PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI GURU PAI DI SEKOLAH TERPENCIL PADA SDN 106 SELUMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi pengawas pendidikan agama Islam bagi guru PAI di sekolah
terpencil pada SDN 106 Seluma, faktor-faktor yang mempengaruhinya dan solusinya.Jenis penelitian ini adalah pene-litian kualitatif,
metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek
penelitian ini yaitu pengawas PAI, kepala sekolah dan guru pendidikan agama islam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
pelaksanaan supervisi pengawas pendidikan agama Islam bagi guru PAI di sekolah terpencil kecamatan Sukaraja kabupaten Seluma
belum terlaksana. Pelaksanaan supervisi bagi guru PAI dilaksanakan oleh kepala sekolah yang dilakukan 2 kali dalam 1 tahun ajaran
yaitu pada semester 1 dan semester 2.Adapun faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi pengawas pendidikan agama Islam
bagi guru PAI di sekolah terpencil kecamatan Sukaraja kabupaten Seluma dian-taranya adalah jarak tempuh yang jayuh, jalan yang
sulit ditempuh karena licin dan berlumpur pada waktu hujan dan berbukit serta kurangnya pengawas PAI karena banyak pengawas
yang sudah tua dan pensiun yang belum ada penggantinya.Adapun solusi yang diiberikan adalah antara lain hendanya antara
pengawas dengan kepala sekolah hendaknya menjalin kerjasama, sehingga supervisi pengawas pendidikan agama Islam bagi guru
PAI dapat dilaksanakan.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Ahwan, Dimensi Etika Belajar Mengajar dalam Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Gama Media, 2010)
DaninSudarwan, Inivasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, (Bandung CV.Pustaka Setia, 2007)
Depag RI, Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi, (Jakarta: Depag, 2004)
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga), (Jakarta: Balai Pustaka, 2008)
Depertemen Agama RI, Himpunan perundang-undangan Tentang Pendidikan Nasional Perguruan Agama Islam, (Jakarta:DirjenBinbaga Islam ,1999)
HasanBasri, Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2009)
Kementerian Agama RI, Pedoman Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah, (Jakarta: Ke-menag RI, 2012)
Kementerian RI, Pedoman Pelaksanaan Tugas Pengawas Pendidikan Agama Islam, (Jakarta:Dirjen Pendis,2010 )
LexyjMoleong, Metode Pendekatan Kualitatif, (Bandung: Remaja
Rosda Karya,2001)
Muhammad Ali, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2008)
MuhibbinSyah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosda karya, 2010)
Muslim Banun Sri, Supervisi pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, (Mataram: Alfabetha, 2010 )
________________, Supervisi pendidikan Meningkatkan
Kualitas Profesionalisme Guru, (Mataram: Alfabetha, 2010 )
Nana Sujana, Kompetensi kualifikasi dan Sertifikasi Pengawas Satuan Pendidikan, (Jakarta: Depertemen Nasional, 2006)
PetrusSarjono,Supervisi Demokratis Pendidikan di SM (Jakarta:Direktoratdikmenum, 1994 )
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2013)
S.Nasution,MA, Metode research, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i1.1851
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.