IMPLEMENTASI SISTEM MOVING CLASS PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS 6 DI SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ngationo Ngationo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi sistem Moving Class pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif
lapangan. Pendekatan penelitian ini yaitu dengan studi kasus. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode
observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Dalam penelitian ini, metode analisis data yang akan digunakan
dalam membahas masalah-masalah yaitu dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan teknik triangulasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu sudah mengimplementasikan sistem Moving Class pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam khusus hanya pada siswa kelas 6. Faktor penghambat dalam moving class yaitu ruang
kelas yang masih kurang, fasilitas dan media belajar kurang memadai, kebersihan kelas kurang terjaga, guru yang keletihan
karena kelebihan jam mengajar, siswa tidak tepat waktu saat perpindahan kelas dan jarak antara ruang kelas Mata Pelajaran
Umum dengan ruang kelas Pendidikan Agama Islam yang menggunakan ruang Perpustakaan sangat jauh bagi siswa. Faktor
pendukung pelaksanaan sistem moving class di SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu adalah tersedianya tenaga pengajar yang
cukup, waktu belajar siswa yang cukup, dan motivasi belajar siswa yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh,
terlihat bahwa SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu sudah mengimplementasikan sistem pembelajaran moving class pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas 6 di SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2014-2015.


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya, Departemen Agama RI, Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an, Jakarta, 2010.

Alfi, Studi Komparasi Antara Moving Class (Kelas Berjalan) dan Kelas Permanen Terhadap Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparasi Di Smp Negeri 9 Yogyakarta Dan Di SMP Negeri 12 Yogyakarta, 2006

Apa Itu Talaqqi Al Quran?, http://akademiilmuanzaman.wordpress.com, diakses 15 Mei 2015

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Arsyad, Azhar, Media Pengajaran, Jakarta: PT Grafindo Persada, 1997.

Dalyono, D.M, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rienka Cipta, 2009

Danim, Sudarwan, Inovasi Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2002.

Darsono, Max dkk. 2001. Belajar Dan Pembelajaran. Semarang: CV IKIP Semarang Press Depag RI, Pedoman Umum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum dan Luar Biasa, Jakarta:

Balai Pustaka, 2003.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1998.

Dikavancivil, Sistem Moving Class di SMADA, diakses pada tanggal 1 April 2015, dari:http://elvosfor.wordpress.com/2009/02/22/sistem-

movingclass-di-smada, 2009

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif , Jakarta:PT. Rineka Cipta, 2005.

Echols dan Shadily. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia, 1992.

Filiani, Ninik, Pengaruh Persepsi Siswa tentang Implementasi Moving Class Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IS Semester 2 di SMA Negeri 1

Purbalingga Tahun Ajaran 2009/ 2010) Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang, 2010.

Hadi, Anim, Mengapa Harus Mengunakan Sistem Moving Class, dari:http://animhadi.wordpress.com/2008, diakses pada tanggal 1 April 2015

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta:Andi Offset dan yayasan Fak.Psikologi. UGM, 1983.

, Metodologi Research, Jilid I, Yogyakarta:Andi Offset, 2004.

Isronak, Peran Media Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2007

Marimba, Ahmad D, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al Ma’arif, 1989.

Marno dan M. Idris, Strategi Dan Metode Pengajaran,Yogyakarta: AR Ruzz Media, 2009.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Muhith, M. Saekhan, Pembelajaran Kontekstual, Semarang: Ra SAIL Media Group, 2008. Mujib dan Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada, 2006

Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2009.

Ma’rifatul Islam (1) Pengertian Islam Menurut Bahasa Dan Istilah, http://el-misbah.blogspot.com/2008/11/marifatul-islam-1-pengertian-islam.html diakses tanggal 6 Juli 2015

Pentingnya belajar ilmu agama secara Talaqqi, http://jundumuhammad.wordpress.com, diakses 15 Mei 2015

Pribadi, Benny, Model Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat, 2009.

Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994

Roqib, Muhammad, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakakarta: PT LKIS, 2009

Rosyid, Moh., Ketimpangan Pendidikan Langkah Awal Pemetaan Patologi Pendidikan di Indonesia, Bengkulu:STAIN Bengkulu Press Media, 2006

Sadily, Hasan, Ensiklopedi Indonesia 2,Jakarta: Ikhtisar Baru-Van Hoeve, 1980.

Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005

Subroto, Suryo, Proses Belajar Mengajar di Sekolah,Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2005.

, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2007.

Suprayekti, Interaksi Belajar Mengajar Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjendikdasmen Depdiknas, 2003.

Sutarto, Edi. Moving Class dan Motivasi Belajar Mempengaruhi Prestasi Belajar , www.Al.Izhar.jkt.sch.id/public/media/warta/386_moving20class, 16 Februari 2011

Talaqqi, Metode Pembelajaran Nabi Muhammad SAW, http://shibghatulla.blogspot.com, diakses 15 Mei 2015

Ngationo | Implementasi Sistem Moving Class Pada Proses Pembelajaran

Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005, edisi kedua.

Utami, Melya Ratna. ”The Influence of Moving Class Implementation Toward Students’ Achievement through Learning Motivation at SMA Negeri 3 Malang”. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, 2009.

Waridjan, Pengertian tentang Psikologi Belajar dalam Psikologi Belajar, Semarang: IKIP Semarang Press, 1990.

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1984

Yamin, Martinis dan Maisah, Menejemen Pembelajaran Kelas, Jakarta: Gaung Persada, 2009.

Zadra, Razi, Artikel Moving Class, diakses pada tanggal 1 April 2015 dari:http://punyasadra.blogspot.com/2009/03/artikel-moving-class.html, 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.