STRATEGI SUPERVISI PENGAWAS TK/SD DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI SD DI KECAMATAN SEMIDANG ALAS KABUPATEN SELUMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi supervisi yang dilaksanakan oleh Pengawas TK/SD Kementerian Agama dalam
meningkatkan profesionalisme guru SD pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Semidang Alas Kabupaten
Seluma. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan meng-gunakan teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Strategi supervisi pengawas TK/ SD, yaitu; Pertama,
memfokuskan peningkatan yang sifatnya individual. Kedua, memberi motivasi kepada para guru dalam melaksanakan pembelajaran
secara rutin untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Ketiga, supevisi model klinis ada-lah bentuk supervisi yang
difokuskan pada peningkatan mengajar serta bertujuan mengadakan perubahan dengan cara yang rasional. 2) Guru dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Kecamatan Semidang Alas telah melakukan langkah, yaitu: Pertama,
perencanaan pembelajaran: penyiapan perangkat dan rencana program pembelajaran. Kedua, pelak-sanaan pembelajaran: guru
telah menguasai dan menerapkan beberapa metode pembelajaran, namun kondisi kelas masih belum kondusif. Ketiga, guru melakukan
evaluasi secara objektif, disesuaikan dengan materi pelajaran yang di sampaikan dan penilaiannya disesuaikan dengan kemampuan
siswa dalam belajar.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, M. 1995. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta : Bumi Aksara.
Basri, Hasan dan Beni Ahmad Saebani. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Danim, Sudarman. 2002. Inovasi Pendidikan Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Daradjat, Zakiyah. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2006. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2006. Pedoman Kerja Pelaksanaan Supervisi . Jakarta : Depdikbud.
Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:
Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Bumi
Aksara.
-------------------. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Majid, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. 2006. Ilmu Pendidikan Islam.
Jakarta: Kencana.
Moleong, Lexy. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung
: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta : PT Rajawali Press.
Mulyasa,E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung:
PT. Rosdakarya.
Nasution. 1995. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.
Nawawi, Hadari. 1998. Administrasi Pendidikan. Jakarta:CV.
Haji Masagung.
Purwanto, Ngalim. 2004. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ramayulis. 2008. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia.
-------------. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i1.1840
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.