STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI GURU PADA PELAKSANAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP NEGERI 19 KOTA
Abstract
Kelalaian guru dalam menjalankan tugasnya terutama dalam kegiatan keagamaan di sekolah kurang menjadi perhatian serius kepala
sekolah, sehingga kegiatan keagamaan di sekolah kurang begitu berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
strategi kepala sekolah untuk meningkatkan partisipasi guru pada pelaksanaan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskiriftif kualitatif. Prosedur pen-gumpulan data menggunakan
teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk menetapkan keabsahan (trustworthi-ness) data diperlukan teknik pemeriksaan,
yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability) dan kepastian akan data dan hasil
penelitian. Teknik analisi data meliputi editing, kategori, mendisplay data dan penafsiran. Simpulan dalam penelitian ini, yakni
sebagai berikut:. Kepala sekolah SMP Negeri 19 Kota Bengkulu meng-gunakan strategi dengan baik dalam meningkatkan partisipasi
guru pada pelaksanaan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu seperti: a) melakukan komunikasi dengan baik, b)
menggunakan pendekatan dan metode persuasif dalam memberikan pembinaan kepada guru dan tenaga administrasi, c) memberikan
teguran dan sindiran kepada guru yang kurang aktif dalam melaksanakan kegiatan keagamaan di sekolah, d) melakukan kontrol dan
evaluasi dengan cara terlibat langsung dalam kegiatan keagamaan di sekolah.
Full Text:
PDFReferences
mirudin, Noer, Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Universitas Muham-madiyah Surakarta, 2012
Danim S. Inovasi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011
Daryanto, Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2001
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indoneisa. Jakarta: Balai Pustaka, 1994
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indoneisa. Jakarta: Balai Pustaka, 1994
Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya. Usaha Nasional, 2012
Erdianti, Strategi Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Mengembangkan Kompetensi Pro-fesional Guru, Jurnal Al-Ta`dib Vol. 7 No. 1, 2014
Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Balai Pustaka, 2009
Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2007
Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007
Mulyasa. Menjadi Guru yang Profesional. Bandung: Alphabeta, 2010
Munandar, Kinerja Guru. Bandung: Alphabeta, 2009 Sri Wahyuni, Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru Bengkulu: Universitas Bengkulu, 2013
Sudarwan Danim, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009
Suryabrata, Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010
Suyitno, Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Konstruktivisme. Vol. 9 No. 1, 2017
Yamin dan Maisah, Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: GP Press, 2010
Zulkifli, Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru, Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol. 14, No, 2, 2014
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1818
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.