PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KULTUR DEMOKRATIS DI SD IT HIDAYATULLAH KOTA BENGKULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kecerdasan emosional
guru tehadap kultur demokratis di SD IT Hidayatullah Kota Bengkulu. Selain itu, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
masing-masing variabel.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah
keseluruhan aspek yang berkaitan dengan gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosional guru tehadap kultur demokratis
di SD IT Hidayatullah Kota Bengkulu. Anggota populasinya adalah guru-guru pada pendidikan SD IT Hidayatullah kota
bengkulu yang berjumlah 38 orang. Sampel diambil dari seluruh anggota populasi yaitu 38 orang.Teknik pengumpulan
data berupa kuesioner untuk menjaring data setiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif
antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kultur demokratis pada Sekolah Dasar Islam terpadu Hidayatullah di
Kota Bengkulu 50,8%, (2)terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional guru terhadap kultur demokratis pada
Sekolah Dasar Islam terpadu Hidayatullah di Kota Bengkulu sebesar 72,5%, (3)terdapat pengaruh positif antara gaya
kepemimpinan kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap kultur demokratis
pada Sekolah Dasar Islam terpadu Hidayatullah di Kota Bengkulu sebesar 53,2%. Berdasarkan temuan penelitian ini
dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: (1) diharapkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Nasional agar dalam
pelaksanaan rekrutmen, seleksi dan pengangkatan kepala sekolah tidak hanya melihat dari aspek kecerdasan intelektual
saja tetapi dipadukan antara bagaimana gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosional, (2) disarankan kepada Dinas
Pendidikan Nasional dalam pengembangan kapasitas guru dan staf lebih diutamakan yang bersentuhan langsung dengan
pengembangan kecerdasan emosional, (3) diharapkan pada kepala sekolah dalam mengembangkan dan menyusun program
sekolah senantiasa berorientasi pada gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru secara seimbang,
(4) kepada peneliti yang relevan dapat mengembangkan beberapa indikator yang belum dijangkau dalam penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, M & Muhidin, SA. 2007. Analisis Kolerasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Azwar, S.2003. Metode Penelitian. Yogyakata:Pustaka Pelajar.
Choiriah, A. 2007.Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor Dalam Kantor Publik di Kota Padang. Skripsi Fakultas
Ekonomi, Universitas Negeri Padang.
Goleman, D. Kecerdasan Emosional. Terjemahan oleh T. Hermaya, 2003. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Komariah, Aan & Cepi Triatna. 2004. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Masaong Abd.Kadim. 2012. Tesis:Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di
Kota Gorontal.
Nasution, S.2010. Sosiologi Pendidikan. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Rosyada, Dede. 2007. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana.
Safaria, Triantoro. 2007. Spiritual Intellegence; Metode Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Soetopo, Hendyat.2010. Perilaku Organisasi; Teori dan Praktik di Bidang Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sunar, P. Dwi. 2010. Edisi Lengkap Tes IQ, SQ & SQ. Jogyakarta: Hash Books.
Suhardan, H. dadang. 2010. Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2010.Penelitian Pendidikan. Bandung:CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarsih.2001. Kepemimpinan Transformasional Dalam Era Perubahan Organisasi.Jurnal Manajemen Dan Bisnis, vol. 5, no.2.
Sudjana. 2002. Metoda Statistika. PT. Tarsito Bandung: Bandung.
Supriyanto, A.S & Troena, E.A. 2012.Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Kinerja Manajer (Studi
pada Bank Syari’ah Kota Malang).Jurnal Aplikasi Manajemen, vol. 10, no. 4.
Surya, Hendra. 2007. Percaya Diri Itu Penting. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.
Syarifuddin. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Quantum Teaching: Jakarta.
Syukur, Abdul.2011. Beragam Cara Terapi Gangguan Emosi Sehari-hari. Jogjakarta: Diva Press. 129
Thoha, Miftah. 2010. Perilaku organisasi; Konsep Dasar dan Aplikasinya. PT. raja Grafindo persona. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1802
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.