PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan bahwa pelaksanaan supervisi akademik pengawas dan kepala sekolah di SMPIT
Al-Qalam Bengkulu Selatan belum berjalan maksimal, padahal guru sangat membutuhkan motivasi, arahan, bimbingan dan
pembinaan melalui supervisi akademik pengawas dan kepala sekolah agar tercipta suasana belajar mengajar yang kon-dusif, kinerja
guru yang lebih baik dan pada akhirnya akan meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran yang bermuara pada pencapaian
tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Penelitian ini dilakukan di SMPIT Al-Qalam Bengkulu
Selatan dengan waktu penelitian selama dua bulan. Subjek penelitian ini adalah Pengawas Pendidi-kan Agama Islam, Kepala sekolah
dan guru Pendidikan Agama Islam SMPIT Al-Qalam Bengkulu Selatan. data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, obserfasi
dan dokumentasi. Tehnik keabsahan data menggunakan trigulasi sumber. Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu
(SMPIT) Al-Qalam Bengkulu Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan supervisi akademik di SMPIT Al-Qalam
Bengkulu Selatan dilaksanakan oleh pengawas dari Kementrian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan dan oleh kepala sekolah. Proses
Pelaksanaan supervisi dilaksanakan dalam beberapa tahab yaitu tahap perencanaan, meliputi penyusunan program, supervisi,
pelaksanaan supervisi, evaluasi dan tindak lanjut. Pelaksanaan supervisi di SMPIT AL-Qalam Bengkulu selatan telah berjalan dengan
baik dan terbukti telah banyak membantu guru mengop-timalkan kemapuannya dalam pembelajaran. (2) Pelaksanaan supervisi
akademik oleh pengawas dilaksanakan dengan tehnik supervisi kelompok yaitu dengan mengadakan pertemuan rutin tiga bulan sekali
di ruang pokjawas. Sedangkan pelaksanan su-pervisi oleh kepala sekolah yaitu dengan mengadakan pertemuan rutin satu bulan sekali
di awal bulan setelah pembagian rapor bulanan siswa. Hambatan yang dialami pengawas akademik adalah kurangnya tenaga
pengawas guru PAI dan banyaknya guru yang harus dibina. Sedangkan pendukung efektifitas supervisi akademik kepala sekolah
adalah kerena kepala sekolah setiap hari berinteraksi dengan guru sehingga kepala sekolah mengetahui dari dalam segala kegiat an
yang ada disekolah. Solusi dari kendala supervisi oleh pengawas adalah peningkatan intensitas kunjungan supervisor kesekolah
binaan, rekrutmen pengawas baru, dan pembinaan peningkatan kwalifikasi pengawas secara berkesinambungan.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta:Rineka Cipta, 2006.
-------- Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
-------- Dasar-Dasar Supervisi Akademik. Jakarta: Rineka Cipta. 2004
Arifin Muhammad , Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.
Djazaman Mohammad, Konsep Pendidikan Islam, dalam Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Volume 1, tahun 1991.
Departemen Agama RI. 1999, Petujunuk Teknis
Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Angka Kreditnya, Jakarta.
Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam Depdiknas. 2008. Penyusunan Program Pengawasan Sekolah (Bahan Pelatihan Pengawas Sekolah). Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. https://suaidinmath.files.wordpress.com/2013/06/bahanajar1.docJakarta, diakses 23 Mei 3017
E. Mulyasa Dedy Menjadi guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kretif Dan Menyenagkan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.
https://frischasite.wordpress.com/2016/06/27/Tugas-danTanggung-Jawab-Guru-Pendidikan-Agama-Islam di
akses tanggal 23 April 2017
Maunah, Binti Supervisi Pendidikan Islam. Yogyakarta:Teras, 2009.
Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany, Falsa-fah
Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Winarno Surahmad, Dasar dan Teknik Research Pengantar Metodologi Ilmiah, Bandung ; Badan Penerbit IKIP Bandung, 1968.
Made Pidarta, Pemikiran Tentang Supervisi pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2002.
N.A Ametembun, Guru dalam administrasi sekolah. Bandung: IKIP Bandung, 1981.
Rahman Nazarudin, Manajemen Pembelajaran ; Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, Cet I. Yogyakarta: Pustaka Felicha. 2009.
Rosyada Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model pelibatan Masyarakat dalam Pendidikan. Prenada Media, jakarta, 2013.
Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara, 2000.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1832
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.