PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PAI DAN KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI SD DI WILAYAH I KABUPATEN REJANG LEBONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik, kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) baik secara sendiri
maupun simultan terhadap kompetensi profesional guru PAI SD di Wilayah I Kabupaten Rejang Lebong. Dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif, populasinya sebanyak 73 guru PAI dan sampel sejumlah 42 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, angket dan dokumentasi. Setelah dianalisis dengan regresi berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan secara parsial antara supervisi akademik terhadap kompetensi profe-sional guru dengan nilai t hitung
sebesar 2,204. Pengaruh KKG terhadap kompetensi profesional guru secara parsial ditunjuk-kan t hitung sebesar 2,125 dan secara
bersama-sama supervisi akademik dan kegiatan KKG memberikan kontribusi sebesar 29,5 %. Kesimpulan dalam penelitian ini
adalah: (1) semakin tinggi supervisi akademik akan mengakibatkan semakin tinggi kompetensi profesional guru; (2) semakin tinggi
kegiatan KKG akan mengakibatkan semakin tinggi kompetensi profesional guru; dan (3) semakin tinggi supervisi akademik dan
kegiatan KKG akan mengakibatkan semakin tinggi kompetensi profesional guru.
Full Text:
PDFReferences
A. Sahertian, Piet, Konsep dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2008.
Arikunto, Suharsimi dan Yuliana, Lia, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2009.Banun Muslim, Sri, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta, 2010.
Dananjaya, Utomo , Media Pembelajaran Aktif, Bandung:Nuansa, 2010
Diat Prasojo, Lantjip dan Sudiyono, Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media, 2011.
H. Makawimbang, Jerry, Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011.
Istiqomah dan Sulthon, Muhammad ,Sukses Uji Kompetensi Guru, Malang : Dunia Cerdas, 2013.
Kadir Masaong, Abd., Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung : Alfabeta, 2013.
Maunah, Binti, Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktik (Yogyakarta: Teras, 2009.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Pasal 16 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas PAI pada Sekolah Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2
Tahun 2012 Rambu-rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP Departemen Pendidikan Nasional 2009 Sumiati dan Asra,
Metode Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2012.
Undang-Undang Republik Iindonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i1.1845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.