PERBANDINGAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MTS NEGERI JAMBAT BALO DAN MTS GUPPI DI KOTA PAGARALAM

Merzi Agustian

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu memaparkan atau menggambarkan tentang visi
perpustakaan sekolah, perencanaan perpustakaan sekolah, pengadaan referensi perpustakaan sekolah, pengelolaan dan
penataan referensi perpustakaan sekolah, sirkulasi dan peminjaman, ketatausahaan, pengawasan perpustakaan sekolah,
faktor penghambat dan solusi dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. Subjek penelitian adalah kepala sekolah,
koordinator perpustakaan, dan pengelola perpustakaan. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi, dengan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang dilengkapi dengan pedoman wawancara, pedoman
observasi, dan pedoman dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara induktif dengan tahapan reduksi data, display
data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa manajemen perpustakaan
sekolah di MTs Negeri Jabat Balo Kota Pagaralam secara umum telah melaksanakan kegiatan perpustakaan seperti
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan atau pelaksanaan dan pengawasan dengan baik, akan tetapi masih perlu
peningkatan agar manajemen perpustakaan dapat terlaksana secara optimal. Sedangkan manajemen perpustakaan di MTs
GUPPI Kota Pagaralam belum terlaksana dengan baik. Penyusun perencanaan anggaran perpustakaan di MTs Negeri
Jambat balo dan MTs GUPPI Kota Pagaralam belum dilakukan secara terencana, karena anggaran untuk perpustakaan
masih menyatu dalam rencana anggaran sekolah. Kegiatan pengadaan referensi atau bahan perpustakaan, pengelolaan
dan pemeliharaan referensi atau bahan perpustakaan, sirkulasi dan peminjaman dengan sistem layanan terbuka, telah
dilakukan dengan baik oleh petugas perpustakaan di MTs Negeri dan MTs GUPPI Kota Pagaralam. Pengawasan kegiatan
manajemen perpustakaan sekolah dilakukan dengan sistem monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah
kepada seluruh petugas perpustakaan dan laporan yang dibuat oleh petugas perpustakaan kepada kepala sekolah. Faktor
penghambat adanya dana yang tersedia belum mencukupi untuk semua kegiatan perpustakaan sekolah serta tenaga
perpustakaan yang belum profesional.


Full Text:

PDF

References


Acce, Muchyidin. 1980. Pelayanan Perpustakaan. Bandung: Biro Kepustakaan Institut dan Ilmu Pendidikan.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmosudirjo, Prajudi. 1982. Administrasi dan Manajemen Umum. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Bafadal, Ibrahim. 1999. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

BR, Nurma. 2006. Panduan Praktis Mengelola Perpustakaan Sekolah. Palembang: Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Darmono. 2001. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Depdikbud dan BAKN. 1988. Surat Edaran Bersama Mendikbud dan BAKN Nomor 5649 MPK 1988 dan Nomor 15 SE 1988 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan.

Depdikbud. 1994. Materi Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah bagi pengelola Perpustakaan SLTP dan SLTA. Jakarta: Proyek Pengembangan Sarana Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar Tahap Akhir. Dikdasmen

Depdikbud. 1999. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen.

Griffin, Ricky. W. 1997. Management (2 ed).

Boston: Houghton Miffin Co. Hani Handoko. 2001. Manajemen (ed. 2). Yogyakarta. BPFE.

Jastiwarnita. 2006. Pemberdayaan dan Pengembangan Perpustakaan Sekolah. Palembang: Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan.

Lasa. H.S. 1994. Jenis-Jenis Pelayanan Informasi Peprustakaan. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Lasiman. 2004. Kontribusi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Budaya Baca, dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada SMAN 1 Kota Bumi Lampung Utara. Tesis. Tidak Diterbitkan.

Lampung: Program Pasca Sarjana UNILA.

Hadi, M. Umar. 2003. Tesis Manajemen Perpustakaan di SMU Samarinda. Tesis. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Program

Pascasarjana UNY.

Martoatmodjo, Karmidi. 1993. Layanan Perpustakaan Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Moekijat. 1989. Pokok-Pokok Pengertian Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan. Bandung: Mandar Maju.

Moleong, Leksi. J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mondy. R. Wayne et al. 1999. Human Resources Management (7 ed). New Jersey: Prentice Hall International Inc.

th Nasution, A.S. 1979. Perpustakaan Sekolah; Penuntuk untuk Pembina, Memakai dan Memelihara Perpustakaan di Sekolah. Jakarta: Proyek Pengembangan Perpustakaan. Departemen P dan K.

Natadjumena. 1991. Survey dan Kajian Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Pamuncak, Rusina Syahrial. 2000. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Ed. Rev. Jakarta: Djambatan.

Penna, C.V. 1972. The Planning of Library and Documentation Service. Fontenoy: Unesco.

Perpusnas. 1992. Pedoman Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.