SUPERVISI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKAT-KAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SUNGAI RUMBAI KABUPATEN MUKOMUKO

Junaidi Junaidi

Abstract


enelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan
Kompetensi Guru di Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Rumbai Kabupaten Mukomuko, dengan menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan supervisi pembelajaran dilakukan dengan mem-buat program
supervisi, pelaksananya menggunakan teknik kunjungan kelas dan observasi proses pembelajaran dari luar kelas, kadang hanya
memeriksa administrasi pembelajaran dengan alasan kesibukan dan padatnya jadwal rapat serta urusan dinas lainnya, tindak lanj ut
hasil supervisi pembelajaran berupa pembinaan dan pengarahan secara tidak langsung yang dilakukan saat bercengkrama dengan
guru-guru dan rapat guru. Hal ini dibuktikan dengan wawancara terhadap kepala sekolah dan guru-guru. 2) Upaya kepala sekolah
dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu dengan melakukan kunjungan kelas, selan-jutnya melakukan pembinaan terhadap
kekurangan ataupun kesalahan guru, mengadakan kegiatan diskusi guru setiap akhir bulan untuk memecahkan permasalahan dalam
mengelola pembelajaran, mengadakan kegiatan bimbingan dalam menyusun perangkat pembelajaran, dan mengikut sertakan guru
dalam KKG, seminar ataupun pelatihan yang berhubungan dengan pen-didikan dan profesi guru. Hal ini dibuktikan dengan
wawancara terhadap kepala sekolah dan guru. 3) Faktor-faktor yang men-dukung pelaksanaan supervisi pembelajaran kepala sekolah
di antaranya program supervisi yang sudah disusun oleh kepala sekolah, karena sudah merupakan tugas kepala sekolah, adanya
penilaian kinerja kepala sekolah oleh pengawas sekolah, untuk meningkatkan program akreditasi dan Evaluasi Diri Sekolah (EDS),
Faktor-faktor penghambat, rendahnya kompetensi super-visi kepala sekolah dan kesibukan kepala sekolah dalam mengelola
administrasi sekolah, menyusun laporan, rapat-rapat dan kegiatan dinas lainnya. Hal ini dibuktikan dengan wawancara terhadap
kepala sekolah dan pengawas.


Full Text:

PDF

References


Aedi, Nur. Pengawas Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktek. Jakarta : PT Raja Grapindo Persada, 2014

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: Ri-aneka Cipta, 2010

Asmani, Jamal Ma’ruf. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah.

Yogyakarta: Diva Press, 2012

Asmani, Jamal Ma’ruf. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Yogyakarta: Powers Book, 2009

Bafadal, Ibrahim. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya Dalam Membina Prosesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara, 1992

Choliq, Abdul. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Mitra Cendikia, 2011

Daryanto dan Rachmawati, Tutik. Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2015

Departemen Agama RI. Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: 2003

Direkrorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI. Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: 2007

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional. Supervisi Pembelajaran. Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah, Jakarta: 2010

Herly, “Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi Di Sekolah Dasar 015 Kem-pas”, Bahana

Manajemen Pendidikan, Jurnal Adminstrasi Pendidikan artikel diakses pada 12 Januari 2017

Imron, Ali. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Kompri. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah Pendekatan Teori Untuk Praktik Profesional. Jakarta: Kencana, 2017

Masaong, Abd Kadim. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung : Alfabeta, 2013

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah Strategi dan Implementasi. Bandung: 2003

Mulyasa, E. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2013

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007

Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008

Muslihah, Eneng. Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Model Pengembangan terhadap Profesio-analisme Guru Sekolah Menengah atas Negeri Provinsi Banten, Jurnal Pendidikan dan Kebu-dayaan, Vol. 20, Nomor 3, September 2014. Banten: Diknas,2014

Nawawi, Hadari. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung, 1981

Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Supervis Pendidikani. Jakarta:

Bumi Aksara, 1992

Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Rifai, Moh. Administrasi dan Supervisi Penididkan. Bandung: Jemmars, 1987

Rohman, Muhammmad dan Amri, Sofan. Strategi

dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Sahertian, Piet A. Konsep dasar & Teknik Supervisi Pen-

Jakarta: Prestasi Pustkakarya, 2013 didikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber

Sagala, Syaiful . Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000

Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010 Sahertian, Piet A. Profil Pendidik Profesional. Yogya Sagala, Syaiful. Administrasi Pendidikan Kontemporer. karta: Andi Offset, 1994 Bandung: Alfabeta, 2000

Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.