STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI MAN I MUKOMUKO BENGKULU

Alamsyah Alamsyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru, mengetahui faktor pendukung
dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan
dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, obsevasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru di MAN I
Mukomuko Bengkulu yakni mengadakan rapat dinas tiap bulannya, mengevaluasi kinerja guru, pelatihan guru, MGMP, seminar,
workshop pembelajaran berbasis IT, membantu guru dalam memecahkan problem yang dih-adapi dalam pembelajaran, menjalin
komunikasi, memberikan contoh tauladan dan mengarahkan guru menggunakan variasi mengajar seperti variasi gaya mengajar,
pengembangan media pembelajaran, pengembangan bahan ajar, interaksi guru dengan siswa dan pengembangan metode
pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran. Faktor
pendukung diantaranya: Latar belakang pendidikan sarjana guru dan Magister yang me-madai, respon guru untuk melakukan inovasi,
motivasi yang kuat, kerjasama yang baik. Fasilitas yang memadai, lingkungan kerja yang nyaman, dukungan komite yang kuat
sedangkan faktor Penghambat: Sikap, latar belakang dan tingkat sosial guru yang berbeda-beda. Jumlah tenaga guru yang PNS masih
sedikit, hubungan baik antara sekolah dengan orang tua/ wali murid masih kurang, jarak perjalanan dinas, rasa segan terhadap guru
yang lebih tua. PLN mati daya listrik sekolah terbatas. Adanya guru yang belum bisa mengoperasionalkan komputer dan
memanfaatkan media IT yang ada.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Sanusi, Pembaharuan Strategi Pendidikan fisafat, Manajemen, arah Pembangunan karak-ter Bangsa,Bandung:Nuansa Cendikia, 2014

Al-Maraghi, Ahmad Musthafa, Tafsir Al-Maraghi,Jakarta: CV. Toha Putra,1988

Arifin, M, Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Rema-ja Rosdakarya, 1997

Arikunto, Suharsimi ,Organisai dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: CV. Rajawali, 1990

_______ , Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Alma, Buchari , Guru Profesional. Bandung: Alfa-beta, 2009

Bahresy, Salim, Terjemahan Singkat Tafsir Ilmu Katsir. Surabaya; PT. Bina Ilmu, 1984

Danim, Sudarwan, Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: CV Pustaka Setia 2002

DePorter, Bobbi., Quantum Teaching :Bandung: Kai-fa, 2000

Djamarah Bahri Syaiful, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Rineka Cipta:Jakarta, 2000

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1987

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Ensiklopedi Pendidikan, Jakarta: Balai Pustaka, 1986

Disbintalad, Hanja Strategi Membinaan Mental TNI AD, Jakarta: 2012

Drever, James, Kamus Psikologi. Terj. Nanc / Simanjuntak Jakarta: Bina Aksara, 1980

Departemen Agama RI, Al qur‟an dan Terjemahnya. Bandung: CV J-ART, 2005

Fajar, A. Malik. Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2005

Hamalik, Oemar , Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.