PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 13 MUKOMUKO
Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 13
Mukomuko, untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMA Negeri 13 Mukomuko dan untuk
mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMA
Negeri 13 Mukomuko. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh guru SMA Neg-eri 13
Mukomuko yang berjumlah 22 orang. Teknik analisis data mengunakan regresi linier sederhana dan regresi berganda. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dengan menggunakan berbantuan pro-gram SPSS
Windows 16.0 menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh yang kuat antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja
guru di SMA Negeri 13 Mukomuko, hal ini dapat dilihat dari nilai sig.uji t. yaitu nilai sig. 0,002 ≤ 0,05 yang artinya H0 ditolak
atau Ha diterima. Kedua, terdapat pengaruh yang kuat motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMA
Negeri 13 Mukomuko, dan dapat dilihat dari nilai sig. uji t. yaitu nilai sig. 0,002 ≤ 0,05 yang artinya H0 ditolak atau Ha diterima. Ketiga, terdapat pengaruh yang sangat kuat kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMA Negeri 13 Mukomuko, hal tersebut berdasarkan nilai sig uji t. yaitu nilai sig. 0,014 ≤ 0,05 yang artinya H0 ditolak atau Ha diterima.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja, Yogyakarta:Teras,
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta:Rineka Cipta, 2002.
B.Uno, Hamzah, Teori Motivasi & Pengukurannya analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Cece, Wijaya dkk, Wijaya, Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2008.
Engkoswara dan Komariah, Aan, Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2012.
Gulo, W., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grasindo, 2005.
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Hamzah B. Uno, Teori Motivasi & Pengukurannya
analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Hartono, SPSS 16.0, Analisis Data Statistika dan Penelitian, Pekan
Baru: Pustaka Pelajar, 2013.
Kasmadi dan Nia, Sunariah, Siti, Panduan Modern Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabetta,2013.
Ma’mur Asmani, Jamal, Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah, Jogjakarta: Diva Press, 2012.
Mankunegara, Prabu, Anwar A.A, Evaluasi Kinerja SDM, Bandung: Rafika Aditama, 2010. Mardalis, Metode Penelitian suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Masaong, Kadim, Abd, Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung: Alfabeta, 2013.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT. Remaja rosdakarya, 2001
Mukthar & Iskandar, Orientasi Baru supervisi Pendidikan, (Jakarta:
Gaung Persada Press, 2009.
Mulyasa, H.E, Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
______, Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2004.
Nasution, S, Metodologi Research (Penelitian Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara, 2001
Nawawi, Hadari , Administrasi Pendidikan, Jakarta: P.T. Gunung Agung, 1997.
Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: PT. Grasindo, 2005.
Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono, Supervisi Pendidikan, Yogyakarta:Gava Media,2011, cet.1
Priyatno, Dwi, Analisis Korelasi,Regresi dan Multivariat dengan SPSS, Yogyakarta: Gava Media, 2013
Purwanto, Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002
------------ Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdyakarya, 2006.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.