UPAYA KASI PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN ISLAM DALAM PEMBINAAN KINERJA PENGAWAS PAI DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KAUR
Abstract
Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa: 1. Upaya Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam dalam Pembinaan Kinerja
Pengawas Pendidikan Agama Islam di Kementerian Agama Kabupaten Kaur: a) Berupaya untuk kegiatan pembinaan kinerja
pengawas Pendidikan Agama Islam agar dimasukkan kedalam anggaran biaya. b) Berupaya untuk Monitoring dan evaluasi Pengawas
Pendidikan Agama Islam harus dilakukan secara berkala dan bila perlu kedepan diterapkan sistem reward prestasi kerja. c)
memprogramkan secara rutin kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang peningkatan kompetensi akademik pengawas yang profesional.
d) mendorong dan memfasilitasi pengawas untuk berpartisipasi dalam kegiatan kepengawasan.
e) Pengawas Pendidikan Agama Islam wajib absensi sidik jari di Kantor Urusan Agama terdekat. f) Setiap satu minggu sekali
pengawas Pendidikan Agama Islam Wajib memberikan laporan kepengawasan. g) Pada saat Dua bulan sekali memberikan pembinaan
kepada pengawas Pendidikan Agama Islam untuk memantau perkembangan dan kendala dalam pembelajaran guru Pendidikan Agama
Islam di sekolah. 2. Faktor Penghambat Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam dalam pembinaan kinerja pengawas
Pendidikan Agama Islam di Kementerian Agama Kabupaten Kaur: a) Pengawas Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Kaur masih
kurang, Jumlah Pengawas Pendidikan Agama Islam dua orang sedangkan jumlah sekolah untuk diawasi 152 sekolah. b) Tidak ada
anggaran dana untuk Sarana dan prasarana dalam pembinaan kinerja pengawas diantaranya tidak adanya kendaraan motor dinas dan
ruangan khusus pengawas Pendidikan Agama Islam sehingga kurangnya kesadaran akan fungsi, tugas pokok, wewenang dan tanggung
jawab dalam melaksanakan kinerja pengawas Pendidikan Agama Islam.
References
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran (Bandung: PT Rosdakarya, 2005)
Abdul Majid dan Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2006)
Andi Prastowo, Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. (Jogjakarta: Diva Press, 2010)
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992)
Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian. (Yogyakarta:TERAS, 2009)
Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan (Bandung: PT Almaarif, 2006)
Arikunto Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
Arikunto, Suharsimi & Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2008)
Binti Mauanah, Supervisi Pendidikan Islam; Teori dan Praktik (Yogyakarta: TERAS, 2009).
Carl D. Glickman, dkk. Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach, (Boston: Pearson Education, 2004)
DEPAG RI, Profesionalisme Pengawas Pendidikan Agama Islam (Jakarta: DIRJEND Kelembagaan Agama Islam, 2004)
DEPAG RI, Pedoman Rekrutmen Calon Pengawas (Jakarta: DIRJEND Kelembagaan Agama Islam, 2004)
Departemen Agama RI, Pedoman Pelaksanaan Supervisi Pendidikan, (Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Pada Sekolah Umum, Jakarta, 2000)
Dadang Suhardan, Supervisi Proesional dan Layanan dalam Meningkatkan mutu Pembelajaran Pembelajaran di Era Otonomi (Bandung: Alfa-beta, 2010)
E.Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2011)
Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung: PT Rosdakarya, 2008)
Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidiikan Nasional di Indonesia (Jakarta: Kencana, 2006)
Hadi Suprayogi, upaya peningkatan kompetensi guru pendidikan agama islam di mts da’watul khoir kertosono nganjuk.( Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah UIN Malang, 2009)
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i2.1861
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.