PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN TERHADAP EFEKTIVITAS MANAJEMEN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 01 KOTA BENGKULU

Deffi Indra Cahyani

Abstract


erdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diketahui bahwa kemampuan manajerial kepala sekolah (X1)
yang dilaksanakan di MIN 01 Kota Bengkulu berpengaruh terhadap efektivitas manajemen madrasah (Y) besarnya
pengaruh sebesar (0,514)2 = 0,2642 = 26,42%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian
yang menyatakan “ Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah berpengaruh terhadap efektivitas manajemen madrasah” dapat
diterima. Sistem informasi kepegawaian sekolah (X2) yang dilaksanakan di MIN 01 Kota Bengkulu berpengaruh terhadap
efektivitas manajemen madrasah (Y) besarnya pengaruh sebesar (0,269)2 = 0.0724 = 7,24%. Berdasarkan temuan ini dapat
disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan “sistem informasi kepegawaian berpengaruh terhadap efektivitas
manajemen madrasah” dapat diterima. Kemampuan manajerial kepala sekolah dan sistem informasi kepegawaian secara
bersama-sama berpengaruh dan terhadap efektivitas manajemen madrasah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai pengaruh
bersama-sama variabel independen (X1,X2) terhadap (Y) dilihat dari koefisien determinasi Rsquare = 0,503 atau 50,3%.
koefisien determinasi atau nilai Adjusted R Square sebesar 0,485 atau jika dipersentasekan sebesar 48,5% sedangkan sisanya
51,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti.


Full Text:

PDF

References


Burhanudin. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1990.

Danin, Sudarwan. (2008). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.

Gitosudarmo, Indriyo. Prinsip Dasar Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE. Kartini,1990

Kartono. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1992. Mulyono.

Manajemen Adminu7istrasi dan Organisasi Pendidikan. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2009

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Nata, Abbudin. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2013

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Soetopo, Hendiyat. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1984.

Sukarna. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: PT Mandar Maju, 1992

Sulistyorini. Manajemen Pendidikan Islam, Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras, 2009.

Usman, Husaini. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rodyakarya, 2007.

Usman, Husaini. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Yakub dan Hisbanarto, Vico. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014

Yuliana, Lia dan Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.