TANGGUNG JAWAB MORAL PENGAWAS MADRASAH DALAM MELAKSANAKAN TUGAS KEPENGAWASAN DI KABUPATEN KEPAHIANG

Risa Leni Lanovia

Abstract


Menurut jenisnya penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ada-lah
Penelitian fenomenologi mencoba menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang di-dasari oleh
kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami, sehingga tidak ada batasan dalam
memaknai atau memahami fenomena yang dikaji. Hasil penelitian ini yaitu Dalam Penyusunan program pengawasan dikembangkan
atas dasar hasil pengawasan pada tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa pengawasan sekolah harus dilaksanakan secara
berkesinambungan. Program Tahunan yang terdiri dari kegiatan penilaian, pembinaan, dan pemantauan terutama menyangkut
dimensi kompetensi supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan. Aspek pembinaan terdiri dari empat kompetensi
(pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial). Pembinaan guru dilakukan kerena guru dituntut lebih kritis dan aktif dalam
menjalankan tugasnya. Pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru materi yang diberikan meliputi
pengembangan diri publikasi ilmiah karya inovatif. Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru dalam bentuk
kegiatan MGMP/KKG/ dan MGP


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahannya. 2004. Depag RI Anggara Sastro, tt, Kajian Pendidikan Bermutu, Jakarta: Rendi PutraJaya,

Abdul Hamid, dan A. Kadir Djaelani, 2003. Pedoman Pengembangan Administrasi, dan Supervisi Pendidikan Jakarta:

Depag RI Dirjen Bimbaga Islam DITMAPENDA

Ayon Triyono, M.Si. Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Selatan: Oryza, 2012. h.95

Aan Komariah dan Djam’an Satori, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung : Alfabeta Bungin. Burhan. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Raja GrafindoPersada. Jakarta)

Departemen Pendidikan Nasional, Metode dan Teknik Supervisi, (Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, 2008)

Dadang Suhardan, 2010, Supervisi Profesional; Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelaja-ran di Era Otonomi Daerah, Bandung: Alfabeta, Euis Karwati, S.Kom., M.Pd. Dkk. Kinerja dan Profe-sionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta, 2013 Hendro Wibowo, 2007, Pendidikan Moral, Yogyakarta: Majalah Dinamika

Ihsan. Fuad, 2008, Dasar Dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

Jamal Ma’mur Asmani, Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah,et,

I;Jogjakarta:Diva Press, 2012)

KMA No. 373 tahun 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi dan Kantor Departemen Agama Kabu-paten/Kota Kaelan, 2001, Pendidikan Moral Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Paradigma

Luk-luk Nur Mufidah, 2009, Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Teras

Lexy J Moleong, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Siswa Rosdakarya

Istanto, Budi, 2007, Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Generasi Penerus, Yogyakarta: Majalah Dinamika

Mawardi, 2007, Ilmu alamiad Dasar, Ilmu Sosial dasar, Ilmu Budaya Dasar, Bandung: Pustaka Setia

Michael Quinn Patton,1991. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nur Laila Sa’adah, 2007, “Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Depok”,

Skripsi Yogyakarta: Program Sarjana UIN Sunan Kalijaga

Piet A. Sahertian, 2008, Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan; Dalam Rangka Pengembangan

Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta Republik Indonesia, Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengawas Ma-drasah dan Pengawas PAI pada Sekolah (Cet. II; Jakarta:Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2004)

Roger S. Pielke, Jr., 2007, The Honest Broker: Making Sense of Science in Policy and Politics Cam-bridge, Cambridge University Press Syaiful Sagala, 2009, Administrasi Pendidikan Kontemporer,

Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta

The Liang Gie, 2000, Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta:Liberty Undang-Undang Republik Indonesia No mor 20 Tahun

tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winarno Surakhmad, 1990 “Pengantar Penelitian Ilmiah Dan Metode Teknik ”, Tarsito, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i1.1838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.