KETERLIBATAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU MANAJEMEN KURIKULUM DI SMPN 2 KOTA BENGKULU
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlibatan guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu manajemen
kurikulum di SMPN 2 Kota Bengkulu, mengetahui implementasi pengembangan dan peningkatan mutu manaje-men kurikulum di
SMPN 2 Kota Bengkulu, dan mengetahui kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam men-ingkatkan mutu
manajemen kurikulum di SMPN 2 Kota Bengkulu. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang
kurikulum, guru-guru PAI, dokumentasi dan literatur yang berkaitan dengan peningkatan mutu manaje-men kurikulum di SMPN 2
Kota Bengkulu, sedangkan metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data disajikan dalam bentuk kata-kata bukan angka yang
mengacu pada reduksi data atau displai data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya
keterlibatan Guru PAI dalam meningkatkan mutu manajemen kurikulum dengan berdasarkan konsep-konsep pengembangan kurikulum
yang meliputi prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dan asas-asas pengembangan kurikulum. Prinsip pengembangan kurikulum
terdiri dari berorientasi pada tujuan, relevansi, efisien dan efektif, fleksibel (keluwesan), berkesinambungan (kontinuitas), terpadu,
bermutu, serta berdasaskan falsafah bangsa, psikologis dan sosiologis. Serta implementasi pengembangan kurikulum terdiri dari
program tahunan, proggram semester, silabus, RPP dan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).
Full Text:
PDFReferences
Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Kencan iPrenada Media Group, 2010.
Ahmad Ali Riyadi, Manajemen Mutu Pendidikan, Jogjakarta: IRCiSoD, 2007.
Ahmad Al-Musthafa Al-Maraghi, Terjemahan Tafsir AlMaraghi, Juz IV, Terj. Bahrun Abu Bakar, Semarang: Toha Putra, 1993
Ahmad Salim, Pengertian Pendiidkan, dalam website http:// fatamorgana Wordpress.com. pengertian-pendidikan / di akses
pada hari senin 5 desember 2016
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda karya,1994.
Andi Prastowo, Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Jogjakarta: ArRuzz Media, 2012.
Ara Hidayat dan Imam Machali, Pengelolaan Pendidikan, Bandung:
Pustaka Educa, 2012.
Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011
Arikunto, Suharsismi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Bima Aksara, 1989.
A. Muri Yusuf, Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1986.
Baharuddin dan Muh.Makin, Pendidikan Humanistik (Konsep, Teori, dan Aplikasi Prakts dalam Dunia Pendidikan), Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Drajat Suharno, Metodologi Penelitian dan Penulisan Laporan Ilmiah, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1993.
Dudung Abdurrahman, Pengantar Metode Penelitian Sejarah, Yogyakarta: Galang Press, 2000.
Edward, Sallis, Total Quality Management, terj., Ahmad Ali Riyadi, Yogyakarta: Ircisod. 2006.
Haryono, Komparasi Implementasi Kurikulum KTSP dan Kurikulum Tahun 2013 Mata Pelajaran PAI SMKN 1 Batiknau Bengkulu Utara, Tesis Program PascaSarjana IAIN Bengkulu.
Husaini Usman, Peran Baru Administrasi Pendidikan dan Sistem Sentralistik Menuju Sistem Desentralistik dalam jurnal Ilmu Pendidikan, Februari 2001, jilid 8 nomor 1.
Lexi J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.
Marno, Triyo Supriyatno, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung:Refika Aditama, 2008
M. Toha, Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta Rajawali Press, 1999.
M. Toha, Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: BumiAksara, 2006.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi,
Jakarta: Rajawali Press, 2009.
Muhaimin, Strategi Belajar Mengajar (Penerapan dalam Pendidikan Agama), Surabaya: Citra Me-dia, 1996.
Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya,1999.
Nazarudin, Manajemen Pembelajaran, Yogyakarta: Teras, 2007
Nazarudin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah , Bandung: Rosdakarya, 2002
Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda karya, 1994.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendiidkan Agama Pada Sekolah Pasal 13.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006 (tentang standar isi) dan Peraturan Mendiknas No.
tahun 2006 (tentang standar kompetensi lulusan) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 , Standar Nasional Pendidikan, ( Pasal 91) Bandung: Fokusindo Mandiri, 2012
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Bandung : Fokusindo Mandiri, 2012.
Permen Diknas, Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Lihat juga dalam Lampiran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PAI SMP.
Prastowo, Andi, Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, ( Jogja-karta: ArRuzz Media, 2012).
Prim Masrokan Mutohar, Manajemen Mutu Sekolah Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lemabaga Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Purwandi, Manajemen Pengembangan Kurikulum Di Madrasah Tsnawiyah Al- Quraniyah Manna Bengkulu Selatan, Tesis program Pascasarjana STAIN Bengkulu 2011.
Rohiat, Manajemen Sekolah, Bandung: Refika Aditama, 2010.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i1.1855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.