Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Madrasah Dan Peranan Orang Tua Siswa Terhadap Iklim Organisasi Mts Negeri Di Kabupaten Kaur

Bujang Ruslan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif kepala madrasah terh-adap
iklim organisasi MTsN di Kabupaten Kaur, pengaruh peranan orang tua siswa terhadap iklim organisasi MTsN di Kabupat-en Kaur
dan pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dan peranan orang tua siswa secara simultan terhadap iklim
organisasi MTsN di Kabupaten Kaur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dianalisis dengan pendekatan kuantitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Skala Likert. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil uji t diperoleh nilai signifikansi variabel gaya kepemimpinan 0,012 lebih kecil daripada 0,05.
Hasil ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan partisipatif kepala madrasah berpengaruh terh-adap iklim organisasi MTsN di
Kabupaten Kaur; (2) hasil uji t diperoleh nilai signifikansi variabel gaya kepemimpinan 0,063 lebih besar daripada 0,05. Hasil ini
menunjukkan bahwa peranan orangtua siswa tidak berpengaruh terhadap iklim organisasi MTsN di Kabupaten Kaur. Hasil uji Anova
diperoleh nilai F sebesar 5,429 dengan tingkat signifikansi 0,08 lebih besar dari nilai signifikansi 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa
secara simultan, gaya kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dan peranan orangtua siswa tidak berpengaruh terhadap iklim
organisasi MTsN di Kabupaten Kaur.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2009. Strategi Belajar dan Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ahmadi, A & Supriyono, W. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Al Jairi, S.A.B.J. 2006. Minhajul Muslim (Konsep Hidup Ideal dalam Islam), Cetakan 1. Jakarta: Darul Haq. Batson, C.D & Ahmad, Y.N. 2010. Using Empathy to Improve Intergroup Attitudes and Relations. The Psychology Study of Social Issues. Vol.3, No.1, Desember 2010: 141-177

Danim, S. 2010. Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto, M. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Davis, K. 2005. Human Behaviour at Work Organizational Behaviour. New Delhi: Mc Graw Hill Publishing Company.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Efendy, O.U. 2009. Komunikasi: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fitri, S.E. 2011. Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Iklim Kerja Organisasi pada PT. PLN Cabang Solok. Demokrasi. Vol.10, No.2, Agustus 2011: 93-110.

Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi

Aksara.

Handoko, T.H. 2011. Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada.

Hasibuan, M.S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Himawan, M. 2004. Pokok-pokok Organisasi Modern. Jakarta: Bina Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.