STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK AL-KARIMAH SISWA DI SMAN MARGA BARU KABUPATEN MUSI RAWAS
Abstract
Visi misi SMA Negeri Marga Baru ini adalah; membentuk siswa yang berakhlak mulia, cerdas dan berprestasi, dari visi misi
tersebut tergambar tujuan pertama dan utama yang akn dicapai adalah pembentukan akhlakul karimah siswa, Oleh karena
itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlakul karimah
siswa SMAN Marga Baru Tahun 2016, 2) Kegiatan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah
siswa SMAN Marga Baru Tahun 2016, 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pembinaan akhlakul
karimah siswa SMAN Marga Baru Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data tersebut diolah dengan analisis
kualitatif interpretative dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Melalui pendekatan
ini, penulis menemukan beberapa strategi guru PAI dalam Pembinaan akhlak siswa di SMAN Marga Baru. Diantaranya
dengan: 1) Menjalin kerjasama dengan aparat sekolah: kesatuan wawasan, 2) Menjalin kerjasama dengan orang tua
murid, 3) Memilih dan menentukan model strategi pembelajaran yang inovatif, 4) Melalui pendekatan pembiasaan, 5)
Melalui pendekatan emosional dan personal, 6) Melalui pendekatan ketauladanan, 7) Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler
keagamaan dan 8) penyampaian hikmah. Selain peneliti menemukan beberapa strategi guru PAI dalam pembinaan akhlak
siswa di SMAN Marga Baru seperti yang telah dijelaskan diatas, peneliti juga menemukan berbagai kegiatan dalam rangka
pembinaan akhlak siswa antara lain: 1) Budaya senyum, sapa, salam, 2) membaca do’a dan asmaul husna di pagi hari 3)
Pembinaan saat upacara bendera , 4) Budaya shalat duhur dan shalat duha berjamaah, 5) Budaya pundi amal (shodaqoh),
(6) Istighosah. Selain itu, peneliti juga menemukan faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam pembinaan
akhlakul karimah siswa di SMAN Marga Baru. Faktor pendukung itu antara lain: 1) faktor guru, 2) lingkungan keluarga
3) komitmen bersama. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: 1) kurangnya kesadaran siswa 2) Sarana dan prasarana
aau fasilitas yang kurang mendukung dan lingkungan masyarakat (pergaulan).
Full Text:
PDFReferences
Abdul, Halim Nippan, 2000, Menghias Diri Dengan Akhlak Terpuji, (Yogyakarta: Mitra Pustaka
Abdullah,Yatimin, 2007, Studi Akhlak dalam persepektif Al-Qur’an, Jakarta: Amzah
Agustian, Hendriati, 2006, Psikologi Perkembangan, Bandung: Aditama.
Ahmadi, Abu dan Munawar Sholeh., 2005, Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Al-Ghazali,Muhammad, 1985, Akhlak seorang Muslim. Semarang: Wicaksana.
Al’Amr, Najib Khalid, 1994, Tarbiyah Rasululllah¸(Jakarta: Gema Insani Press.
Alfauzan Amin, 2015, Metode Pembelajaran Agama Islam, Bengkulu: IAIN Bengkulu Press.
Aly, Hery Noer,2013, Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani.
Al-Ghazali, Muhammad, 1985, Akhlak seorang Muslim. Semarang: Wicaksana
Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta
Asrori,Muhammad , 2007. Psikologi Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima.
Asmaran, 2002, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta:Raja Grafindo.
Departeman Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Faturahman, Pupuh, 2009, Strategi Belajar Mengajar, Bandung, Refika Aditama.
Ismail, 2011, Stategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail Media Group
Khalimi, 2009, Pembelajaran Akidah Akhlak, Jakarta: Departemen Agama.
Khalid Al’Amr,Najib, 1994, Tarbiyah Rasululllah¸Jakarta: Gema Insani
Kusnandar, 2009, Guru Profesional, Implementasi Kurikulum KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru,Jakarta, Rajawali Press
Makhbuloh, Deden,2013, Pendidikan Agama Islam, Arah baru Pengembangan Ilmu dan kepribadian di Perguruan Tinggi, Jakarta, Grafindo Persada
Marimba, 1962, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung Al-Ma’arif.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.