IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SPIRITUAL QUOTIENT DALAM MEMBENTUK SISWA BERKARAKTER DI SMPIT RABBI RADHIYYA KEC.CURUP TIMUR BENGKULU

Eli Susanti

Abstract


Seyogyanya, orang yang memiliki kecerdasan spiritual akan menjadi pribadi yang mandiri, merasakan hidupnya penuh dengan
nilai sehingga pembentukan karakter yang diinginkan. Berdasarkan permasalahan yang ada, di SMP IT ini masih terdapat
siswa memiliki etika pergaulan yang kurang baik, bertutur kata kurang sopan, kemudian masih ada siswa yang belum tahu tata
cara berwudu, serta masih ada siswa yang bergurau dan main-main ketika melaksanakan sholat. Sehingga dari permasalahan
diatas peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut berkenaan dengan penelitian.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan dampak dari implementasi pengembangan spiritual quotient dalam membentuk
siswa berkarakter di SMP IT Rabbi Radhiyya Kecamatan Curup Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif
dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendiskripsikan data yang diperoleh.Teknik dalam mengumpulkan data
menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dengan informan berjumlah tuju orang.Untuk analisisnya, digunakan reduksi
data, penyajian data, verifikasi data, serta triangulasi data. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan
pengembangan spiritual quotient dalam membentuk siswa berkarakterdi SMPIT Rabbi Radhiyya ini disusun dengan tahap
awal membuat RPP yang mencakup: mendeskripsikan tujuan pembelajaran, menentukan materi sesuai dengan kompetensi
yang telah ditentukan, mengorganisasikan materi berdasarkan urutan dan kelompok, mengalokasikan waktu, menentukan
metode, merancang prosedur pembelajaran, menentukan sumber belajar, dan menentukan teknik penilaian, 2) Pelaksanaan
pengembangan spiritual quotient dalam membentuk siswa berkarakter di SMPIT Rabbi Radhiyya ini berjalan dengan efektif,
yang dalam pelaksanaan pembelajarannya dilaksanakan dengan menggunakan berbagai metode, media, dan strategi yang
kemudian dipadukan dengan nilai-nilai Islam, setelah proses pembelajaran dilakukan diakhiri dengan kegiatan evaluasi baik
pretest, post test dan pengontrolan terhadap keseharian siswa, 3) Dampak pengembangan spiritual yang dilakukan adalah siswa
dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai spiritual dan nilai-nilai karakter, memperoleh nilai yang memuaskan, antusias
dan aktif dalam belajar, sopan santun, saling menghargai, jujur, serta disiplin.


Full Text:

PDF

References


Agustian,Ary Ginanjar. 2013.Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power.Jakarta: Arga Departemen Agama RI. 2007.Al-Qur’an dan terjemahanya. Jakarta: CV Penerbit J-ART

J. Moleong, Lexy.2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution S. 1998. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Taristo

Purwanto,Ngalim.2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Saebani, Beni Ahmad dan Hendra Akhdiyat. 2009.Ilmu Pendidikan Islam.Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tafsir, Ahmad. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Yusefri. 2010. Telaah Matika Hadist Tarbawi, Curup: LP2M STAIN Curup

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter:Konsep dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Bengkulu: Pramedia Group




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.