PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR FIKIH SISWA MI NURUL HUDA KOTA BENGKULU

Fredi Arianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments
(TGT) dengan media handout terhadap prestasi dan aktivitas belajar fikih siswa kelas V MI Nurul Huda Kota Bengkulu tahun
pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif. Yang menjadi
populasi dalam penelitian ini adalah kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V C sebagai kelas kontrol. Instrumen
penelitian ini dengan metode tes, observasi dan angket. Untuk menjawab rumusan masalah dengan menggunakan uji t-test
dan product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan media handout terhadap prestasi bealajar fikih siswa MI Nurul
Huda, hal ini terlihat dari hasil uji two sample t-test nilai posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, nilai t-stat
4,472 lebih tinggi dari nilai kritis t-tabel 1,673. Selain itu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games
tournaments (TGT) dengan media handout sangat berpengaruh terhadap aktivitas belajar fikih siswa MI Nurul Huda, hal
ini terlihat pada hasil two sample t-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai t-stat diperoleh 5,086 lebih tinggi
dari nilai kritis t-tabel 1,673. Sedangkan hubungan aktivitas dengan prestasi belajar fikih siswa pada saat penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan media handout memiliki hubungan yang signifikan,
hal ini terlihat dari hasil uji korelasi product moment diperoleh rhitung sebesar 0,873 lebih tinggi dari rtabel pada tarap
signifikan 5% sebesar 0,374 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,474.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar, Surabaya: Rineka Cipta.

Karli dan Yuliariatiningsih. 2015.“kelebihan dan kelemahan pembelajaran kooperatif” artikel diakses pada 17 Januari 2015 dari http://kelebihan dankelemahanpembelajarankooperatif.Html

Makawimbang. 2011. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta,. Niaga,

Arifin. 2015. “ Model Pembelajaran Team games Tournament” artikel di akses pada 17 januari 2015 dari Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:Rineka Cipta.

Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

_____, 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arief S dkk. 2009. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatanny, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan maknah pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Prolematika dan Mengajar, Bandung, Alfabeta.

Sudjana, Nanah. 2004. Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya.

_____, 2005. Evaluasi Penilaian Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

_____, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.