STRATEGI GURU DALAM MEMBERIKAN KETERAMPILAN PENGUATAN DAN KETERAMPILAN MENJELASKAN TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMPN 06 SELUMA

Ektra Yesi Minarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah keterampilan guru dalam memberikan penguatan dan keterampilan menjelaskan
berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 6 Seluma. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional sebab akibat (kausal). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66
orang siswa yang diambil dari populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 196 orang. Teknik pengump-ulan data pada
penelitian ini yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan
rumus regresi linear sederhana. Dari hasil analisis dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana diperoleh nilai fhitung>ftabel , yakni fhitung sebesar 24,200. Kemudian dikonsultasikan dengan ftabel dengan signifikansi Ƚ = 0,05 yaitu 3,142. Ternyata nilai fhitung > ftabel (24,200 > 3,142). Dengan demikian, keterampilan guru dalam memberikan penguatan dan keterampilan menjelaskan berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 6 Seluma.


Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. Mencetak Anak Jenius. Yogyakarta DIVA Pers.

Asril, Zainal. 2010. Micro Teaching. Jakarta: Rajawali Pers.

Achmad Juntika dan Syamsu Yusuf. 2008. Teori Kepribadian, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Alma, Buchari, dkk. 2010. Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Bandung: Umat. Jakarta: PT Media Amal Tarbawi. 20 Agustus 2009.

Indra Djati Sidi. 2003. Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta : Logos, Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan PDAM Kota Denpasar. Buletin Studi Ekonomi.

Jeje. Hasibuan dan Moedjiono. 2002. Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Kunandar. 2013. Penilain Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.

Leo, Sutanto. 2013. Kiat Jitu Menulis Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Penerbit Erlangga.

Marno dan Idris. 2009. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mufarokah, Anissatul. 2009. Guru Propesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Yogyakarta: TERAS.

Priyatno Dwi. 2013. Analisis Korelasi, Rekresi dan Multivariat dengan SPSS. Yogyakarta : Gava Media.

Pidarta Made. 1997. Landasan Pendidikan. Jakarta:

Rineka Cipta

Ridwan. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Rusmani. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rusman, Jakarta : Rajawali Pres.

Sonhadji Ahmad. 2009. Manajemen Pengajaran Mikro.Yogyakarta: Laksbang Perssindo.

Subagyo Pangestu. 2013. Statistik Induktif. Yogyakarta :BPFT

Santoso Singgih. 2001. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Supardi. 2014. Aplikasi Statistik Dalam Penelitian. Jakarta Selatan : Change Publication. Alfabeta.

Andayani dan Abdul Majid. 2006. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Anas, Sudjana. 2009. Statistik Dasar. Jakarta : Pustaka Amani

A. Mursal dan H. M. Taher. 1979. Kamus Ilmu Jiwa dan Pendidikan. Bandung : PT. AL-Maarif

A. Toenlioe. Teori dan Praktek Pengelolaan Kelas. Surabaya : Usaha Nasional CC Wijaya

Arikunto Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Barnawi dan Mohammad Arifin. 2012 .Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

B Uno, Hamzah. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam interaksi Edukatif. Jakarta; PT Rineka CIPTA.

Deni Darmawan, Dede Supriadi. 2012. Komunikasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Ghozali Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multi Variate dengan Program SPSS. Semarang : Diponegoro University Pers

Hartuti, Evi Rine. 2010. UU Sisdiknas. Yogyakarta: Bening.

Hajar Ibdnu. 2000. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.