STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI GURU PADA PELAKSANAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP NEGERI 19 KOTA

Endang Supriani

Abstract


Kelalaian guru dalam menjalankan tugasnya terutama dalam kegiatan keagamaan di sekolah kurang menjadi perhatian serius kepala
sekolah, sehingga kegiatan keagamaan di sekolah kurang begitu berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
strategi kepala sekolah untuk meningkatkan partisipasi guru pada pelaksanaan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskiriftif kualitatif. Prosedur pen-gumpulan data menggunakan
teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk menetapkan keabsahan (trustworthi-ness) data diperlukan teknik pemeriksaan,
yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability) dan kepastian akan data dan hasil
penelitian. Teknik analisi data meliputi editing, kategori, mendisplay data dan penafsiran. Simpulan dalam penelitian ini, yakni
sebagai berikut:. Kepala sekolah SMP Negeri 19 Kota Bengkulu meng-gunakan strategi dengan baik dalam meningkatkan partisipasi
guru pada pelaksanaan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu seperti: a) melakukan komunikasi dengan baik, b)
menggunakan pendekatan dan metode persuasif dalam memberikan pembinaan kepada guru dan tenaga administrasi, c) memberikan
teguran dan sindiran kepada guru yang kurang aktif dalam melaksanakan kegiatan keagamaan di sekolah, d) melakukan kontrol dan
evaluasi dengan cara terlibat langsung dalam kegiatan keagamaan di sekolah.


Full Text:

PDF

References


mirudin, Noer, Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Universitas Muham-madiyah Surakarta, 2012

Danim S. Inovasi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011

Daryanto, Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2001

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indoneisa. Jakarta: Balai Pustaka, 1994

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indoneisa. Jakarta: Balai Pustaka, 1994

Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya. Usaha Nasional, 2012

Erdianti, Strategi Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Mengembangkan Kompetensi Pro-fesional Guru, Jurnal Al-Ta`dib Vol. 7 No. 1, 2014

Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Balai Pustaka, 2009

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya, 2007

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007

Mulyasa. Menjadi Guru yang Profesional. Bandung: Alphabeta, 2010

Munandar, Kinerja Guru. Bandung: Alphabeta, 2009 Sri Wahyuni, Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru Bengkulu: Universitas Bengkulu, 2013

Sudarwan Danim, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Suryabrata, Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010

Suyitno, Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Konstruktivisme. Vol. 9 No. 1, 2017

Yamin dan Maisah, Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: GP Press, 2010

Zulkifli, Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru, Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol. 14, No, 2, 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.