PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA SMA NEGERI 2 SELUMA
Abstract
Kompetensi pedagogik guru, kompetensi sosial guru, serta akhlak siswa merupakan serangkaian sebab akibat yang selalu
menjadi permasalahan hampir di setiap sekolah. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogikguru
Pendidikan Agama Islam, bagaimana kompetensi sosial guru, bagaimana akhlak siswa, bagaimana pengaruh kompetensi
pedagogik guru terhadap akhlak siswa, bagaimana pengaruh kompetensi sosial guru terhadap akhlak siswa, dan bagaimana
pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial guru terhadap akhlak siswa SMA Negeri 2 Kabupaten Seluma?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 436 orang, dengan
sampel sebanyak 45 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis
menggunakan bantuan skala Likert dan uji regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi
pedagogik guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 2 Kabupaten Seluma dapat dikatakan sedang/cukup baik dengan
rata-rata skor diperoleh sebesar 3,4 (3) dalam kategori sedang/cukup baik. Kompetensi sosial guru Pendidikan Agama
Islam SMA Negeri 2 Kabupaten Seluma dapat dikatakan baik dengan skor 3,72 (4) termasuk dalam kategori baik.
Akhlak siswa SMA Negeri 2 Kabupaten Seluma dapat dikatakan baik, dengan rata-rata skor sebesar 3,57 (4) dengan
kategori Baik. Secara parsial kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap akhlak siswa SMA Negeri
2 Kabupaten Seluma dengandeterminasi sebesar 64% (F = 0,645).Secara parsial kompetensi sosial guru berpengaruh
siginifikan terhadap akhlak siswa SMA Negeri 2 Kabupaten Seluma dengan determinasi sebesar 67% (F = 0,674).
Secara serentak kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap akhlak siswa SMA Negeri 2
Kabupaten Seluma. hasil determinasi sebesar 61% (0,612), berarti variabel kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial
guru siswasecara serentakmemberikan sumbangan keterlibatan/pengaruh sebesar 61% terhadap variabelakhlak siswa
SMA Negeri 2 Seluma.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M Yatimin, Studi Islam Kontemporer. Jakarta: Penerbit Amzah, 2006.
Abraham, Rubin Adi. Kompetensi Sosial Guru (www.apb.or.id, 2013)
Anjum, Kang. Kompet ensi Sosial Guru (ahmadmuhli.wordpress.com, 2012)
Arikunto, Suharsimi,Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Danim, Sudarwan. Pengembangan Ptofesi Guru:Dari Pra-Jabatan, Induksi, ke Profesional
Madani. Jakarta: Kencana, 2011. DePorter, Bobbi, Dkk, Quantum Teachin:Mempraktikkan Quantum Learning di Luar Kelas, terjemahan oleh Ary Nilandari, Bandung: Kaifa, 2003.
Dimyati dan Mudjiono,Belajar dan Pembalajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Djiwandono, Sri Esti Wuryani, Psikologi Pendidikan.Jakarta: Gramedia, 2008.
Ghifari, Ekal. Kompetensi Sosial (www.scribd.com, 2012)
Hamalik, Oemar,Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Ihsan, Fuad, Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta:Rineka Cipta, 2002.
Hasan, Iqbal, Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Mulyasa, E, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Munandir, Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: AV Publisher, 2009.
Musaheri, ke-PGRI-an. Jogjakarta: DIVA Press, 2009.
Nasih, Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah, Pendidikan Agama Islam. Bandung: Refika Aditama, 2009.
Pidarta, Made, Landasan Kependidikan; Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2007.
Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sahertian, Piet A, Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset, 1994.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Slavin, Robert E. Cooperative Learning; Teori Riset dan Praktik, Penerjemah: Nurulita, Bandung: Nusa Media, 2008
Soecipto dan Raflis Kosasi,Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Suparlan, Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: HIKAYAT Publishing, 2006.
Suryosubroto, B,Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.
UURI No.14 Th. 2005 tentang UU Guru dan Dosen.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1799
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.