PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman mengajar dan supervisi akademik kepala sekolah terh-adap
kompetensi pedagogik guru PAI pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bengkulu Selatan baik secara sendiri-sendiri maupun
simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survey, popu-lasi penelitian
terdiri dari seluruh guru pendidikan agama islam dan guru bahasa arab (serumpun) baik Pegawai Negeri mau-pun yang honorer
pada Sekolah Menengah Atas yang berjumlah 10 di Kabupaten Bengkulu Selatan dengan jumlah guru 36 orang. Hasil penelitian
diperoleh adanya pengaruh pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 1,319, pengaruh supervisi akademik
kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 2,228 dan secara bersama-sama antara variabel pengalaman mengajar
dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik sebesar 0,087 maka dapat disimpulkan bahwa 1). Semakin
banyak pengalaman mengajar akan mengakibatkan semakin tinggi kompetensi pedagogik guru 2). Semakin tinggi supervisi akademik
yang dilakukan kepala sekolah maka akan mengakibatkan semakin tinggi kompetensi pedagogik guru dan 3). Semakin banyak
pengalaman mengajar dan supervisi akademik kepala sekolah akan mengakibatkan semakin tinggi kompetensi pedagogik guru.
Full Text:
PDFReferences
Storage.jak.stik.ac.id/Produk Hukum/Pendidikan/Permen 16
Uswatun Khasanah, “Pengaruh Kompetensi Mengajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sebapo Kecamatan Mesteng Kabupaten Muaro Jambi” (Skripsi SI, Fakultas Tarbiyah, IAIN, 2008), Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, Komaruddin, Kamus Istilah KaryaIlmiah (Jakarta: BumiAksara, 2000)
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian (Jakarta: RinekaCipta, 2007)
Ardi Al-Maqassary, “Pengertian Pengalaman Mengajar” artikel di aksespada 1 Januari 2017 dariwww.ejurnal.com/.../pengertian-pengalaman mengajar.
NuriaHartati,“Pengaruh Pengalaman Mengajar Guru terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 5 Bengkulu Selatan,” (Skripsi S1, FakultasTarbiyah,
STIT AL Quraniyah Manna, 2013)
T.Hani Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia (Yogyakarta: BPFE, 2003)
Syahrul, “Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan
Hasil Penilaian Kinerja Guru PAI di SMPN Kota Bengkulu,”(TesisS2, FakultasTarbiyah, IAIN, 2015)
Abdullah Munir, Menjadi Kepala Sekolah Efektif (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010)
Muhammad Nuraini, “Pengaruh Supervisi Akademik dan Iklim Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI SD di Kota Bengkulu,” (Tesis S2, Tarbiyah, IAIN)
Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (Bandung: Alfabeta 2009)
Piet A. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan (Jakarta : Rineka Cipta, 2008)
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i1.1846
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.