PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP BERBASIS PESANTREN PONDOK PESANTREN PANCASILA KOTA BENGKULU
Abstract
Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah, sebagai penulis tentu mengharapkan penambahan wawasan dan penge-tahuan
mengenai peran, fungsi, juga melihat sejauh mana penerapan prinsip komite sekolah, dan tujuan dari adanya komite sekolah di SMP
Berbasis Pesantren pondok pesantren pancasila kota bengkulu. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pendeka-tan kualitatif atau
deskripsi analisis dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMP Berbasis Pesantren pondok pe-santren pancasila kota
bengkulu. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Sejak diberlakukannya sistem
desentralisasi pendidikan. Dari hasil penelitian ini komite sekolah SMP Berbasis Pesantren pondok pesantren pancasila kota bengkulu
sudah menjalankan peran dan fungsinya sebagaimana telah disebutkan diatas, walaupun secara keseluruhan belum bisa dikatakan
sempurna, akan tetapi telah banyak kontribusi yang telah diberikan komite sekolah dalam hal membantu sekolah, baik secara financial
maupun secara sumbang ide dan tenaga. Peran komite sekolah dalam membuat kebijakan meningkatkan mutu pendidikan adalah
Mewadahi, menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di SMP
BP Pondok Pesantren Pancasila kota Bengkulu, Meningkat-kan tanggung jawab atau peran masyarakat dalam penyelenggaraan
pendidikan, Menciptakan suasana kondusif, transparan, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang
bermutu.
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur an Al-Kariim. Jakarta: CV Al-Hanan. 2009) Dzaujak Ahmad ,Penunjuk peningkatan mutu pendidikan disekolah dasar ,(Jakarta: Depdikbud 1996)
Hubberman dan Miles, Anlisis Data Kualitatif, (Universitas Indonesia:UI Press,1992)
lampiran surat keputusan (sk) pimpinan pondok pesantren Pancasila Bengkulu tentang susunan pengurus komite
pondok pesantren Pancasila Bengkulu tahun 2006
Lisdiyah MF, dalam disertasi Mawardi Lubis .Efektifitas Kinerja komite madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan., edukasi vol. VII (2) ( Jakarta 2009), hal.50.
Lexy .Z.Moleong,Metodologi penelitian kualitatif (Bandung: Remaja Rosda karya,2000)
Linclon, Y Vonna s. And Egon Guba, naturalistiq Inquiry(California: Sage Publications, 1985)
Mawardi Lubis. Disertasi ( Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah ,partisipasi komite sekolah, solidaritas guru terhadap efektivitas pengelolaan sekolah SD Negeri Sekota Bengk ulu) ( Jakarta, UNJ : 2013 )
Mulyono. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan.(Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.2008)
Oemar Hamalik.Evaluasi Kurikulum, Cet.ke 1.,(Bandung:
Remaja Rosda Karya,1990),h.33
Permendikbud Republik Indonesia .Undang-undang sisidiknas. Yogyakarta. Buku Biru.(2013)
Pusat Pembinaan dan pengembangan bahasa,Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia.cet.10.,(Jakarta: Remaja Rosda Karya,1990)
Suryo Subroto. B, Manajemen Pendidikan Disekolah. ( Jakarta . Rineka cipta : 2004)
Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Press, 2005)
Syaiful Sagala. Administrasi Pendidikan Kontemporer (Bandung. Alfabeta :2009)
Syaiful Sagala.Manajemen berbasis Sekolah dan Masyarakat, Strategi Memenangkan Persaingan Mutu (Jakarta : Rakasta Samasta )
TILAAR, H. A. R. Beberapa Agenda Reformasi pendidikan Nasional. dalam persfektif Abad 21 (Magelang:Tera Indonesia, 1999)
Usman Husaini, Manajemen, Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. (Jakarta. Bumi Aksara : 2010)
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II, Pasal 3.
Walidin Warul A .Pencerahan Jurnal Pendidikan .Majlis Pendidikan daerah Nanggroe Aceh Darussalam (Banda Aceh 2004)
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i1.1841
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.