UPAYA PENINGKATAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MA SUKA NEGERI BENGKULU SELATAN
Abstract
Dalam suatu organisasi seperti sekolah/madrasah tentunya memerlukan manajemen yang baik demi kelancaran dan terca-painya
tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, (1) perencanaan sarana dan prasarana pendidikan, (2)
pengorganisasian sarana dan prasarana pendidikan, (3) pelaksanaan sarana dan prasarana pendidikan, (4) pen-gawasan sarana dan
prasarana pendidikan. Penelitian dalam tesis ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengum-pulan data dengan teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, pengecekan
keabsahan data melalui triangulasi kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Suka
Negeri Bengkulu Selatan belum melakukan proses manajemen dengan baik pada manajemen sarana dan prasarana pendidikan. (1)
dalam proses perencanaan kepala madrasah telah melibatkan semua pihak madrasah dalam menyusun perencanaan sarana dan
prasarana namun kebutuhan yang telah direncanakan belum tercapai seperti yang diharapkan, misalnya kebutuhan sarana dan
prasarana agama belum memadai. (2) dalam proses pengorganisasian kepala madrasah belum membentuk struktur organisasi sarana
dan prasarana, seperti belum ada yang menangani bidang sarana dan prasarana. (3) dalam proses pelaksanaan kepala madrasah
bertanggung jawab atas pengadaan, penginventarisasian, peme-liharaan, pemanfaatan dan penghapusan. Namun pelaksanaan sarana
dan prasarana tersebut belum berjalan dengan efektif karena sumber dana yang minim dan tim pelaksanaannya belum terbentuk,
seperti belum dilakukan pengkodehan terhadap barang inventaris. (4) dalam proses pengawasan kepala madrasah bertanggungjawab
atas pengawasan sarana dan prasarana namun belum terlaksana secara efektif, seperti belum terlaksana perbaikan dan evaluasi.
Full Text:
PDFReferences
Arief, Sadiman. 2009. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali
Arcaro, Jerome S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Aedi, Nur. 2016. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing Chaedar, Alwasilah. 2006. Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya
Gunawan, Imam dan Benty, Djum. 2017. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alpabeta Kompri. 2014. Manajemen Sekolah. Bandung: ALFABETA
Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan: KomponenKomponen Elementer Kemajuan Sekolah Yogyakarta:Ar-Ruzz Media
Lexy, Moloeng. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mustari, Muhamad. 2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA
Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta:Ar-ruzz Media
Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung:
Tarsito
Rohiat. 2012. Manajemen Sekolah Bandung: PT. Refika Aditama
Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Jakarta:Bumi Aksara
Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Sell, Barbara and Rita C. Richey. 1994. Teknologi Pembelajaran Definisi dan kawasannya. Terjemahan Jakarta: IPTPI
Werang, Basilius. 2015. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi
Ruri Hefni, Dkk. 2013. Himpunan Lengkap UndangUndang Sisdiknas. Jogjakarta: Buku Biru
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v3i1.1836
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.