PENERAPAN PENDEKATAN DEEPDIALOGUE AND CRITICAL THINGKING (DD&CT) UNTUK MENINGKATKAN MUTU PROSES DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMPN 20 KOTA BENGKULU

Alimni Alimni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa dengan penerapan
pembelajaran PAI Berbasis Pendekatan Deep Dialogue And Critical Thingking (DD&CT). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan pembelajaran PAI Berbasis Pendekatan Deep Dialogue And Critical Thingking (DD&CT) dapat
meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh perolehan skor proses pembelajaran PAI pada
prasiklus, dengan jumlah skor 36. Rata-rata indikator 1,50. Dengan nilai persentase sebesar 37,50%, masuk dalam kategori
sangat kurang, pada siklus I pertemuan 3 meningkat, dengan jumlah skor 57, rata-rata indikator dan nilai persentase 2, 37,
masuk dalam kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 3 meningkat menjadi dengan jumlah skor 87, rata-rata indikator
3,62 dan nilai persentase 90,06% masuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar PAI siswa pada prasiklus, nilai rata-rata
belajar siswa sebesar 60, dengan ketuntasan 30,3%, pada siklus I pertemuan 3 meningkat dengan rata-rata hasil belajar
siswa sebesar 72, dengan ketuntasan 80% dan pada siklus II pertemuan 3 meningkat dengan nilai rata-rata hasil belajar
siswa sebesar 83, dengan ketuntasan 96,67%.


Full Text:

PDF

References


Akib, Zainal, Pendidikan Karakter di Sekolah, Membangun Karakter dan Kepribadian Anak, Bandung: Yrama Widya, Cet. 2, 2015.

Alfandi, Haryanto. Desain Pembelajaran Yang Demokratis dan Humanis. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.2011.

Andayani, Abdul Majid dan Dian, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung, Rosyda karya, 2006.

Anderson, Lorin W. dan David R K., Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Assesmen, Edisi Revisi, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2015.

Amin, Alfauzan, Metode Pembelajaran Agama Islam, IAIN Bengkulu Press, 2015.

Budiningsih, Asri. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2012.

Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. 9, 2011.

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Ketenagaan, Strategi dan Metode

Pembelajaran BernuansaDeep Dialogue and Critical Thinking (DD&CT), Malang: Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS Dan

PMP, 2006.

Doni Lickona, Thomas, Educating for Character:How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland, 1991: Bantam books. 1991.

Eggen, Paul dan Don Kauchak, Strategi dan Pendekatan Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Keteramplan Berfikir, Jakarta: Indeks, 2012.

Frye, Mike at all. (Ed.), Character Education:Informational Handbook and Guide for Support and Implementation of the Student Citizent Act of 2001. North Carolina: Public Schools of

North Carolina, 2002.

Hasan, Aliah B. Purwakania. Psikologi Perkembangan Islam, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada,2008.

Hartono, Sunarto dan B. Agung, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Huda, Miftahul, Cooperative Learning, Metode, Teknik, dan Model penerapan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2001

ht t p://rimpu-cili.blogspot.com/2012/07/

memahami-karakteristik-peserta-didik.

html lihat juga http://www.slideshare.net/nhoe_nurjanna/ karakteristik-psikomotorik-peserta-didik. (diunduh, 21 April 2015).

Ilahi, Mohammad Takdir, Gagalnya Pendidikan Karakter, Analisis dan Solusi Pengendalian Karakte Emas Anak Didik, Yogyakarta: Aruz Media, 2014.

Joyce, Bruce dkk, Model of Teaching; Pendekatan-pendekatan Pengajaran, Jakarta: Pustaka Pelajarar, 2012.

Kamus Besar bahasa Indonesia (KBI). Kemendikbud Kopertis Wilayah XII, Skor PISA: Posisi Indonesia Nyaris Jadi Juru Kunci,

Jakarta, Kompas.http://www.kopertis12.or.id/2013/12/05/ skor-pisa-posisi-indonesia-nyaris-jadi-juru-kunci.html, diunduh 18 April 2015.

Koesoema A, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo, 2007.

Kunandar, Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011

Madya, Suwarsih, Teori dan Praktik, Penelitian Tindakan, Bandung, Alfabeta, 2009.

Makmun, Abin Syamsudin, Psikologi Kependidikan:Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Bandung. Remaja Rosda Karya, 2004.

Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, Jakarta:Amzah, 2015.

Mulyasa, Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Rosdakarya,2009.

Munzin, Ahmad dkk., Metode dan Teknik

Pembelajaran PAI, Bandung, Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.