STUDI KOMPARASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 TEBAT KARAI DAN SMPN 1 KEPAHIANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Tebat Karai dan SMPN
1 Kepahiang. Penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan yang dilakukan guru dengan menyiapkan perangkat pem-belajaran yang
mengacu pada Lampiran Permendikbud No.81.a tahun 2013 tentang implementasi kurikulum 2013 yang tentu saja isinya tetap
mengacu pada rambu-rambu dan tujuan kurikulum yang berlaku. Perencanaan tersebut berupa dokumentasi
1: Kurikulum, dokumentasi 1 : Silabus dan dokumenasi 3 : RPP. Pelaksanaan dengan jalan 1) Pembelajaran di lakukan di dalam
kelas. 2) Metode ceramah masih mendominasi jalannya pembelajaran, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru. 3) Tanya
jawab yang diterapkan sudah nampak atau sudah mendapat respon dari siswa. 4) Diskusi sudah berjalan dengan baik walaupun
sedikit sekali siswa yang aktif dan berani menyampaikan pendapat. 5) Sarana sehari-hari yang digunakan buku PAI K.13 pegangan
siswa, walapun siswa tidak memiliki, papan tulis, 6) membaca/hafapan ayat al Qur’an berupa surat/ayat pendek kurang aktif karena
bebrapa siswa belum bisa baca al Qur’an. 7) Sebelum pembelajaran di akhiri, siswa diberi tugas atau evalu -asi untuk mengerjakan
beberapa soal terkait dengan materi yang telah diajarkan. Melakukan penilaian dengan menggunakan teknik tes dan non tes, meliputi
afektif, kognitif dan sikomotorik. Tes yang berupa 1) pre-test yaitu tes yang dilakukan di awal, tes ini merupakan tes yang diberikan
sebelum pembelajaran dimulai. 2) Tes tengah kegiatan yakni tes yang dilaksanakan di sela-sela atau waktu-waktu tertentu selama
proses pembelejaran berlangsung.
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Pendidikan Nasional,UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas (Bandung : Citra Umbara, 2003), h. 7
Sofan Amri, Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikuilum 2013 ( Jakarta:PT.Prestasi Pustakaraya,2013), h.1
Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum (Bandung:PT.Remaja Rosdakarya,2011), h.1
Kemendiknas,UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, h.5
E. Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2014), h.58
Fadlilla M.Implementasi Kurikulum 2013 (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2014), hlm 16
Zakiya Darajat,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta:Bumi Akasara, 2011), h. 86
Nazarudi, Manajemen Pembelajaran (implementasi Konsep, karakteristik danMetodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum (Yogyakarta:Teras, 2007), h.12
John M.Echols dab Hasan Shadily, Kamus Inggris Indoenesia (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1984) hlm. 563
WJS.Poerwadarminta,Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1984) hlm.965
John M.Echols dab Hasan Shadily, Op.Cit, hlm. 131
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka, 1992) hlm. 245
Munandar, Guru Profesional, Implementasi KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2007 ), h. 211
M.Fadlillah, Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran (Yogyakarta : Ar Ruzz Media, 2014 ), h.16
Muhaimin dkk, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi ( Jakarta : PT. Raja Grapindo, 2007 ), h.8
Subandijah,Pengembangan dan Inovasi Kurikulum (Jakarta:Raja Grafindo Persada,1993),h.20
BNPM,Panduan Pengembangan Kurikulum (Jakarta: Depag RI,2005), h.1
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1817
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.