SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 179 KABUPATEN SELUMA

Yevi Osvita

Abstract


Dalam usaha untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah bertugas
menyelenggarakan serta melaksanakan kegiatan supervisi. Tugas ini cukup penting karena melalui peran supervisor, kepala sekol ah
dapat memberi bantuan, bimbingan, ataupun layanan kepada guru dalam menjalankan tugas ataupun dalam me-mecahkan permasalah
yang dihadapi pada saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam
peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 179 Kabupaten Seluma. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif, karena data-data yang diperoleh di lapangan adalah berupa uraian kata-kata serta ungkapan secara deskripsi
dari hasil wawancara responden dan observasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Supervisi akademik kepala sekolah yang terdiri dari: 1)
supervisi akademik pada perencanaan pembelajaran, 2) supervisi akademik pada pelaksa-naan pembelajaran, 3) supervisi akademik
pada evaluasi pembelajaran. (2) Kinerja guru Pendidikan Agama Islam, yang terdiri dari: 1) perencanaan pembelajaran, yaitu: guru
Pendidikan Agama Islam mempersiapkan rencana program pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) evaluasi pembelajaran,
yakni guru mengembangkan jenis penilaian terhadap hasil belajar siswa.
(3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi: 1) Keberhasilan pelaksanaan supervisi kepala sekolah
dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukungnya, yakni guru yang menjadi sasaran supervisi kepala sekolah bersikap koperatif dan
terbuka, 2) faktor penghambat pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam,
adanya permasalahan yang muncul pada pembelajaran Pendidikan agama Islam adalah sempitnya alokasi waktu untuk pelaksanaan
pembelajaran PAI di sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Ambarita, Alben. 2006. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi ke VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim. 2011. Supervisi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pendidikan dan Pelatihan: Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Depdiknas.

Engkoswara. 2008. Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Otonomi Daerah. Bandung: Yayasan amal keluarga.

Kemendiknas. (2011). Buku Kerja Kepala Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.

Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtar & Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Mulyasa, E. 2014. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_______. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.

Muslich, Mansur. 2010. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta:Bumi Aksara.

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Konstektual. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Purwanto, Ngalim. 2010. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Off-set.

Rahman. 2006. Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqa Print.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sahertian, Piet A. 2006. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan

Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Satori, Djam’an. 2014. Paradigma Baru Supervisi Pendidikan untuk Peningkatan Mutu dalam Konteks Peranan Pengawas Sekolah dalam Otonomi

Daerah. Bandung: APSI Provinsi Jawa Barat. Soejipto & Raflis Kosasi. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, Hartati dkk. 2008. Administrasi dan Supervisi

Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suryosubroto, B. 2012. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sutarsih Cicih, 2009. Etika Profesi, Jakarta: Direktorat jendral Pendidikan Islam.

Syafaruddin dan Irawan N. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.

Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B. Uno. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer. 2014. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i1.1839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.