SUPERVISI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKAT-KAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SUNGAI RUMBAI KABUPATEN MUKOMUKO
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan
Kompetensi Guru di Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Rumbai Kabupaten Mukomuko, dengan menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan supervisi pembelajaran dilakukan dengan mem-buat program
supervisi, pelaksananya menggunakan teknik kunjungan kelas dan observasi proses pembelajaran dari luar kelas, kadang hanya
memeriksa administrasi pembelajaran dengan alasan kesibukan dan padatnya jadwal rapat serta urusan dinas lainnya, tindak lanj ut
hasil supervisi pembelajaran berupa pembinaan dan pengarahan secara tidak langsung yang dilakukan saat bercengkrama dengan
guru-guru dan rapat guru. Hal ini dibuktikan dengan wawancara terhadap kepala sekolah dan guru-guru. 2) Upaya kepala sekolah
dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu dengan melakukan kunjungan kelas, selan-jutnya melakukan pembinaan terhadap
kekurangan ataupun kesalahan guru, mengadakan kegiatan diskusi guru setiap akhir bulan untuk memecahkan permasalahan dalam
mengelola pembelajaran, mengadakan kegiatan bimbingan dalam menyusun perangkat pembelajaran, dan mengikut sertakan guru
dalam KKG, seminar ataupun pelatihan yang berhubungan dengan pen-didikan dan profesi guru. Hal ini dibuktikan dengan
wawancara terhadap kepala sekolah dan guru. 3) Faktor-faktor yang men-dukung pelaksanaan supervisi pembelajaran kepala sekolah
di antaranya program supervisi yang sudah disusun oleh kepala sekolah, karena sudah merupakan tugas kepala sekolah, adanya
penilaian kinerja kepala sekolah oleh pengawas sekolah, untuk meningkatkan program akreditasi dan Evaluasi Diri Sekolah (EDS),
Faktor-faktor penghambat, rendahnya kompetensi super-visi kepala sekolah dan kesibukan kepala sekolah dalam mengelola
administrasi sekolah, menyusun laporan, rapat-rapat dan kegiatan dinas lainnya. Hal ini dibuktikan dengan wawancara terhadap
kepala sekolah dan pengawas.
Full Text:
PDFReferences
Aedi, Nur. Pengawas Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktek. Jakarta : PT Raja Grapindo Persada, 2014
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: Ri-aneka Cipta, 2010
Asmani, Jamal Ma’ruf. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah.
Yogyakarta: Diva Press, 2012
Asmani, Jamal Ma’ruf. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Yogyakarta: Powers Book, 2009
Bafadal, Ibrahim. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya Dalam Membina Prosesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara, 1992
Choliq, Abdul. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Mitra Cendikia, 2011
Daryanto dan Rachmawati, Tutik. Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2015
Departemen Agama RI. Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: 2003
Direkrorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI. Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: 2007
Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional. Supervisi Pembelajaran. Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah, Jakarta: 2010
Herly, “Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi Di Sekolah Dasar 015 Kem-pas”, Bahana
Manajemen Pendidikan, Jurnal Adminstrasi Pendidikan artikel diakses pada 12 Januari 2017
Imron, Ali. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Kompri. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah Pendekatan Teori Untuk Praktik Profesional. Jakarta: Kencana, 2017
Masaong, Abd Kadim. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung : Alfabeta, 2013
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah Strategi dan Implementasi. Bandung: 2003
Mulyasa, E. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2013
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007
Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008
Muslihah, Eneng. Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Model Pengembangan terhadap Profesio-analisme Guru Sekolah Menengah atas Negeri Provinsi Banten, Jurnal Pendidikan dan Kebu-dayaan, Vol. 20, Nomor 3, September 2014. Banten: Diknas,2014
Nawawi, Hadari. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung, 1981
Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Supervis Pendidikani. Jakarta:
Bumi Aksara, 1992
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005
Rifai, Moh. Administrasi dan Supervisi Penididkan. Bandung: Jemmars, 1987
Rohman, Muhammmad dan Amri, Sofan. Strategi
dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Sahertian, Piet A. Konsep dasar & Teknik Supervisi Pen-
Jakarta: Prestasi Pustkakarya, 2013 didikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber
Sagala, Syaiful . Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000
Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010 Sahertian, Piet A. Profil Pendidik Profesional. Yogya Sagala, Syaiful. Administrasi Pendidikan Kontemporer. karta: Andi Offset, 1994 Bandung: Alfabeta, 2000
Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2009
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1815
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.