PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 65 SELUMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam terhadap
prestasi belajar siswa di SD Negeri 65 Seluma. Sesuai dengan masalah yang dikaji, makapenelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain non eksperimen,berarti peneliti tidak mengadakan perlakuan terhadap subyek penelitian melainkanmengkaji
fakta-fakta yang telah terjadi dan dialami oleh subjek penelitian.Hasil penelitian adalah 1) Terdapat pen-garuh yang berarti supervisi
kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa, pada taraf signifikan α = 0,05. Dikatakan berarti karena hasil perhitungan tersebut
didapat koefisien korelasi. Diperoleh koefisiens determinasinya (R Squere) sebesar 0,307. 2) Terdapat pengaruh yang berarti
kompetensi guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa, pada taraf signifikan
α = 0,05. 3) Terdapat pengaruh supervisi kepala sekolah dan kompetensi guru pendidikan agama Islamyang cukup terhadap prestasi
belajar siswa.Berdasarkan pada hasil perhitungan, bahwa antara supervisi kepala sekolah dan kompetensi guru pen-didikan agama
Islam terhadap prestasi belajar siswa terdapat pengaruh yang berarti pada taraf signifikan a = 0,05.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Cetakan kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
------------------------. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Dardjat, Zakiyah. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2005.Administrasi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.
---------------------. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta 2006.
Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta :2007
Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:
Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Kemendiknas. 2011. Buku Kerja Kepala Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.
Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press.
Mulyasa, E. 2003.Manajemen berbasis sekolah, strategi dan implementasi Bandung: Rosdakarya.
Mustaqim. 2008. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasution, S. 1995. Dedaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung : Jenmars.
Nirmala, Andini T dan Aditya A. Pratama. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Surabaya: Prima Media.
Priyatno, Duwi. 2016. SPSS Handbook. Yogyakarta: Mediakom.
-------------------. 2011. Belajar Cepat Olah Data Statistik
dengan SPSS.Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Purwanto, M. Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riduwan.2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sahertian, A. Piet. 1998. Dimensi Administrasi Pendidikan. Surabaya: Nasional.
Samana, A. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
PT. Rajawali Press.
Singgih Santosa. 2001. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Siregar, Syofian. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2009. Statistik Pendidikan. Jakarta:Rajawali Press
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&B, Praktisnya, Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara
Suryana, Asep. 2009. Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI.
Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sutarsih, Cicih. 2009. Etika profesi. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI.
Suyanto & Djihad Hisyam. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Tilaar, H.A.R. 2000. Paradikma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta
:Rineka Cipta.
Undang-Undang Guru dan Dosen Tahun 2003 tentang Guru dan Dosen, baca juga Peraturan Pe-merintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Yasyin, Sulchan. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia,
Surabaya: Amanah
Yuniarsih, Tjutju.2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan Isu Penelitian. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i1.1844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.