PENGARUH KEDISIPLINAN GURU PAI DAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SMK NEGERI 05 BENGKULU UTARA
Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru PAI dan kedisiplinan siswa baik secara sendiri maupun
bersama-sama terhadap prestasi belajar PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis menggunakan statistik
regresi linear sederhana dan berganda. Populasinya adalah guru PAI di SMKN 05 Bengkulu Utara. Sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik proportionate stratified dan diperoleh sampel berjumlah 60 orang. Variabel penelitian meliputi kedisi-plinan guru
PAI, kedisiplinan siswa dan prestasi belajar PAI. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan adanya pengaruh kedisiplinan guru PAI terhadap prestasi belajar PAI siswa sebesar 4,343. Pengaruh kedisiplinan siswa
terhadap prestasi belajar PAI sebesar 4,348. Sedangkan secara bersama-sama kedisiplinan guru dan siswa memberikan kontribusi
sebesar 53,6%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) semakin tinggi kedisiplinan guru PAI akan mengakibatkan semakin tinggi
prestasi belajar siswa; (2) semakin tinggi kedisiplinan siswa dapat mengakibatkan semakin tinggi prestasi belajar PAI; dan (3)
semakin tinggi kedisiplinan siswa dan guru akan mengakibatkan peningkat prestasi belajar PAI siswa.
Full Text:
PDFReferences
Afrilianti, Fitri Seli. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Media Pembelajaran Video Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI di SMA Negeri I Bengkulu Tengah. Bengkulu: Tesis Program Pascasarjana IAIN Bengkulu, 2016.
Ahmadi, Abu dan Rohani, Ahmad. Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Cet Ke-10. Jakarta: Renika Cipta, 2013.
Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif, Cet Ke-6. Yogyakarta: Diva Press, 2010.
Dalyono, M. Psikologi Pendidikan, Cet Ke-5. Jakarta: Renika Cipta, 2009.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet Ke-10. Jakarta: Balai Pustaka, 1999.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Djamarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.
Surabaya: Usaha Nasional, 1994.
Gunarsa, Singgih. D. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: Gunung Mulia, 2007.
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Cet Ke-7. Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2010.
Hata, Budi. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Profesionalisme Guru Akidah Akhlak Ter-hadap Prestasi Belajar Siswa di MI Nurul Huda Kota Bengkulu (Bengkulu: Tesis Program Pas-casarjana IAIN Bengkulu, 2016).
HK, M. Nasron. Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Bogor: UPB Press, 2014.
Hurlock, Elizabeth B. Pengembangan Anak. Penerjemah dr. Med. Metasari Tjandrasa, Edisi Ke-6. Ja-karta : Sinerga Pustaka Indonesia, t.t.
Kesuma, Dharma. Pendidikan Karakter, Cet Ke-3. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional, Cet Ke-8. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Mustari, Muhamad. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.
Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidi-kan. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Prastowo, Andi. Memahami Metode-Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Rahadi, Moersetyo. Subana. Statistik Pendidikan, Cet Ke-2. Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta :
Kalam Mulia, 2008.
Riduwan. Belajar Mudah Penelitian untuk GuruKaryawan dan
Peneliti Pemula. Bandung: Alfa-beta, 2012.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1829
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.