STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I KOTA LUBUK LINGGAU

Rosmawati Rosmawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi yang telah diraih oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri I Lubuk Linggau tidak
terlepas dari upaya kepala madrasah yang mempunyai pengaruh sangat besar terhadap keberhasilan ma-drasah dan
kebijakan dalam peningkatan mutu yang dilakukan oleh kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri I Lubuk Linggau adalah
dengan membentuk tim penilai, dimana tim penilaian kerja ini dibentuk secara khusus demi men-ingkatkan sistem
pengawasan yang ada di madrasah tersebut, yang melibatkan guru-guru tertentu yang di tunjuk atau di SK-kan secara
resmi dari kepala madrasah untuk menjadi tim supervisor (tim penilaian kerja). Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden
terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, tim penilai internal dan beberapa guru. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi kepala madrasah dalam membentuk tim penilai internal adalah (1) Latar belakang
dibentuknya tim penilai internal didasari dengan Kuantitas guru yang terlalu banyak di MTs Negeri I Kota Lubuk
Linggau sehingga tidak memungkinkan kepala madrasah dapat menilai atau mensupervisi guru secara efektif dan
efisien, (2) Pelaksanaan kegiatan tim penilaian internal dilaksanakan 4 kali dalam setahun dan dibagi menjadi 2 kali
dalam semester. Dimana tim penilai internal tersebut terdiri dari 8 orang guru yang memiliki kualifikasi golongan VIA,
wakil-wakil madrasah dan guru-guru senior yang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik. Dan penilaian
tersebut dilaksanakan berupa kunjungan kelas dan yang dinilai adalah administrasi guru berupa perangkat
pembelajaran serta sikap dan kegiatan guru mengajar, dan (3) Dalam kegiatan tim penilaian internal dalam mutu
manajemen, belum sesuai dengan konsep manajemen, bahwa kegiatan tim penilai internal belum melaksanakan
kegiatan perencanaan yang matang dan kegiatan evaluasi be-lum dilakukannya. Namun untuk proses pelaksanaannya
dan pengorganisasiannya telah sesuai dengan prosedur manajemen.


Full Text:

PDF

References


Afifuddin DKK, Administrasi Pendidikan, (Bandung,: Insan Mandiri”, 2004)

Arikunto, Suharsimi, “Dasar-Dasar Supervisi”, (Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2006)

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana, “Manajemen Pendidikan”, (Yogyakarta:Aditiya Media, Cet. I 2012)

Danim, Sudarwan, “Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik”, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, Cet. III 2008)

Darwyansyah, “Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah, Kinerja Mengajar Guru, Dan Kultur Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Dki Ja-karta”, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 20, Nomor 2,Juni 2014

Herabudin, Adminisrasi Dan Supervise Pendidikan, (Bandung: CV. Pustaka Setia, Cet. I 2009)

Herly, Upaya Kepala Sekolah Meningkatan Pelaksa-naan Supervisi Di Sekolah Dasar 015 Kempas, Volume 2 Nomor 1, Juni 2014 | Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan

Jahari, Jaja dan Amirulloh Syarbini, “Manajemen Madrasah Teori, Strategis dan Implementasi”, (Bandung: AL-Fabeta, 2013)

Kosim, Mohammad, “Madrasah Di Indonesia (Pertumbuhan Dan Perkembangan)”, Jurnal Tadris. volume 2. Nomor 1. 2007

L.J, Moelong, , Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung; PT. Remaja Rosydakarya, 2002)

Motohar, Prim Masrokan, “Manajemen Mutu Sekolah Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam””, (Jogyakarta: Ar-Ruzz, 2016)

Marzuki,. Metodologi Riset, (Jogjakarta BPFE ; UII, 2002)

Nur, Muhammad “Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie”, Jurnal Administrasi Pendidikan Volume 4, No. 1, Februari 2016, Pascasa-rjana Universitas Syiah Kuala

Riduwan, Belajar Mudah penelitian Untuk GuruKaryawan dan Peneliti Pemula, (Bandung; AL. FABETA, 2009)

Rivai, Veithzal, Education Management Analisis Teori dan Praktis, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, Ed. 1 2009)

Sagala, Saiful, “Administrasi Pendidikan Kontemporer”, (Bandung : Alfabeta, Cet. IV 2008)

Salehan, M., “Strategi Peningkatan Mutu di Madrasah Aliyah Negeri Muara Enim”, Jurnal Guru Aliyah Negeri Muara Enim,

Sallis, Edward, “Total Quality Manajemen In Educa-tion Manajemen Mutu Pendidikan”, (Jogyakarta: IRCiSod, Cet V 2007)

Purwanto, M.Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2009)

Sugiyono, Metodolologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, (Bandung ;ALFABETA, , 2007)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.