesetaraan Di Pondok Pesantren, Jakarta : Direktorat Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren, 2008.
Departemen Agama RI, Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Pada Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Wustha, Jakarta : Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, 2009.
Fadjar, Malik, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta :Fajar Dunia, 1999.
Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung
: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara, 2003.
Hamiyah, Nur, & Jauhar, Mohammad, Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta : Prestasi Pustaka, 2015.
Haryono, Manajemen Pondok Pesantren Salaf Dan Khalaf (Studi Komparatif Terhadap Pengelolaan Pondok Pesantren At Tauhidiyyah Giren Dan Pondok Pesantren Daaru Ulil Albab Kedungkelor Kabupaten Tegal), Cirebon : IAIN Syekh Nurjati, 2012.
Imron, Ali, dkk, Manajemen Pendidikan, Malang : Universitas Negeri Malang, 2003.
Iskandarwassid & Sunendar, Dadang, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung : Remaja Rosda karya, 2009.
Jamali, Kaum Santri dan Tantangan Kontemporer, Bandung : Pustaka Hidayah, 1999.
Khaeruddin & Junaedi, Mahfud, KTSP : Konsep dan Implementasinya di Madrasah, Yogyakarta : Pilar Media, 2007.
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011.
Marno dan Suprianto, Triyo, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung : Refika Aditama, 2008.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif,
Bandung: Rosdakarya, 2010.
Mufarokah, Anissatul, Strategi Belajar-Mengajar, Yogyakarta : Teras, 2009.
Mujib, Abdul dan Mudzakkir, Jusuf, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2008.
Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
Munawwar, Abdul, Belajar Dari Keajegan Proses Pembelajaran Di Pesantren, seri XI, Cirebon : Lectur STAIN Cirebon, 2001.
Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2009.
Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Grup, 2006.
Saridjo, Marwan, dkk, Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia, Jakarta : Dharma Bakti, 1979.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan Kesepuluh, Bandung :Alfabeta, 2010.
Sukmadinata, Nana Saodih, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Jakarta : PT Rosda Karya Remaja, 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i2.1863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.