STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI MAN I MUKOMUKO BENGKULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru, mengetahui faktor pendukung
dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan
dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, obsevasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru di MAN I
Mukomuko Bengkulu yakni mengadakan rapat dinas tiap bulannya, mengevaluasi kinerja guru, pelatihan guru, MGMP, seminar,
workshop pembelajaran berbasis IT, membantu guru dalam memecahkan problem yang dih-adapi dalam pembelajaran, menjalin
komunikasi, memberikan contoh tauladan dan mengarahkan guru menggunakan variasi mengajar seperti variasi gaya mengajar,
pengembangan media pembelajaran, pengembangan bahan ajar, interaksi guru dengan siswa dan pengembangan metode
pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran. Faktor
pendukung diantaranya: Latar belakang pendidikan sarjana guru dan Magister yang me-madai, respon guru untuk melakukan inovasi,
motivasi yang kuat, kerjasama yang baik. Fasilitas yang memadai, lingkungan kerja yang nyaman, dukungan komite yang kuat
sedangkan faktor Penghambat: Sikap, latar belakang dan tingkat sosial guru yang berbeda-beda. Jumlah tenaga guru yang PNS masih
sedikit, hubungan baik antara sekolah dengan orang tua/ wali murid masih kurang, jarak perjalanan dinas, rasa segan terhadap guru
yang lebih tua. PLN mati daya listrik sekolah terbatas. Adanya guru yang belum bisa mengoperasionalkan komputer dan
memanfaatkan media IT yang ada.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Sanusi, Pembaharuan Strategi Pendidikan fisafat, Manajemen, arah Pembangunan karak-ter Bangsa,Bandung:Nuansa Cendikia, 2014
Al-Maraghi, Ahmad Musthafa, Tafsir Al-Maraghi,Jakarta: CV. Toha Putra,1988
Arifin, M, Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Rema-ja Rosdakarya, 1997
Arikunto, Suharsimi ,Organisai dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: CV. Rajawali, 1990
_______ , Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Alma, Buchari , Guru Profesional. Bandung: Alfa-beta, 2009
Bahresy, Salim, Terjemahan Singkat Tafsir Ilmu Katsir. Surabaya; PT. Bina Ilmu, 1984
Danim, Sudarwan, Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: CV Pustaka Setia 2002
DePorter, Bobbi., Quantum Teaching :Bandung: Kai-fa, 2000
Djamarah Bahri Syaiful, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Rineka Cipta:Jakarta, 2000
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1987
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Ensiklopedi Pendidikan, Jakarta: Balai Pustaka, 1986
Disbintalad, Hanja Strategi Membinaan Mental TNI AD, Jakarta: 2012
Drever, James, Kamus Psikologi. Terj. Nanc / Simanjuntak Jakarta: Bina Aksara, 1980
Departemen Agama RI, Al qur‟an dan Terjemahnya. Bandung: CV J-ART, 2005
Fajar, A. Malik. Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2005
Hamalik, Oemar , Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1819
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.